Wisata Kuliner Bali Yang Sehat, Ini Rekomendasinya! - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Wisata Kuliner Bali Yang Sehat, Ini Rekomendasinya!

Bali sudah lama menjadi surga wisata bagi para pelancong di seluruh penjuru Dunia. Bali memiliki berbagai keindahan alam seperti pantai, wisata panorama di Ubud, dan kearifan lokal seperti penampilan ogoh-ogoh dan tari kecak.

Semua kombinasi tersebut menjadikan Bali sebagai destinasi wisata Mancanegara. Bali juga memiliki beberapa kelebihan yang didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti jalan, hotel dan beragam tempat makan yang affordable serta cocok untuk para wisatawan.

Wisata kuliner Bali yang sehat juga merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Pulau Dewata.

Dewasa ini, para wisatawan dari mancanegara maupun domestik sedang menggemari makanan sehat. Bali sejak dulu terkenal dengan makanan sehat. Banyak olahan makanan Bali berbahan sayuran dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang rendah kalori.

Wisata kuliner Bali yang sehat ini didukung oleh kearifan lokal setempat yang begitu menghargai, merawat serta mencintai diri dan alam.

Wisata Kuliner Bali Yang Sehat

Makanan Sehat Lokal Bali, Wisata Kuliner Bali Yang Sehat

Makanan sehat yang belakangan ini menjadi trend masyarakat dunia, ternyata sudah dijalankan oleh masyarakat Bali sejak lama. Hal ini terbukti dari beberapa olahan makanan lokal Bali yang memiliki nutrisi tinggi namun rendah kalori.

Beberapa contoh makanan sehat khas Bali adalah sebagai berikut :

Tum ayam

Olahan ayam khas Bali ini merupakan salah satu contoh makanan sehat. Dalam pengolahanya tum ayam ini tidak menggunakan minyak sama sekali. Tum ayam ini dimasak dengan cara dikukus.

Kandungan gizi tum ayam ini adalah lemak 25 gram, Kalsium 14 mg, berbagai macam vitamin serta memiliki kandungan kalori sebesar 298 kkal

Tipat Cantok

Tipat cantok merupakan olahan khas Bali. Tipat sendiri berarti ketupat yang dibuat dengan campuran antara beras dengan santan. Olahan “gado-gado” khas Bali ini disajikan dengan berbagai macam sayuran lalu di siram dengan bumbu kacang.

Kandungan dalam tipat cantok ini dalam 100 gramnya adalah 110 kkal, berbagai vitamin serta protein 3,27 gram.

Serombotan

Serombotan merupakan urap khas Bali, bahan dasarnya merupakan sayuran-sayuran seperti kangkung, tauge, pare, dan kacang panjang. Setelah sayuran direbus kemudian disiram menggunakan bumbu khas yang terdiri dari campuran santan,kencur, ketumbar dan bumbu khas Bali.

Sebagai informasi tambahan, serombotan ini cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes loh. Lezat dan ramah gula darah!

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Bali Yang Sehat

Setelah mengetahui makanan makanan lokal Bali yang sehat, kurang lengkap rasanya jika tidak mencari lokasi tempat makan wisata kuliner Bali yang sehat. Berikut rekomendasinya :

The Shady Shack Bali

Tempat makan yang mengusung konsep makanan sehat ini merupakan salah satu resto yang instagramable loh foodies.

The Shady Shack Bali memiliki desain interior unik yang mampu memanjakan mata. Beberapa menu andalan di resto ini adalah protein bowl, Halloumi bowl dan burger vegetarian.

Kamu bisa memesan smoothies dari the shady shack sebagai hidangan penutup. Menu di resto ini dijamin bakal membuat kamu ketagihan!

Sari Organik

Sari Organik merupakan salah satu resto yang berkonsep full organik. Tentunya dengan bahan kimia anorganik yang minim, menjadikan makanan di restoran lebih sehat dibanding resto lainya.

Konsep zero waste juga diterapkan di restoran ini. Sari Organik tidak lagi menggunakan sedotan plastik. Resto ini menggunakan sedotan bambu yang lebih natural.

Selain makanan yang sehat, di Sari Organik ini menyajikan pemandangan indah, foodies akan dimanjakan oleh hijaunya sawah dan segarnya udara Bali.

Paradiso Ubud

Resto vegan yang terletak di Ubud ini merupakan restoran yang memiliki konsep unik. Paradiso Ubud memiliki bioskop didalam resto dan mereka diberikan penghargaan sebagai resto bioskop vegetarian pertama di Dunia.

Paradiso Ubud menyajikan berbagai macam makanan khas vegetarian seperti burger vegetarian, salad dan smoothies.

Hal yang menambah keunikan resto ini adalah pengunjung bisa mencoba kelas tari, seni, film hingga yoga.

Cukup dengan membayar sebesar 50.000 rupiah, foodies bisa menikmati popcorn yang terbuat dari jagung khusus hasil teknologi genetik.

Wisata kuliner sehat di Bali merupakan sebuah keunggulan bagi Bali, karena pada prinsipnya orang Bali dengan kearifan lokalnya, mereka sudah mempelajari bagaimana menghargai manusia dan alam. Jadi tidak perlu takut akan sulit mencari makanan sehat di Bali.

Post a Comment