6 Tempat Wisata yang Hits dan Wajib Dikunjungi di Solo - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

6 Tempat Wisata yang Hits dan Wajib Dikunjungi di Solo

 

Tahukah Anda, kalau di tahun 2022, sebanyak 2,5 juta orang sudah berwisata di Solo

Ini karena ada banyak tempat wisata di Kota Solo yang menarik. Beberapa di antaranya masih revitalisasi tapi ada tempat wisata lain yang setidaknya Anda kunjungi 1x seumur hidup.

6 Daftar Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Solo punya banyak sekali tempat wisata dan berikut beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi setidaknya 1x seumur hidup. 

1. Gedung Djoang 45

Solo

Lokasi: Kedung Lumbung, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah (cek di Google Maps). Waktu operasional: 17.00–00.00 WIB. Tiket masuk: Rp3.000–Rp15.000.

Gedung Djoang 45 merupakan bangunan di sekitar Pasar Kliwon yang didirikan oleh Hindia Belanda tahun 1876-1880 dan menjadi saksi perjuangan kisah kemerdekaan Indonesia. 

Bangunan berarsitektur Eropa ini merupakan cagar budaya yang kemudian direvitalisasi sehingga lebih instagramable. Apalagi suasananya yang klasik dengan arsitektur bangunan unik. Cocok untuk liburan atau napak tilas sejarah perjuangan Indonesia. 

2. Solo Safari 


Lokasi: Jl. Ir. Sutami No. 109, Jebres, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah (cek di Google Maps). Waktu operasional: 08.00–16.30 (weekday), 08.00-16.30 (weekend dan hari besar).

Tiket masuk: 

  • Regular: Rp.30.000-Rp45.000 (weekday), Rp45.000-Rp60.000 (weekend)

  • Premium: Rp50.000-Rp65.000 (weekday), Rp60.000-Rp75.000 (weekday)

Buka tanggal 27 Januari 2023 yang lalu, Solo Safari sudah menjadi wisata Solo terbaru favorit, terutama untuk keluarga.

Solo Safari awalnya merupakan Taman Wisata Taru Jurug yang direvitalisasi dan re-branding menjadi Solo Safari. Di sini, pengunjung bisa melihat satwa, seperti komodo, tapir, banteng jawa dari dekat dan dalam batas aman. 

Karena masih baru, jadi, masih belum banyak satwa yang bisa dilihat di sini. Ke depannya, jumlah satwa akan bertambah dan Solo Safari bisa jadi destinasi wisata menarik khususnya untuk keluarga.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat


Lokasi: Jl. Kamandungan, Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah (cek di Google Maps). Waktu operasional: 09.00–14.00 WIB (Senin-Kamis), 09.00-15.00 (Sabtu-Minggu). Tiket masuk: Rp15.000.

Kurang lengkap kalau ke Solo Indonesia tanpa ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton ini didirikan tahun 1744 oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II.

Ketika Anda liburan ke Keraton Surakarta, Anda tidak hanya bisa melihat arsitektur kejawen tapi juga benda bersejarah dan berseni tinggi. Sedangkan salah satu area yang bisa Anda kunjungi adalah Panggung Songgo Buwono yang dulunya menjadi tempat meditasi raja.

4. Ngarsopuro Night Market

Wisata Solo

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah (cek di Google Maps). Waktu operasional: 19.00–22.00 (Sabtu). Tiket masuk: gratis.

Kalau Anda suka kulineran, maka Anda wajib berkunjung ke Ngarsopuro Night Market. Sesuai namanya, tempat ini hanya buka saat malam hari dan di hari Sabtu saja. 

Uniknya, di Ngarsopuro Night Market, Anda tidak hanya bisa kulineran, tapi juga pakaian dan barang menarik lainnya sambil menikmati live music. Lokasinya yang dekat dengan Pasar Triwindu memungkinkan Anda untuk tetap bisa berburu barang antik. 

5. Museum Batik Danar Hadi

Solo Indonesia

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah (cek di Google Maps). Waktu operasional: 09.00–16.30 WIB. Tiket masuk: Rp15.000–Rp35.000.

Jika ingin menikmati koleksi batik dan menambah pengetahuan tentang batik, seperti cara membatik, Museum Danar Hadi bisa menjadi pilihan tepat. Di museum ini, Anda bisa melihat koleksi batik yang jumlahnya mencapai 10 ribu. 

Selain mendapatkan informasi menarik tentang batik, Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur khas Belanda. 

6. Tumurun Private Museum

tempat wisata di Solo yang instagramable

Lokasi: Jl. Kebangkitan Nasional No.2, RW. 4, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah (cek di Google Maps). Waktu operasional: 12.00–16.00 WIB (Selasa-Minggu). Tiket masuk: Gratis (harus registrasi dulu).

Buat Anda yang mencari tempat wisata di Solo yang instagramable, ada Tumurun Private Museum yang bisa jadi destinasi. Uniknya, untuk bisa berkunjung ke Tumurun Private Museum, Anda harus registrasi terlebih dahulu di websitenya. 

Di Tumurun Private Museum, Anda bisa melihat koleksi benda seni dan antik yang merupakan koleksi pribadi sang pemilik, keluarga H.M. Lukminto. Jadi, akan ada pengawasan ketat ketika Anda liburan ke sini. Misalnya, tidak boleh menyentuh koleksinya. 

Dari 6 daftar tempat wisata di Solo, mana yang belum atau ingin Anda kunjungi? Jangan lupa untuk cek jam operasional dan tiket masuk agar liburan semakin menyenangkan. Happy holiday!

 

Post a Comment