Notifikasi

Loading…

5 Tempat Menarik di Jawa Timur yang Sayang Untuk Dilewatkan

Bicara mengenai tempat menarik di Jawa Timur, Bromo dan Ijen sudah pasti adalah primadonanya. Dua tempat ini sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

Untuk itu, di artikel ini kami akan merekomendasikan tempat menarik di Jawa Timur selain Bromo dan Ijen. Mari kita mulai.

1. Bukit Jaddih 


Tempat menarik di Jawa Timur yang pertama ini berada di Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Bangkalan, di desa Jaddih, Socah. Dari kota Surabaya hanya berjarak 28 kilometer. 

Bukit Jaddih ini merupakan tempat tambang kapur. Lalu, apa yang menarik dari bukit Jaddih ini? Di Bukit kapur ini, ada tebing-tebing cantik bekas penambangan kapur yang akan memanjakan mata Anda. 

Selain itu, di sini ada danau yang terbentuk karena aktivitas pertambangan ini. Danau ini tidak begitu dalam. Pemandangan di sini benar-benar menakjubkan dan instagramable. 

Cukup membayar Rp 5.000 untuk berkeliling di danau ini dengan menyewa perahu rakit. Setelah berkeliling danau, Anda bisa berenang di kolam renang yang ada di tengah bukit untuk menyegarkan diri. 

Untuk berkunjung di tempat ini, pastikan Anda memakai masker untuk menghindari debu karena adanya aktivitas pertambangan pada hari senin hingga jumat. Sedangkan untuk tiketnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. 

2. Gili Labak 


Masih di Madura, sekarang Anda bisa menuju ke Gili Labak. Gili Labak ini merupakan pulau kecil yang masih alami yang masuk wilayah Kabupaten Sumenep, Madura. 

Apa yang menarik dari Gili Labak? Anda akan disuguhi hamparan pasir putih yang menakjubkan. Selain itu ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, seperti banana boat, snorkeling, hingga memancing. 

Snorkeling ini aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan, karena Taman Laut Gili Labak menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. 

Biaya sewa perahu menuju taman laut Gili Labak mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 600.000. Perahu ini bisa mengangkut 10 hingga 15 orang. Biaya ini sangat terjangkau, karena Anda bisa share cost dengan wisatawan lain maupun rombongan Anda. Biaya ini sudah termasuk sewa peralatan snorkeling

Selepas snorkeling, Anda akan disuguhi pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang luar biasa indah. 

3. Pulau Tabuhan


Dari Madura, sekarang Anda berada  Banyuwangi. Untuk mencapai Pulau Tabuhan, Anda perlu naik kapal laut dari Pantai Bangsring. Sesampainya di Pantai Watu Dodol, sewalah perahu seharga Rp 60.000/orang, untuk membawa Anda ke Pulau Tabuhan. 

Pulau Tabuhan yang berada di Selat Bali ini menawarkan sunset dan sunrise yang cantik. Kemudian, pandanglah ke seberang barat pulau, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari Gunung Ijen, Balunara, dan Gunung Raung. 

Aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan di sini? Keindahan bawah laut Pulau Tabuhan ini tidak ada duanya, bahkan disebut-sebut lebih bagus dari Bali. Untuk itu, Anda tidak boleh melewatkan aktivitas scuba diving dan snorkeling di sini. 

4. Taman Nasional Meru Betiri


Jangan lewatkan kunjungan ke Taman Nasional Meru Betiri ketika Anda sedang ada di Banyuwangi ataupun di Probolinggo. Keasrian pantai dan hutan  menjadi daya tarik tersendiri di Taman Nasional ini. 

Beberapa pantai yang ada di Taman Nasional ini antara lain pantai Rajegwesi, pantai Teluk hijau atau Green Bay, Pantai Sukamade, dan pantai Batu. Selain pantai, Anda juga bisa menemukan spot wisata bernama Goa Jepang. 

5. Air Terjun Madakaripura


Tahukah Anda bahwa air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa? Ketinggiannya kurang lebih 1000 meter diatas permukaan laut, yang menjadikannya air terjun tertinggi ke-2 di Indonesia. 

Ada empat air terjun yang bisa Anda jumpai di sini selain air terjun utama. Salah satu air terjun ini berbentuk rongga. Benar-benar pemandangan yang sangat menakjubkan. 

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Untuk menemukannya, Anda bisa menggunakan google maps. Anda bisa mengunjungi air terjun Madakaripura ini setelah mendaki Gunung Bromo. Untuk menikmati keindahan Madakaripura, Anda cukup membayar tiket seharga Rp 11.000. 

Sebaiknya jangan datang ketika musim hujan, karena ketika hujan, sering terjadi banjir dan lokasi ini sering ditutup. Demikian tadi rekomendasi tempat menarik di Jawa Timur, tentu masih ada banyak tempat wisata lainnya. Anda bisa cek di sini. Selamat berlibur!


Post a Comment