Notifikasi

Loading…

5 Destinasi Wisata Pantai yang Eksotik di Jalur Selatan

 

Pantai menurut Wikipedia adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir yang terletak di area pesisir laut. Area pantai menjadi batas antara daratan dan laut. Indonesia sebagai negara yang memiliki puluhan pulau pasti mempunya banyak pantai.

Area pantai yang begitu indah serta tiupan anginnya yang menenangkan membuat area tersebut menjadi destinasi wisata alam yang paling banyak digemari. Ada banyak destinasi wisata pantai di Indonesia khususnya di Bali dan Jawa.

Misalnya di daerah pesisir selatan Jawa, banyak sekali pantai yang eksotik yang menjadi wisata favorit banyak orang. Jika Anda bertempat tinggal tidak begitu jauh dari pesisir selatan, sangat disarankan mengunjungi wisata pantai selatan yang luar biasa indahnya.

Karena begitu banyaknya pantai di jalur selatan, kami berikan rekomendasi untuk Anda 5 destinasi wisata pantai selatan yang eksotik. Sehingga Anda tak perlu bingung ketika memilih pantai jalur selatan sebagai tempat healing    

1. Pantai Banyu Tibo

Umumnya pantai adalah terdiri  dari hamparan pasir yang memanjang di pesisir dan gulungan ombak air laut yang saling bersahutan. Namun ada sedikit yang berbeda dengan Pantai Banyu Tibo, yaitu pantai sekaligus ada air terjunnya.

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa pantai ini pasti ada air terjunnya. Karena ‘Banyu Tibo’ jika dalam Bahasa Jawa berarti ‘air yang jatuh’. Pantai ini terletak di Pacitan. Dengan adanya keunikan berupa air terjun, pantai ini wajib Anda kunjungi ketika bepergian di jalur selatan. 

2. Pantai Sentolo


Dari timur kita menuju ke barat tepatnya di Garut Jawa Barat, terdapat Pantai Sentolo yang begitu eksotis. Biota lautnya yang banyak dan airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai di jalur selatan ini. 

Jika Anda ingin merefresh pikiran sambil seru-seruan, maka Pantai Sentolo ini sangat cocok. Karena disana tersedia banyak permainan air serta berbagai atraksi yang sangat menghibur. Misalnya Anda menyewa Banana Boat untuk seru-seruan bersama keluarga atau teman.

3. Pantai Rancabuaya


Pantai selatan selanjutnya masih di daerah yang sama yakni di Garut, nama pantainya adalah Rancabuaya. Keindahan yang menonjol dari pantai ini adalah warna air lautnya memiliki 3 warna. 

Namun keunikan tersebut hanya dapat Anda saksikan dari atas bukit sekitar pantai. Karena jika Anda melihatnya dari dekat maka yang tampak adalah air yang jernih. Adapun tiga warna yang terlihat dari atas adalah hijau, putih, dan biru tua. Hal in terjadi karena dampak dari geografis.

4. Pantai Nampu



Pantai Nampu adalah pantai jalur selatan yang terletak di Wonogiri. Anda dapat bermain seru-seruan di bibir pantai atau mencari biota laut, karena memang banyak sekali. Lebih-lebih ketika air laut sedang surut.  

Areanya yang tidak begitu panjang serta diapit oleh dua tebing hijau menjadi daya tarik pantai ini. Adanya tebing hijau tersebut menambah suasana sejuk di pantai tersebut. Sehingga sangat cocok menjadi tempat istirahat Anda saat bepergian di sepanjang jalur selatan.

5. Pantai Ujung Genteng


Pantai dengan pasir putih yang lembut dan bersih adalah definisi yang cocok untuk menggambarkan Pantai Ujung Genteng ini. Lokasinya di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi. 

Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan bersantai di pinggir pantai dan merasakan desiran angin yang sejuk. Terlebih jika Anda adalah pecinta senja maka Anda dapat menikmatinya di pantai ini dengan menyewa perahu kayu.

Selain itu, hal menarik lainnya dari pantai ini adalah penangkaran penyu. Anda dapat mengunjunginya serta melihat bagaimana proses perkembangbiakan penyu mulai dari masih berupa telur hingga menjadi penyu dewasa. Tentu hal ini akan sangat menyenangkan.

Demikianlah lima pantai jalur selatan yang indah dan eksotik yang dapat Anda kunjungi. Sangat disarankan Anda berwisata dengan orang-orang tersayang seta mematuhi protokol kesehatan. Sehingga healing menjadi lebih aman nyaman dan menyenangkan.

Selain itu, pakailah pelampung jika Anda tidak mahir berenang, karena di pantai banyak ombak yang bisa menyeret Anda jika tak bisa berenang. Atau bermain di pinggiran pantai saja jika memang rawan terseret ombak karena belum bisa berenang.
Post a Comment