6 Daftar Rest Area Instagramable di Tol Trans Jawa - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

6 Daftar Rest Area Instagramable di Tol Trans Jawa

rest area

Tol Trans Jawa merupakan rute jalan tol yang menghubungkan kota di Pulau Jawa. Di rute tersebut, terdapat setidaknya 6 rest area yang instagramable. Cocok sekali untuk Anda yang suka membuat konten atau mengunggah foto di media sosial. 

Di mana saja tempatnya? Simak informasi berikut ini. 

6 Rest Area Instagramable di Tol Trans Jawa

Setidaknya ada 6 tempat istirahat sementara atau rest area yang instagramable di sepanjang tol Trans Jawa. berikut daftar lengkapnya. 

1. Rest Area KM 260B (Tol Pejagan-Pemalang)

rest area

Rest Area KM 260B dikenal juga dengan nama Rest Area Heritage. Ini menggunakan atau memanfaatkan bangunan bekas pabrik gula (1908). 

Bentuk arsitektur yang unik, klasik kemudian dimodifikasi sehingga terlihat sebagai rest area yang vintage. Di bagian dalam, Anda bahkan masih melihat bekas bangunan pabrik gula. Cocok untuk background foto. 

Tidak hanya bagian dalam, tapi Rest Area KM260B juga memiliki masjid yang unik dengan dinding dari batu bata. Ada juga Srodotan Donat yang merupakan seluncuran yang bisa menjadi permainan seru untuk anak-anak selama beristirahat di sini. Rest area tol Pejagan-Pemalang ini sendiri memiliki area seluas 10,6 km dan mampu menampung hingga 10 ribu pengunjung. Tertarik untuk beristirahat di sini?

2. Rest Area KM 19 (Tol Jakarta-Cikampek)

rest area

Di jalur Tol Jakarta-Cikampek terdapat Rest Area KM 19. Tempat ini memiliki arsitektur yang lebih modern. Di bagian area SPBU pun sudah beratapkan kanopi yang bahkan meraih penghargaan dari MURI sebagai kanopi terunik di seluruh Indonesia. 

Selain desain yang unik, rest area ini memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari ATM, masjid, bengkel hingga kafe dan minimarket. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin beristirahat, makan hingga memperbaiki kendaraan sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Rest Area 429 (Tol Semarang-Solo)

rest area

Rest Area 429 ada di daftar selanjutnya. Rest area arah Semarang ini memiliki pemandangan Gunung Ungaran yang terlihat gagah dan asri. Di sore hari, terutama saat cerah, Anda bisa menikmati keindahan Gunung Ungaran yang eksotis. 

Di Rest Area 429 yang ada di Tol Semarang-Solo ini memiliki bangunan yang cukup unik. Salah satunya adalah kubah masjid yang terlihat seperti zupa pada makanan zupa soup lho!

Selain masjid, Anda bisa menikmati fasilitas seperti toilet, SPBU, restoran, pusat oleh-oleh, kedai kopi hingga pujasera. Lengkap kan?

4. Rest Area KM 456A-456B (Tol Semarang-Solo)

rest area

Di tol Semarang-Solo, terdapat rest area KM 456 atau Resta Pendopo 456. Di sini terdapat jembatan penghubung atau sky bridge yang menghubungkan antara area kiri-kanan tol. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin berpindah ke kanan atau ke kiri tol.

Uniknya, bagunan di sini memiliki bentuk atap seperti pendopo lho! Di sekelilingnya, terdapat hamparan sawah yang memanjakan mata dan cocok untuk beristirahat sejenak. 

5. Rest Area KM 575 (Tol Ngawi-Sragen)

rest area

Ada rest area terdekat di Tol Ngawi-Sragen yang instagramable, yaitu Rest Area KM 575. Tempat ini memiliki arsitektur bangunan yang modern bahkan seperti bangunan khas Eropa. Seperti masjidnya, pujasera hingga outlet-nya. 

Jika cuaca sedang cerah, Anda bahkan bisa melihat pemandangan Gunung Lawu yang gagah dari kejauhan. Jadi, kalau kamu lewat Tol Ngawi-Sragen, Anda bisa beristirahat sejenak di sini. 

6. Rest Area Bale Nglaras KM 487 (Tol Semarang-Solo)

rest area

Di jalur tol Semarang-Solo tepatnya di Boyolali, terdapat rest area di KM 487 yang terkenal dengan sebutan Bale Nglaras. Tempat ini memiliki bentuk bangunan yang unik terutama di area rooftop. Di area atas dengan lantai bermotif belah ketupat inilah, pengunjung bisa beristirahat sambil sesekali swafoto

Sayangnya, di rest area Bale Nglaras ini tidak dilengkapi dengan fasilitas SPBU. Jadi, cukup merepotkan kalau Anda juga ingin menambah bahan bakar. 

Dari 6 rest area di atas, mana yang menurut Anda paling instagramable? Oh ya, jangan lupa untuk tetap mengistirahatkan badan Anda dan stay safe agar perjalanan Anda lancar sampai tujuan. Selamat bepergian!


Post a Comment