Notifikasi

Loading…

Menjelajahi Olahan dari Pepes Ikan Khas Bali yang Kaya akan Rempah

Bali terkenal dengan pantainya yang indah, sebut saja Nusa Dua, Kuta, Seminyak, Nusa Penida dan masih banyak lagi. Selain bentang alamnya yang indah, hasil laut Bali pun terkenal dengan olahannya yang lezat. Salah satunya adalah Pepes ikan khas Bali.

Pepes ikan khas Bali merupakan panganan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Pulau Dewata. Selain sate lilit, olahan ikan yang dimasak dengan teknik pepes ini memiliki cita rasa lezat. Rempah yang melimpah dan rasa pedas akan membuat olahan ikan ini tidak terasa amis sama sekali. Pokoknya rasanya ga kalah lezat dengan sate lilit. Dijamin!

Pepes Ikan Khas Bali

Rempah Base Be Pasih Bumbu Pepes Ikan Khas Bali

Pepes di Bali dikenal dengan nama pesan be pasih karena dalam pembuatannya menggunakan bumbu base be pasih. Bumbu be pasih menggunakan rempah yang yang berfungsi untuk menghilangkan amis seperti kunyit, namun tidak menggunakan lengkuas atau laos dan kencur seperti yang digunakan untuk tum.

Bumbu base be pasih terdiri dari bawang putih, cabe rawit, bawang merah, kunyit, terasi, serta garam. Selain kunyit, be pasih menambahkan daun salam yang bertujuan untuk membuat cita rasa makanan jadi lebih harum.

Bumbu yang sudah siap kemudian dicampurkan dengan ikan. Jika ingin mencoba resep ini, pilihlah ikan dengan daging tebal seperti ikan tuna, mahi-mahi ataupun cakalang. Anda pun bisa mengkreasikan pesan dengan menggunakan ikan air tawar loh.

Jika ikan dan bumbu sudah tercampur, bungkuslah dengan menggunakan daun pisang. Bakar ikan yang sudah dibungkus hingga matang, daun pisang pembungkus tidak hanya menjadi bungkus saja namun menambahkan aroma yang akan menambah kelezatan pepes ikan khas Bali.

Karena terbuat dari ikan, kuliner pesan be pasih ini sudah pasti halal, jadi sangat aman bagi kaum muslim. Selain itu, Anda pun dapat dengan mudah menemui pesan ini, apalagi jika Anda sedang berwisata di wilayah Bali Selatan yang terkenal dengan pantainya.

Rekomendasi Kuliner Pepes Ikan Khas Bali

Mengunjungi Bali kurang pas rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Bali. Jika Anda memilih pantai sebagai tujuan wisata utama, jangan lupa cicipi kuliner hasil lautnya. Salah satu olahan hasil laut yang layak dicoba adalah pesan be pasih alias pepes ikan. Rasa pesan ini bisa dibandingkan dengan lezatnya sate lilit yang tampaknya lebih populer dibandingkan pesan satu ini.

Berikut rekomendasi tempat yang menyajikan pesan be pasih terbaik di Pulau Dewata:

Pepes Ikan Marlin Bu Ribu

Warung pepes ikan Bu Ribu inj sudah berdiri sejak tahun 1950. Bu Ribu tetap mempertahankan rasa pepes ikan yang otentik sehingga rasanya tidak berubah sama sekali. Masih sama lezatnya seperti dahulu kala.

Anda dapat menikmati lezatnya ikan marlin pepes dengan hanya merogoh kocek sekitar 30 ribu/porsi. Dalam satu porsi pepes ikan marlin ini sudah dilengkapi dengan sate lilit dan sop.

Warung makan pepes marlin ini berada di rumah Bu Ribu, sehingga suasana warung makan sangat hangat dan akrab. Anda pun dapat melihat pepes ikan yang sedang di pepes (bakar). Jika Anda tertarik dengan pepes Bu Ribu kunjungilah tempat wisata Karang Asem dan mampir ke warung yang terletak di Jl. Rurung Anyar, Sengkidu, Manggis, Karangasem, Bali.

Warung Taruna

Ini merupakan resto yang berada disekitar homestay. Tempat makan warung Taruna, Pamuteran ini menawarkan berbagai masakan khas Bali terutama seafood, pesan be pasih pun termasuk dalam menu yang ditawarkan di rumah makan ini.

Meski bukan menu utama, namun rasa pepes ikan khas Bali di resto ini patut di acungi jempol. Ditambah dengan servis kru resto warung Taruna, pengalaman wisata kuliner di Bali menjadi semakin menyenangkan. Tidak heran jika resto satu ini mendapatkan rating 4.5/5 di tripadvisor. Banyak reviewer yang mengungkapkan bahwa resto ini memiliki olahan ikan yang sangat otentik Bali.

Warung makan ini letaknya strategis, Anda bisa mengunjungi restoran ini di Jl. Raya Gilimanuk-Seririt Taruna Homestay, Pemuteran, Gerokgak, Bali.

Penutup

Pepes ikan merupakan makanan nusantara, Bali pun memiliki pepes ikan khas Bali yang disebut pesan be pasih. Diolah dengan bumbu be pasih membuat olahan ikan khas Bali ini memiliki rasa khas yang berbeda dengan pepes ikan khas daerah lainnya. Jika Anda ingin mencicipi pesan yang otentik Bali, And dapat mengunjungi warung bu Marlin yang paling terkenal atau resto seafood seperti warung taruna. Selamat mencoba!.

Post a Comment