Jika Orang Lain Jahat Kepadamu, Pastikan Saja Kau Tak Pernah Jahat Kepada Mereka



Jika Orang Lain Jahat Kepadamu, Pastikan Saja Kau Tak Pernah Jahat Kepada Mereka

Jangan selalu menuntut orang lain bersikap lebih baik padamu, tapi pahamilah dulu dirimu, kenalilah dulu hatimu, sudah seberapa baikkah kau pada mereka, dan sudah ikhlaskah dirimu melakukan kebaikan pada mereka?

Karena bila kebaikanmu benar-benar tulus, balasan mereka yang bagaimanpun takkan mengusik hatimu.

Maka dari itu pahamilah dulu dirimu dengan bijak, maka tentu orang lainpun akan memahamimu secara bijaksana, jangan tanya kebaikan mereka padamu, tapi tanyakan sudah seberapa baikkah dirimu pada mereka.

Karena kau akan diperlakukan adil oleh orang lain, bila kau sendiripun tahu caranya berbuat adil.

Orang lain akan membalas kebaikanmu bila saja kau tau caranya berbuat baik sesuai dengan tempatnya, bukan baik hanya karena kau ada maunya atau ingin mengharap lebih darinya.

Bila kau hargai diri orang lain dengan baik, maka tentu merekapun tidak akan enggan menghargai dirimu dengan baik pula.

Karena kebanyakan orang akan berlaku seperti yang kau lakukan, maka pastikan kau hargai dirimu dengan beragam kebaikan, agar orang-orang disekitarmu juga berlaku demikian.

Bila kau menghormati dii mereka dengan penuh kerendahan hati, maka merekapun akan menghormatimu dengan kerendahan hatinya.

Bagaimana sifat rendah hati yang dimaksud? Yaitu, bersabar, ikhlas, tulus hati, dan mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Bila kau tahu caranya menundukkan hatimu untuk tak bersifat sombong, maka orang lainpun tidak akan sembarangan merendahkanmu.

Karena saat kau bersifat penuh kedermawanan dan tetap rendah hati, maka tentu orang lain akan menghargai dan menghormatimu dengan penuh kebaikan.

Karena perbuatanmu dalam menjalani hidup ini hakekatnya memantul, dan yang pasti hidup ini kau yang memilih, bila kau ingin hidupmu selalu disandingkan dengan kebaikan.

Maka hiasilah dirimu dengan beragam kebaikan, dan gemarilah berbuat baik kepada orang lain, dan situasi dan kondisi apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel