Notifikasi

Loading…

Modal Minim, Tapi Ingin Punya Bisnis? Yuk Simak berikut Solusinya


 Pandemi COVID-19 membuat banyak orang kesulitan menjalankan bisnis. Di sisi lain, bisnis mulai beralih ke internet, yang membuka peluang baru.

Situasi benar-benar di rumah di awal pandemi telah menggeser tren konsumsi ke online pseudonim. Kini setelah kasus COVID-19 mereda, bisnis online tetap dibina oleh masyarakat.

Bisnis online menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki bisnis tradisional. Anda dapat menghemat lebih banyak biaya untuk mendirikan toko online. Bahkan, Anda bisa memulainya dari rumah.

Selain itu, bisnis online yang tidak membutuhkan banyak tenaga juga membuat banyak ibu rumah tangga merangkul. Bisnis online juga sangat fleksibel untuk dikelola.

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis online di awal tahun 2022?

1. Pemasaran Afiliasi

Affiliate marketing adalah sistem bisnis di mana komisi dibayarkan ketika seseorang berhasil menjual produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau pengecer.

Untuk menjalankan bisnis affiliate marketing, Anda hanya perlu menawarkan produk atau jasa orang lain tanpa memikirkan proses produksinya. Dengan cara ini Anda tidak perlu menggunakan modal untuk membayar produk dan khawatir tentang pengiriman.

Jenis bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki keterampilan periklanan dan pemasaran serta pandai memenangkan hati orang lain. Jangan lupa siapkan koneksi internet dan berbagai akun media sosial.


2. Layanan Kursus Online

Selama masa pandemi, banyak kegiatan belajar yang dipindahkan ke rumah. Tidak hanya di bidang akademik, banyak orang mencari tempat dimana mereka dapat meningkatkan soft skill mereka untuk mendukung peluang karir baru.

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang tertentu, jangan ragu untuk menawarkan layanan Anda. Layanan kursus online cenderung populer karena lebih nyaman, fleksibel, dan terjangkau.

Berdasarkan riset Randstad Sourceright, beberapa kursus online yang paling banyak diminati adalah Data Analyst, Online Entrepreneur Guide, Digital Marketing dan berbagai kursus lainnya.


3. Online Shop Skincare 

Tren kecantikan tidak pernah mati. Setiap hari, para pecinta skincare memburu dan mencoba produk-produk terbaru. Kamu bisa menggunakan tren ini untuk berjualan online, beauties!

Meski penjual skincare online sudah menjamur, Anda tetap bisa membedakan bisnis Anda dengan strategi promosi yang unik. Karena perawatan kulit sudah menjadi bagian dari kebutuhan dasar wanita, asalkan rajin beriklan dijamin tidak akan rugi.


4. Bisnis Makanan Ringan 

Tren bekerja dari rumah atau WFH diperkirakan akan berlanjut pada 2022. Banyak peluang bisnis yang bisa membidik para pekerja WFH termasuk bisnis makanan ringan.

Eits, jangan menipu diri sendiri! Meski terlihat sepele karena produk jajanan umum murah, namun berpotensi meraup untung besar karena jajanan umum dibeli dalam jumlah banyak. Anda bisa menggunakan strategi bundling atau menawarkan promo untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Selama Anda konsisten, Anda bisa menuai keuntungan besar dari perdagangan sederhana ini.


5. Digital Marketing 

Meningkatnya transaksi jual beli online membuat para pelaku bisnis semakin kompetitif dalam berjualan. Seringkali kualitas produk saja tidak cukup untuk menarik pembeli, harus dibarengi dengan promosi yang menarik konsumen.


Dalam hal periklanan, tidak ada yang lebih mahir daripada pemasar digital. Jika tidak ingin repot menjual barang, Anda bisa menawarkan jasa digital marketing kepada UMKM yang membutuhkan jasa pengolahan media sosial dan strategi pemasaran produknya, beauties.


Dengan banyaknya toko online yang saling bersaing, sebagai digital marketer Anda perlu waspada untuk memanfaatkan toko klien versus toko lain. Hanya dengan kreativitas Anda bisa mendapatkan keuntungan besar sekaligus secara tidak langsung membantu mendongkrak perkembangan UMKM Indonesia.


Jadi, setelah mempertimbangkan keahlian dan minat Anda, bisnis apa yang akan Anda jalankan di tahun 2022, Beauties?

Post a Comment