Cara Membuat Lawar Super Enak, Penampahan Galungan - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Cara Membuat Lawar Super Enak, Penampahan Galungan

Cara Membuat Lawar Super Enak, Penampahan Galungan
Jaen

Label Galungan, Lawar merupakan makanan khas dari daerah Bali ,makanan ini mempunyai cita rasa yang enak, kaya akan rempah-rempah dan pedas. Namun kali ini kita akan membahas mengenai Cara Membuat Lawar Khas Bali ,sebelum membahas cara pembuatanya sudah tau jenis-jenis lawar yang ada dibali? Kalau belum mari simak sedikit :

Lawar Celeng (Lawar Babi) – Lawar yang menggunakan daging babi sebagai bahan utama.

Lawar Siap (Lawar Ayam) – Lawar yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utama.

Lawar Penyu – Lawar yang menggunakan daging penyu sebagai bahan utama (untuk kelestarian lingkungan, dianjurkan untuk tidak menggunakan daging penyu, kecuali benar-benar untuk keperluan upacara/upakara).

Lawar Barak (Lawar Merah) – Lawar yang menggunakan darah sebagai bahan campuran, sementara dagingnya bisa salah-satu diantara ketiga jenis daging di atas.

Lawar Putih – Lawar yang tidak menggunakan darah samasekali. Disamping memang ada jenis upacara/upakar yang mengharuskan penggunaan lawar putih, ada juga yang tidak suka menggunakan darah sebagai bahan campuran.

Bahan-bahan Untuk Membuat Lawar

Ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan atau dikurang sesuai selera, namun jika menginginkan lawar yang rasanya benar-benar seenak lawar asli buatan semeton Bali, sebaiknya diusahakan agar bahannya lengkap. Berikut ini adalah bahan lengkapnya : 

1 butir kelapa muda yang (dagingya masih agak lembek, di Bali disebut ”kuwud”)

2 butir kelapa sedang (sudah tidak lembek lagi namun belum tua).

Darah babi/ayam secukupnya (jika mau bikin lawar barak, jika mau lawar putih berarti tidak perlu darah)

1 kg Kulit Babi (jika mau bikin lawar babi, jika mau bikin lawar ayam berarti tidak diperlukan)

1/2 kg usus babi/ayam 1/2 kg hati babi/ayam
Kacang Panjang (jika lebih suka lawar yang ada campuran kacang panjangnya)

Bumbu Lawar Khas Bali

Jika mau lawar yang seenak aslinya, ada 3 kelompok bumbu yang diperlukan, yaitu:

a. Bumbu Utama (“basa gede”), terdiri dari:

Laos Kencur
Jahe
Kunyit
Bawang putih
Bawang merah
Kemiri
Lada hitam + lada putih

b. Bumbu Penggurih ("basa penyangluh"), terdiri dari:

Laos Kencur
Bawang putih
Kemiri

c. Bumbu “Embe”, terdiri dari:

Bawang merah
Bawang putih
Cabe
Terasi
Jeruk limau

Langkah-langkah Membuat Lawar Khas Bali

Ada banyak langkah-langkah membuat Lawar saya sebutkan 3 saya yang utama yang perlu dilakukan untuk membuat lawar Bali:

Tahap-1
Olah Bahan Utama – Di atas telah disampaikan rincian bahan utama yang diperlukan. Berikut adalah proses pengolahannya:

Sebutir kelapa muda yang telah dikupas, dipotong menjadi 4 lempengan daging kelapa, lalu dibakar kurang lebih 5 menit dengan api sedang (jangan sampai gosong).

Kelapa bakar diiris tipis serong lalu di rajang setengah halus (namun tidak sehalus kelapa parut). Simpan di mangkok atau piring.

Sebutir kelapa sedang yang telah dikupas, diparut, lalu diremas-remas seperti membuat santan hingga semua air dan minyaknya keluar.

Santannya disimpan di mangkok atau panci (untuk digunakan nanti). Sedangkan ampas kelapanya di simpan bersama-sama dengan kelapa bakar yang telah di cincang tadi.

Satu kilogram kulit babi (jika mau buat lawar babi), direbus hingga matang. Ciri kulit babi yang sudah matang adalah kaku.

Setelah kulit matang, diris tipis-tipis seukuran dengan irisan kelapa muda bakar tadi.
Selesai diiris, gabung dengan kelapa muda dan ampas perasan kelapa.

Jika mau bikin lawar ayam, berarti proses ini tidak diperlkan.
Setengah kilogram usus dan setengah kilogram hati babi/ayam ditusuk-tusuk lalu dibakar hingga cukup matang.

Ciri usus dan hati yang sudah cukup matang, tidak mengeluarkan air lagi dan menjadi kaku. Jangan sampai gosong.

