Kenapa Kopi Bali Sangat Terkenal

Kenapa Kopi Bali Sangat Terkenal

Ketika Anda berada di Bali dan Anda menyukai kopi, Anda tahu bahwa Anda pergi ke pulau yang tepat. Kopinya sangat enak dan mereka memiliki banyak jenis kopi yang berbeda. Kopi paling terkenal yang diproduksi juga merupakan kopi termahal di dunia: Kopi Luwak. Selain kopi luwak, para petani kopi Bali sangat baik dalam membuat biji kopi robusta dan arabika. Jangan ragu untuk mendapatkan secangkir kopi Bali yang enak setelah pelajaran selancar Anda di Odysseys Surf School; itu akan mendapatkan tingkat energi Anda kembali dengan sangat cepat.

Berbeda dengan kopi dari Jawa, Sulawesi, dan Sumatra, kopi di Bali bukan dari Belanda. Pedagang dari Lombok membawa tanaman kopi ke Bali pada awal abad ke-20. Mereka menemukan bahwa tanah vulkanik yang kaya dan iklim di wilayah Kintamani sangat baik untuk menanam tanaman kopi. Perkebunan kopi mulai kecil tetapi tumbuh dengan cepat. Tanaman kopi yang dibawa oleh pedagang dari Lombok ke Bali adalah tanaman Robusta. Tanaman ini sangat terdiri dari penyakit dan mengandung kafein tingkat tinggi. Saat ini, wilayah Kintamani adalah wilayah terbesar untuk kebun kopi. Tidak hanya tanaman Robusta yang tumbuh di sana, tanaman Arabika menjadi lebih umum akhir-akhir ini. Arabika memiliki tubuh yang lebih kuat dan lebih sedikit asam dan memberikan harga yang lebih tinggi di pasar kopi dunia, yang merupakan alasan paling penting mengapa banyak petani memilih Arabika.

Perbedaan antara kopi di Bali dan sisanya di Indonesia adalah metode pengolahannya. Di Bali adalah pengolahan basah cara tradisional pengolahan kopi sedangkan di seluruh Indonesia pengolahan kering adalah proses yang paling umum. Proses basah berarti bahwa buah yang menutupi biji kopi dihilangkan saat masih basah. Pemrosesan kering berarti seluruh buah dikeringkan. Ini membuat rasanya berbeda dan jauh lebih cerah daripada kopi lain dari wilayah ini.

Kopi Luwak memiliki proses yang sama sekali berbeda dari Kopi Bali normal. Buah-buahan dimakan oleh musang, binatang buas yang terlihat seperti kucing, karena ampas yang ada di dalam buah-buahan. Fakta yang menyenangkan adalah bahwa biji kopi akan tetap bijaksana selama proses pencernaan. Enzim di perut musang menghilangkan kepahitan kacang, yang memberikan rasa halus dan ringan. Ketika kacang meninggalkan tubuh musang, para petani mengumpulkannya. Awalnya mereka mengambil kacang dari musang liar, itu sebabnya harganya sangat tinggi (satu pon bisa membuat Anda dengan mudah $ 250, - atau lebih) karena seluruh proses bisa memakan waktu. Musang hanya memakan ceri kopi yang paling matang.

Berhati-hatilah ketika Anda ingin membeli kopi luwak karena banyak 'Kopi Luwak' tidak asli atau dibuat oleh musang sangkar. Musang ini dipaksa untuk memakan biji kopi dan tidak akan memetik buah cherry yang paling matang. Ini akan membuat rasanya kurang enak tetapi Anda akan membayar jumlah uang yang sama untuk itu.

Di Bali ada banyak kebun kopi luwak di mana Anda dapat melihat proses dan mencoba kopi. Ini pasti patut dicoba.


Jika Anda pernah mencoba Kopi Luwak atau Kopi Bali yang terkenal, beri tahu kami pendapat Anda. Anda selalu dapat datang ke kantor kami di Pantai Kuta untuk minum secangkir Kopi Bali bersama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Kopi Bali Sangat Terkenal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel