10 Daftar Makanan Indonesia yang Wajib Banget Dicoba - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

10 Daftar Makanan Indonesia yang Wajib Banget Dicoba

Makanan

Indonesia punya banyak sekali makanan yang khas dan saking banyaknya, Anda mungkin belum pernah mencoba semuanya. Jika Anda bingung, berikut 10 kuliner khas Indonesia yang bisa Anda coba. Wajib, setidaknya sekali seumur hidup lho!

10 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Anda Coba

Ada 10 pilihan makanan tradisional khas Indonesia yang wajib Anda coba. Berikut daftar lengkapnya. 

1. Rendang

Makanan

Juli 2017, rendang dinobatkan sebagai makanan terbaik se-Dunia versi CNN. Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini terbuat dari daging sapi. Rasanya yang gurih akan membuat Anda ingin mencobanya lagi dan lagi. 

Uniknya, lama singkatnya waktu pengolahan rendang akan memberikan cita rasa yang berbeda. Rendang yang dimasak dalam waktu lama dengan api kecil memiliki rasa yang lebih dalam dan menyerap hingga ke bagian dalam daging. 

2. Pempek

Makanan

Palembang punya banyak makanan yang enak dan salah satunya adalah pempek. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan daging ikan, seperti tengiri. 

Pempek sendiri ada beberapa jenis seperti pempek kapal selam, lenjer, kulit. Dalam penyajiannya, pempek disiram menggunakan cuko atau cuka yang memiliki rasa asam dan berwarna kecoklatan. Selain cuko, Anda bisa menyantapnya menggunakan irisan mentimun dan mie kuning. 

5. Rawon

Makanan

Jika Anda bertanya, “Apa saja makanan khas dari Jawa Timur?” maka salah satu jawabannya adalah rawon. 

Rawon memiliki kuah hitam karena penggunaan kluwek. Walaupun begitu, makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis. 

Dalam seporsi rawon, terdapat isian seperti irisan daging sapi, tauge, kemangi, taburan bawang goreng dan daun bawang. Tidak sedikit orang yang menyantapnya dengan tambahan telur asin. 

4. Kerak Telor

Makanan

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi (Jakarta). Makanan ini terbuat dari ketan putih, telur bebek/ayam, ebi sangrai dan bawang merah goreng. Dalam pengelolaannya, kerak telor menggunakan bumbu seperti kelapa sangrai, kencur, jahe, merica, cabai, garam dan gula pasir. 

Uniknya, selama pembuatan, kerak telor dimasak dengan cara dibalik di penggorengan yang ada di atas tungku.

Karena menggunakan bahan seperti kelapa, ketan dan telur, maka kerak telor memiliki cita rasa yang gurih. Anda tertarik mencoba?

5. Gudeg

Makanan

Gudeg menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka makanan yang manis. Makanan khas Yogyakarta ini biasanya disajikan dengan kuah santan kental, telur bacem, sambal goreng krecek, ayam kampung dan tempe tahu. 

Untuk jenisnya sendiri, ada gudeg basah, kering, manggar, mercen dan ceker. Jadi, Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan keinginan dan cita rasanya. 

6. Ayam Betutu

makanan khas

Jika Anda ke Bali, Anda bisa mencoba ayam betutu. Makanan ini menggunakan bumbu khas Bali atau base genep yang dibalurkan ke seluruh permukaan ayam dan bagian dalam ayam lalu dibakar.

Cita rasa yang gurih dan agak pedas bisa membuat nagih. Apalagi, dalam penyajiannya terdapat sayur, kacang goreng dan sambal matah. 

7. Coto Makasar


Jika ada yang menanyakan, contoh makanan tradisional Indonesia dan asalnya, maka Anda bisa menjawab coto makasar dari Sulawesi Selatan.

Coto mangkasara ini terdiri dari irisan jeroan sapi yang sudah dibumbui, ketupat dan buras. Untuk cita rasanya sendiri cukup unik, gurih dan khas rempah-rempah. 

8. Bubur Pedas


Di Kalimantan Barat, terdapat kuliner khas bernama bubbor paddas atau bubur pedas. Makanan ini terbuat dari kelapa parut dan nasi halus dengan kuah dari kaldu tulang atau irisan ayam.

Dalam penyajiannya, terdapat kombinasi sayur seperti kangkung, daun laksa, kecambah, wortel. Lalu menggunakan taburan kacang goreng, bawang goreng dan ikan teri. Alhasil, rasanya cukup unik, gurih dengan pedas rempah. 

9. Papeda

Papeda merupakan makanan khas dari Papua, Maluku dan Sulawesi dan rasanya tawar. Makanan yang terbuat dari sagu ini berwarna putih dengan tekstur lengket seperti lem. Anda bisa mencicipi papeda dengan tongkol bumbu kunyit agar rasanya lebih nikmat. 

10. Ayam Taliwang


Jika Anda suka pedas dan cita rasa kuat, Anda bisa mencoba ayam taliwang khas Nusa Tenggara Barat. Ayam ini menggunakan bumbu untuk olesan seperti cabai merah keriting, bawang merah dan putih, tomat, terasi goreng, gula merah, kencur dan garam.

Ayam bakar bumbu khas NTB ini bisa Anda cicipi dengan nasi, beberuk terong dan plecing kangkung. 

Selain 10 makanan di atas, ada banyak kuliner khas lainnya milik Indonesia yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk cek terus Payana Dewa untuk tahu info lengkap nan menarik lainnya ya!


Post a Comment