Setelah matang, baik hati maupun usus diiris-iris seukuran kulit babi di atas, lalu simpan dalam mangkok atau piring tersendiri.

Tahap-2
Olah Bumbu Lawar – Masing-masing bumbu yang telah dirinci di atas diolah secara terpisah, tentunya dengan cara yang berbeda juga, Berikut adalah proses pengolahannya:

Bumbu Utama (basa gede) yang terdiri dari laos, kencur, jahe, kunyit, bawang putih, kemiri, lada hitam + lada putih, dirajang.
Bumbu penggurih (basa penyangluh) yang terdiri dari laos, kencur, bawang putih, kemiri, ditambah dengan bumbu utama (basa gede) di atas ditumbuk bersama-sama hingga halus.

Setelah halus, goreng dengan minyak kelapa (usahakan minya kelapa asli), hingga cukup matang.
Setelah mengeluarkan aroma, tuang santan hasil perasan kelapa di tahap-1.

diaduk-aduk dengan bumbu hingga merata dan kental (tidak ada kuah yang tersisa). Bumbu “embe”, bawang merah dan bawang putih diiris melintang tipis-tipis dan cabai dicincang kasar.

Bawang dan cabai digoreng bersama-sama dengan terasi hingga matang (tapi tidak sampai gosong). Setelah matang disimpan di mangkok, tambahkan garam secukupnya, lalu diremas-remas.

Tahap-3
Buat Adonan Lawar (Ngaduk Lawar) – Semua bahan utama dan bumbu lawar telah siap, selanjutnya tinggal diaduk.
Proses ini, di Bali, disebut “ngadukang lawar”— proses yang paling ditunggu-tunggu, karena sebentar lagi lawar siap untuk disantap.

Berikut adalah prosesnya: Siapkan tempat adonan yang agak besar, bisa pakai mangkok/panci ukuran besar.

Sekedar untuk diketahui, di desa-desa di Bali, proses “ngadukang” lawar biasanya dilakukan di atas “Nyiu/Ngiu” (alat penampon beras) yang dialasi daun pisang.
Untuk konsumsi massal dalam jumlah banyak, di daerah-daerah tertentu (seperti di Buleleng), lawar diaduk di atas tikar yang terbuat dari pandan. Tentu saja menggunakan tikar baru yang dicuci bersih.

Masukan bahan utama (kelapa bakar cincang, kulit iris, usus iris, hati iris dan ampas kelapa)—yang telah disiapkan di tahap-1—ke dalam tempat adonan. Lalu diaduk hingga merata.

Masukan bumbu ke dalam tempat adonan yang sama bersama-sama dengan bahan utama, lalu diaduk hingga merata.

Catatan penting: Untuk konsumsi massal dalam porsi banyak, biasanya tidak semua bahan dan bumbu diaduk sekaligus, mungkin hanya tiga-per-empat-nya saja dahulu.

Sambil mengaduk bahan utama dan bumbu bisa dicicipi, apakah kurang asin, kurang pedas, atau sebaliknya?

Jika kurang asin tambahkan garam. Jika kurang pedas tambahkan bumbu sisanya yang lagi seperempat. Jika sebaliknya (kebanyakan bumbu) tambahkan sisa bahan yang seperempatnya. Lalu diaduk lagi. Masukan darah ayam/babi secukupnya (jika mau bikin lawar barak/merah) ke dalam tempat adonan yang sama, dicampur dengan bahan dan bumbu yang telah diaduk rata. Lalu diaduk sambil diremas-remas.

Proses meremas-remas ini perlu supaya tidak ada darah yang menggumpal.
Usahakan agar tidak terlalu banyak darah. Mungkin ini tergantung selera; di daerah Buleleng misalnya, mungkin lebih suka dengan lawar merah yang benar-benar merah (menggunakan darah yang cukup banyak), sedangkan di Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan biasanya tidak terlalu banyak darah.

Catatan: Jika mau bikin lawar putih (tanpa darah), proses ini tidak diperlukan. Peras jeruk limau yang sudah dibelah dua. Lakukan secara bertahap—jangan sampai terlalu banyak limau atau terlalu sedikit. Tambahkan seperlunya.

Terakahir, setelah bahan+bumbu+darah sudah dicampur rata, bumbu “embe” dituangkan ke dalam tempat adonan lawar, lalu dicampur hingga rata. Ada kalanya basa embe disisakan—untuk ditaburkan di atas lawar pada saat disajikan, atau disajikan terpisah, diwadahi piring kecil khusus embe, bisanya bersama-sama dengan garam, dan cabai yang masih utuh.

Lawar siap Disantap, Sekian Semoga bermanfaat.
Post a Comment