Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Ada Yang Lebih Berharga Dibanding Keluarga?



Apakah Ada Yang Lebih Berharga Dibanding Keluarga?

Selepas masa SMA, ada dorongan kuat dalam diri saya untuk keluar rumah. Bahkan saat saya kuliah, saya jauh dari kota kelahiran, dan tentu saja intensitas bertemu orang tua sangat jauh berkurang. Lebih banyak saya habiskan waktu di kampus, basecamp organisasi mahasiswa atau rental komputer plus warnet milik kawan di mana saya turut kerja sambilan di sana.

Semua demi mencari tempat untuk diri saya sendiri. Sebuah tempat di mana saya diakui. Sebuah pelepasan dari semua aturan, target pendidikan dan tuntutan yang dulu saya anggap mengekang.
Ada fase itu dalam hidup saya. Mungkin fase serupa pun Anda alami. Bisa pula kita semua melewatinya. Saya menganggapnya sebagai masa pencarian jati diri.

Perjalanan hidup membawa saya kuliah dan bekerja di Jakarta. Jauh dari orang tua dan sanak keluarga. Tak ada rasa khawatir, seringnya tak pula terbersit rindu. Karena saya temukan begitu banyak hal menarik, berbagai  macam kawan baru, beraneka ragam kesempatan dan peluang mengembangkan  diri. Dan saya menyukainya.

Hingga saat memek (ibu) saya sakit keras dan paman saya meninggal. Dan saya tak ada di sampingnya. Tak ada bersama mereka.

Momen itu merubah pikiran saya tentang arti penting keluarga. Sesuatu yang sebelumnya saya pandang 'taken for granted'. Sesuatu yang ada dan akan selalu ada.

Ada rasa hampa yang menusuk jika mengingatnya. Ada rasa kelu dan pahit di lidah setiap menyadari terlewatnya kesempatan itu. Kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu, bicara dan belajar dari beliau.

Saya merasa, begitu banyak hal yang ingin  saya tanyakan. Saya merasa, begitu sedikit yang saya tahu tentangnya. Saya merasa, belum ada yang sempat saya lakukan untuknya sementara kesempatan itu sudah punah.

Apa yang lebih berharga selain keluarga?
Jika pertanyaan itu disampaikan ke saya jaman dulu, mungkin jawabnya bisa panjang. Namun sekarang, saya bilang, tidak ada yang lebih berharga dari keluarga.

Jika Anda sekarang resah, jika hati Anda gundah,  jika berbagai hal menyesaki pikiran dan perasaan, ingatlah bahwa Anda punya keluarga yang akan selalu sayang dan peduli, meski seringkali kita tak menyadari.

Karena tak ada yang lebih berharga selain keluarga. Please, cherish your family.

Post a Comment for "Apakah Ada Yang Lebih Berharga Dibanding Keluarga?"