Notifikasi

Loading…

Menjelajahi Olahan Bebek Khas Bali, Sangat Menggugah Selera

Bali tidak hanya terkenal oleh keindahan alamnya saja, melainkan memiliki beragam makanan khas yang membuatnya melekat di hati wisatawan. Salah satu kuliner yang terkenal di Bali adalah olahan bebek khas Bali. Olahan ini sangatlah nikmat dan menggiurkan untuk dicoba. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bali, sangat cocok untuk menikmati kuliner khas satu ini.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi olahan bebek yang terkenal di Bali.

Olahan Bebek Khas Bali: Bebek Betutu

olahan bebek khas bali

Salah satu kuliner dengan olahan bebek terbaik adalah bebek betutu. Kuliner khas Bali yang satu ini memiliki nilai tersendiri di mata masyarakat lokal, karena erat hubunganya dengan budaya dan kearifan lokal bali.

Hidangan yang satu ini merupakan hidangan yang cukup terkenal di Bali. Rasa yang enak serta proses masak yang unik membuat bebek betutu menjadi incaran bagi pemburu kuliner yang datang ke Bali.

Rasanya Lezat

Rasa yang lezat menjadi keunggulan bagi bebek betutu. Bebek yang memiliki daging juicy dan empuk dipadukan dengan aroma rempah serta rasa gurih dan berempah membuat bebek betutu menjadi idaman bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Olahan Bebek Khas Bali : Bebek Timbungan

Bebek timbungan merupakan salah satu olahan bebek khas bali yang berasal dari Desa Beng. Selain terkenal dengan kelezatan akan bumbunya yang berempah, bebek timbungan juga terkenal akan nilai-nilai adat dan budaya. Hal ini bisa terlihat dari cara memasak olahan yang satu ini.

Keunikan dalam memasak olahan bebek timbungan adalah, bebek dimasak dengan cara yang masih tradisional. Bebek secara utuh dimasukan ke dalam daun yang berisi rempah-rempah dan bumbu khas Bali. Bebek yang digunakan pun tidak sembarangan, melainkan seekor bebek muda dengan berat 1,2-1,5 kg.

Setelah dimasukan kemudian bebek dimasak hingga matang dalam bara api. Perpaduan wangi dari daun pisang serta bara api membuat olahan yang satu ini memiliki aroma yang unik dan menggugah selera.

Kuliner khas bali yang satu ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari olahan bebek yang lain. Bumbu yang sudah meresap kedalam daging bebek membuatnya terasa akan gurih dan kaya akan rempah-rempah. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Bali, jangan lupa mencicipi hidangan bebek timbungan khas Desa Beng, Bali. 

Bebek Goreng Khas Bali

Selain Betutu, bebek Goreng merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Bali. Bebek dengan cita rasa gurih dan berempah ini menjadi favorit masyarakat lokal maupun wisatawan. Kuliner yang satu ini bisa ditemukan dimana saja, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran.

Bebek ini dimasak dengan cara digoreng hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Sebelum digoreng, bebek dimarinasi menggunakan bumbu khas bali yang menjadikannya gurih dan rasa rempah kuat. 

Salah satu pelengkap kombinasi dari memakan bebek goreng khas bali adalah adanya sambal matah. Sambal khas bali yang terbuat dari terasi dengan potongan bawang dan cabai rawit ini menjadi kombinasi yang cocok untuk menikmati bebek goreng.

Olahan Bebek Khas Bali : Lawar Kuwir

Lawar Luwir merupakan hidangan khas Bali yang terbuat dari daging bebek. Lawar yang satu ini terbuat dari kelapa dengan berbagai macam bumbu dan rempah khas Bali. Daging bebek yang sudah dimasak hingga empuk kemudian di satukan dengan kelapa dan rempah khas Bali. Hidangan ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap nasi campur atau nasi Bali.

Kuliner olahan bebek, lawar luwir ini memiliki keunikan dari segi rasa. Lawar luwir memiliki rasa gurih yang berpadu dengan  rempah khas Bali. Anda pun bisa mencampurnya dengan sambal matah khas Bali agar rasanya makin lezat dan istimewa. 

Penutup

Jika Anda sedang berada di Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba olahan Bebek khas bali yang lezat dan khas ini. Jika Anda sudah familiar dengan bebek betutu, mungkin lawar luwir beserta nasi campur adalah opsi terbaik untuk menikmati olahan bebek khas Bali. Rasanya yang unik dan khas pasti akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Silahkan masukan menu kuliner tadi di bucket list Anda ya!.

Post a Comment