Notifikasi

Loading…

Pergi ke Pura Luhur Batukaru, Pura Kuno yang Terselip di Tengah Hutan Bali

Bali, selain terkenal dengan wisata alamnya, Pulau Dewata ini pun kerap dijadikan sebagai tujuan wisata religi. Salah satu tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata religi di Bali adalah Pura Luhur Batukaru.

Pura Luhur Batukaru yang berada di daerah Tabanan ini merupakan salah satu Pura populer bagi kalangan wisatawan. Keberadaannya di tengah hutan Bali menawarkan nuansa wisata religi yang berbeda dan unik bagi pengunjung.

pura luhur batukaru

Terletak di Lereng Hutan, Ini Sejarah Singkat Pura Luhur Batukaru

Pura Luhur Batukaru telah ada sejak abad ke - 11 Masehi. Keberadaan Pura ini tertera dalam Lontar Kusuma Dewa. Sayangnya tidak ada penjelasan pasti mengenai kondisi Pura saat itu.

Keberadaan Pura ini sebagai tempat peribadatan tua didukung dengan cerita selintas dalam Babad Pasek Toh Jiwa, Usana Bali, dan Babad Pasek. Selain itu peninggalan arkeolog berupa Arca, Candi dan pusaka menjadi bukti kuat bahwa Puri ini telah ada sejak abad ke 11.

Keterangan lengkap tentang kondisi Pura Batukaru baru muncul pada Babad Buleleng pada tahun 1605. Kitab Babad Buleleng menuturkan bahwa Raja Buleleng, Ki Gusti Ngurah Panji Sakti merusak Pura. Kala itu Penguasa Buleleng melakukan ekspansi dengan menyerang wilayah Tabanan.

Termasuk dalam sad kahyangan jagat

Pura Luhur Batukaru di Tabanan Bali, termasuk pura Bali kuno warisan budaya leluhur dan menempati jajaran penting sebagai 6 pilar (Sad Kahyangan Jagat) pura di pulau Dewata Bali yang digagas oleh Mpu Kuturan.

6 pilar atau 6 titik terpenting di Bali tersebut terdiri dari Pura Besakih, Pura Lempuyang Luhur, Pura Goa Lawah, Pura Luhur Uluwatu, Pura Pusering Jagat dan Pura Batukaru sendiri.

Sad Kahyangan atau Sad Kahyangan Jagad, adalah enam pura utama yang dipercaya oleh masyarakat Bali sebagai sendi-sendi utama pulau Bali. Pura-pura dalam Sad Kahyangan menurut kepercayaan Bali, merupakan poin penting dalam keseimbangan spiritual bagi Bali.

Wisata di Pura Luhur Batukaru

Pura kuno yang terletak di lereng gunung Batukaru ini sangat syahdu untuk dijadikan tujuan wisata religi. Para wisatawan dapat merasakan pengalaman spiritual pada salah satu Pura terpenting di Bali ini.

Keindahan alam dan sejuknya udara khas pegunungan tentunya menjadi hal yang diburu oleh para pengunjung.

Menikmati kesejukan dan keindahan Pura Batukaru

Pura yang terselip di tengah hutan Bali ini berada pada ketinggian 833 mdpl. Sudah kebayang dong sejuknya seperti apa?

Belum lagi dengan suasana hutan yang mengelilingi salah satu Pura kuno di Bali ini. Hasilnya, pikiran akan rileks dan tenang. Keindahan Pura yang tidak bisa dilewatkan adalah, bentangan gunung yang menjadi latar Pura ini begitu menyejukkan mata.

Bahkan, pada saat tertentu sesekali kabut masih turun dan semakin menambah khidmat peribadatan bagi pengunjung yang menjalankan wisata religi. Namun, bagi yang hanya sekedar berkunjung, efek kabut tersebut masih tetap indah dan sangat langka apalagi jika pengunjung berasal dari kota besar.

Melihat Upacara Pujawali

Pujawali merupakan upacara peringatan hari lahirnya sebuah tempat suci umat Hindu yang dilakukan setiap setiap 210 hari sekali. Tidak hanya dari Bali, karma dari Lampung, Jawa, dan juga Lombok pun akan tangkil dalam upacara ini.

Yang unik dari upacara ini adalah proses Melasti, para umat akan berjalan kaki melintasi 18 desa adat. Tentunya ritual ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke ke lokasi wisata ini.

Lokasi

Pura Luhur Batukaru terletak di desa Wongaya Gede, Kec. Penebel, Kabupaten Tabanan – Bali.

Berjarak hanya 1 jam perjalan dari Denpasar menjadikan Pura ini populer di kalangan wisatawan. Selain itu letaknya yang berada di lereng gunung menambah nilai plus. Tapi jangan salah, walaupun di tengah hutan akses jalannya sangat memadai kok!

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Pura Batukaru terbuka bagi masyarakat umum selama 24 jam, kecuali pada hari Senin. Untuk masuk ke dalam pura ini pengunjung dikenakan tiket dengan kisaran harga 15-30 ribu rupiah.

Review Pura Luhur Batukaru

Pura yang dominan dikunjungi oleh wisatawan mancanegara mendapatkan banyak review positif. Rating tempat wisata religi di Tabanan, Bali ini berada pada angka 4.8/5.

Pemandangan alam dan keramahan masyarakat di sekitar pura membuat para pelancong merasa nyaman dengan tempat wisata ini. Fasilitas pendukung seperti toilet dan tempat beristirahat pun sangat diapresiasi.

Sayangnya, beberapa orang merasa kecewa karena ternyata tidak semua bagian pura dapat diakses oleh pengunjung.

Penutup

Demikian artikel seputar Pura luhur Batukaru yang berada di lereng gunung di Bali. Keberadaannya sebagai salah satu pura terpenting di Bali, cocok untuk dijadikan salah satu destinasi wisata religi.

Post a Comment