86349 Review Air Terjun Bidadari, Bogor: Pesona Sang Bidadari yang Memukau Mata - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Review Air Terjun Bidadari, Bogor: Pesona Sang Bidadari yang Memukau Mata

Bogor bukan hanya dikenal dengan sebutan “Kota Hujan” namun, juga terkenal dengan destinasi wisata yang membuat Kota Hujan ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang datang ke kota ini untuk berburu wisata. Salah satunya wisata yang wajib kamu kunjungi di Bogor ini adalah Air Terjun Bidadari.

Air terjun bidadari ini memiliki konsep taman wisata dengan air terjun alami yang dikelilingi keindahan alam yang memukau. Keelokan alam yang disajikan air terjun ini membuat siapa saja beta berlama-lama di sini. Tak heran kalau tema dari wisata ini adalah Sentul Paradise Park. Yuk simak keindahan air terjun nan memukau ini!

Air Terjun Bidadari, Bogor

Lokasi dan Rute Air Terjun

Air terjun ini berada di Desa Bojongkoneng, Gunung Geulis, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Jarak dari pusat kota Bogor menempuh perjalanan + 25 Km dengan waktu yang diperlukan + 1 jam perjalanan. Mengingat lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, maka wisata air terjun ini jauh dari hiruk pikuk kebisingan dan begitu asri alamnya.

Untuk rute yang bisa kamu tempuh menuju lokasi ini yaitu jika kamu dari Jakarta, maka kamu akan melewati Tol Jagorawi dan keluar dari Tol Sentul City. Disini kamu akan memasuki pemukiman elit dan menuju perkampungan warga yang terletak dibelakang kompleks elit tersebut. Dari sini, kamu perlu rajin bertanya ke warga sekitar mengenai lokasi air terjun karena papan nama tidak ada di sepanjang perjalanan.

Namun, jika kamu tidak berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya, jangan khawatir kamu akan menemukan lokasi air terjun ini menggunakan google maps dan bahkan bertanya ke warga sekitar mengenai lokasi yang tepat air terjun Bidadari ini.

Harga Tiket dan Waktu Operasional Air Terjun

Wisata air terjun bidadari ini sama dengan air terjun lainnya yang mana kamu harus membaya tiket masuk sebelum menikmati pesona alam yang disajikannya. Untuk harga tiket, kamu perlu membayar sebesar Rp. 30.000/orang.

Jika kamu membawa kendaraan, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan beroda empat. Dari pos retribusi yang berada di gerbang utama dan lokasi parkir, kamu memerlukan tracking menempuh perjalanan 700 meter dengan berjalan kaki menuju lokasi utaman air terjun ini. Mengingat perjalanan yang menempuh bukit yang membuat jalanan menurun dan mendaki sehingga tidak diperkenankan jika wisatawan membawa kendaraan ke dalam lokasi utama. Namun, jika kamu ingin memakai kendaraan, kamu bisa menyewa jasa ojek sebesar Rp. 10.000 jika kamu pergi dan Rp. 15.000 jika kamu ingin pulang. Kenapa tarif berbeda? Karena untuk pulang, kamu menempuh perjalanan dengan ojek dengan akses jalan yang menanjak.

Untuk waktu operasional air terjun Bidadari ini, destinasi ini buka dari pagi hari hingga sore hari sekitar pukul 06:00 – 17:00 WIB. Dengan jam operasional ini, kamu bisa menikmati keindahan alam sepuasnya tanpa memikirkan waktu untuk pulang.

Pesona Keindahan Air Terjun

Setelah melewati perjalanan dari gerbang utama maka kamu akan bertemu dengan bangunan kayu dan dari sinilah kamu akan menuruni anak tangga dengan melihat pemandangan hijau khas hutan nan asri. Udara yang sejuk akan mengiri langkah kamu menuju air terjun ini.

Sesampai di air terjun, kamu akan terpesona akan keindahan alam yang disajikan sang air terjun. Dengan ketinggian mencapai 75 meter dan lebar 7 meter, sang air terjun ini tampak elok di pandang mata. Air terjun yang persis berada di tengah perbukitan, seakan-akan sengaja membelah bukitan dengan air yang begitu deras diantara bukit tebing.

Keseruan Irama Air Terjun

Debit air yang jatuh ke kolam bawah begitu deras dan tak henti-hentinya irama percikan air akan kamu dengarkan sesampai disana. Air terjun yang begitu elok untuk kamu nikmati, karena pertama kali datang kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mempesona.

Dimulai dari air terjun yang begitu indah dengan keelokannya dikelilingi pepoonan hijau. Ditambah di bawah air terjun ada batu terbelah besar yang seolah melindungi air terjun ini. Dahulunya, batu besar ini tetap utuh, namun sang pengelola sengaja membelah batu ini agar bisa memberikan akses untuk menikmati air terjun ini.

Di tengah batu belah ini ada sebuah jembatan kayu yang menghubungkan air terjun dengan daratan. Dibalik batu ini juga terdapat kolam besar yang siap menampung air nan dingin dari air terjun ini. Ke dalaman kolam alami air terjun ini hanya setinggi dada orang dewasa. Jadi, tak heran kalau orang dewasa banyak yang berkumpul di balik batu terbelah ini untuk menikmati percikan air yang dingin.

Cocok Untuk Anak-Anak

Selain itu, di bawah air terjun ini terdapat water park atau taman bermain air yang luasnya sekitar 6.000 m2. Kolam air ini memiliki panjang mencapai 150 meter di sekeliling air terjun dengan memiliki pasir putih dari Bangka. Desain kolam ini cocok untuk anak-anak, sehingga anak-anak bisa bermain disini. Kolam ini cukup dangkal, sehingga anak-anak disini akan aman bermain. Diujung kolam kamu akan menemukan seluncuran air layaknya sebuah waterboom, namun berada di sebuah air terjun.

Pemandangan yang eksotis dan mempesona hati bukan? Udara yang sejuk, air yang dingin, irama percikan air terdengar jelas ditelinga, pepohonan rimbun khas hutan nan alami, tebing bebatuan yang gagah dan kokoh, batu terbelah hingga jembatan kayu cantik yang turut memperindah pesona air terjun Bidadari ini.

Nama Unik Air Terjun

Keindahan air terjun ini tak lepas dari nama sang air terjun yang unik. Dinamakan dengan air terjun bidadari karena di air terjun ini sering muncul sebuah pelangi yang membentang indah. Masyarakat setempat percaya bahwa pelangi tersebut merupakan jembatan bagi 7 bidadari untuk turun mandi di air terjun ini. Makanya, air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Bidadari.

Selain kepercayaan itu, memang pantas ar terjun ini diberikan naama air terjun Bidadari karena keelokan alam yang disajikannya sungguh mempunyai keindahan bagaikan keindahan bidadari.

Fasilitas Air Terjun

Air terjun ini memiliki fasilitas pendukung untuk bisa kamu nikmati, mulai dari parkiran yang luas, spot foto yang tak kalah bagus sehingga kamu jangan lupa abadikan momen kamu disini dengan keindahan alam yang mempesona, saung kulineran yang bisa mengisi perut kamu, toilet, permainan air, pondok untuk beristirahat bahkan ada kolam terapi ikan yang tersedia disini.

Jadi, tertarik untuk liburan disini? Destinasi yang tidak kalah mempesona dan wajib kamu kunjungi.

Post a Comment