Panduan Wisata Kuliner Bali yang Enak, 7 Rekomendasi Terbaik - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Panduan Wisata Kuliner Bali yang Enak, 7 Rekomendasi Terbaik

Ketika Anda berkunjung ke Bali, yang paling terkenal adalah suasana pantai dan nuansa asri pesawahan masyarakat setempat. Namun, wisata kuliner Bali juga patut untuk dicoba, lho. Sebab, selain pemandangan dan pantai yang indah, Bali juga punya beragam kuliner yang enak rasanya.

Berikut akan dibahas panduan wisata kuliner Bali yang enak yang bisa menjadi rujukan Anda yang ingin melancong ke Pulau Dewata. Khususnya bagi Anda yang beragama Islam, perlu diperhatikan bahwa tidak semua kuliner dalam daftar ini halal, sehingga penting bagi Anda untuk memilih kuliner mana yang cocok.

Daftar Kuliner Favorit di Bali

Kuliner di Bali indentik dengan rasa yang khas, sehingga akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan ketika berkunjung ke sana. Di bawah ini adalah beberapa makanan khas yang menjadi favorit ketika wisatawan berkunjung ke Bali.

1. Nasi Campur Bali

Nasi campur – atau juga dikenal dengan nasi rames – menjadi yang paling favorit untuk urusan perut. Pada dasarnya, nasi campur adalah nasi dengan berbagai lauk-pauk dan sayur, namun di Bali ada yang lebih menarik. Nasi campur bali disajikan dengan suwiran daging, sate lilit, dan lawar atau urap.

Rasa yang enak, harga yang terjangkau dan mengenyangkan menjadikan nasi campur makanan favorit, terutama bagi para wisatawan. Namun, ketika ke Bali, Anda perlu memperhatikan nasi campur yang tersedia di tempat makan.

Umumnya, Anda bisa menemukan nasi campur dengan tiga nama, yakni: nasi campur babi, nasi campur ayam, atau nasi campur pedas. Oleh karena itu, khsusunya bagi Anda yang muslim yang ingin wisata kuliner di Bali, penting bagi Anda untuk memilih makanan yang dihalalkan dalam ajaran agama.

2. Babi Guling

Salah satu yang populer di Bali di kalangan turis internasional adalah babi guling. Bagi wisatawan yang bisa mengonsumsinya, menyantap babi guling bisa menadi suatu keharusan. Namun, menu ini nonhalal bagi Anda yang beragama Islam.

Sesuai namanya, menu ini merupakan hidangan daging babi yang dimasak dengan cara dibakar secara utuh lalu diputar-putar sehingga akan tampak seperti berguling. Agar rasanya semakin sedap, ada rempah-rempah khusus yang dimarinasi ke daging babi, sehingga bumbu yang meresap akan terasa makin nikmat. Menu babi guling ini bisa disantap langsung atau disajikan dengan nasi campur.

3. Ayam Betutu

Panduan Wisata Kuliner Bali yang Enak

Bagi Anda yang menyukai olahan ayam dengan rasa pedas, ayam betutu bisa menjadi opsi ketika berwisata kuliner di Bali. Hidangan khas Gilimanuk ini merupakan ayam yang dimasak dengan rempah khusus dengan rasa yang segar dan pedas dan dimasak dalam waktu lama. Anda akan merasakan ayam yang empuk dengan rasa pedas dan bumbu yang meresap.

Meski berasal dari Gilimanuk, ayam betutu sudah bisa didapat hampir di seluruh Bali. Kuliner ini cocok bagi Anda yang suka pedas dan enggak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Bali.

4. Lawar

Lawar merupakan campuran sayuran dan daging yang dimasak dengan bumbu khusus. Meski aslinya kuliner ini dibuat dengan dagig babi, namun belakangan lawar juga tersaji dengan daging ayam maupun bebek, sehingga bisa dikonsumsi masyarakat muslim. Kuliner ini juga sudah tersaji di berbagai tempat dan biasanya juga tersaji bersama nasi campur.

5. Sate Lilit

Sate lilit juga merupakan menu pelengkap nasi campur yang sangat enak rasanya. Makanan ini cukup unik karena daging yang dicincang dan diberi bumbu akan dililitkan di batang bambu atau datang daun serai. Jangan tanya soal rasa, karena kuliner satu ini sedap banget!

6. Sambal Matah

Belum puasa rasanya jika berwisata kuliner – terutama jika Anda menyantap nasi campur – tanpa sambal matah. Meski awalnya menu ini menjadi pelengkap untuk nasi campur,  sambal matah belakangan telah dihidangkan dengan ragam makanan lain.

Ya, sambal matah memang tak hanya populer di Bali, namun kini sudah di seluruh Indonesia. Namun, akan sangat khas jika Anda menikmatinya sambil menyantap nasi campur khas Bali.

7. Tipat Blayang

Jika Anda melihat bentuknya, makanan khas Buleleng ini berbentuk ketupat yang terbuat dari daun enau atau aren. Ketupat ini disajikan dengan urap, suwiran ayam, sate lilit, atau telur rebus, yang disiram dengan kuah yang khas.

Penutup

Masih banyak kuliner lain yang bisa Anda santap di Bali, seperti bebek goreng, sate babi, rujak kuah pindang, hingga nasi tepeng. Anda dapat menemukan makanan-makanan tersebut dengan mudah. Ingat, siapkan juga dana yang pas, agar Anda bisa puas menyantap aneka kuliner khas Bali yang enak. Selamat berlibur!

Post a Comment