Mengulas Shinkansen Kereta Cepat Jepang - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Mengulas Shinkansen Kereta Cepat Jepang

  

Shinkansen: Kereta Cepat Jepang Transportasi Favorit Antar Kota
Kereta cepat Jepang atau lebih dikenal dengan kereta peluru adalah salah satu transportasi andalan bagi penduduk Jepang.

 Di negaranya sendiri kereta ini dikenal dengan nama Shinkansen. Kereta ini sering digunakan oleh masyarakat Jepang untuk melakukan perjalanan jauh dari kota ke kota meski tarifnya lumayan mahal. Bahkan konon kereta ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 320 km/jam.

Fakta Unik Kereta Cepat Jepang

1. Selalu Tepat Waktu

Bukan rahasia lagi kalau orang Jepang terkenal dengan ketepatan waktunya termasuk juga Shinkansen ini.  Kereta ini hampir tidak pernah terlambat. Apabila mengalami keterlambatan, paling lama hanya dalam hitungan detik dan tidak pernah mencapai hitungan menit.

2. Beroperasi sejak tahun 1964

Kereta ini sudah mulai dioperasikan pada saat Olimpiade Tokyo yaitu di tahun 1964. Rute perjalanan pertama dibuka dari Tokyo ke Osaka yang memiliki jarak sekitar 506 km. Dengan menggunakan Shinkansen waktu tempuh hanya sekitar 2 jam.

3. Kereta Ramah Lingkungan

Emisi karbon yang dikeluarkan oleh kereta ini hanya menghasilkan sekitar 16% dari gas CO2 kendaraan bermotor lainnya. Maka dari itu kereta ini diklaim sangat ramah terhadap lingkungan

4. Standar Keamanan Maksimal

Meski berkendara dengan kecepatan cukup tinggi, hampir selama 56 tahun beroperasi, tidak ada kecelakaan parah yang merenggut korban jiwa. Kereta ini juga di klaim sangat aman digunakan meski terjadi gempa bumi dan badai.

Itulah beberapa keunggulan kereta cepat Jepang. Indonesia juga mulai merintis mengembangkan kereta cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Post a Comment