Cara Merawat Pohon Bonsai

Cara Merawat Pohon Bonsai

Bonsai merupakan pohon yang memang sengaja dikerdilkan dengan bertujuan membuat miniatur dari pohon aslinya yang besar dan tua seperti yang ada di alam bebas. Kata bonsai digunakan untuk hal seni dan tradisional dalam merawat pohon dalam sebuah pot yang kecil dan dangkal. Di Jepang sendiri menilai bonsai mulai dari keindahan bentuk batang, akar, dahan dan daun pohonnya. Dan tentu saja untuk  keindahan pot yang digunakan memberi nilai plus bagi bonsai itu sendiri.

Bonsai adalah pohon kerdil dan unik yang  sangat cocok diletakkan diluar maupun di dalam ruangan rumah. Untuk merawat pohon bonsai ini harus membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi dan dedikasi yang kuat. Bonsai harus mendapatkan keseimbangan yang tetap antara penyiraman, penyinaran matahari, dan memangkas sehingga pohon bonsai tetap kerdil dan unik, nah berikut ini adalah cara merawat pohon bonsai:


Penggantian Pot
Cara Merawat Pohon Bonsai

Pohon bonsai biasanya ditanam di pot yang dangkal. Jadi, untuk mendorong pertumbuhan akar barunya potnya harus selalu diganti. Dan jika apalagi bonsai Anda terus tumbuh, Anda akan memerlukan pot yang lebih besar. Pastikan ada lubang pada pot agar airnya bisa mengalir keluar supaya akar bonsai tidak terendam air dalam pot dan menyebabkan akar bonsai busuk.

Siram Dengan Rutin
Cara Merawat Pohon Bonsai

Pohon bonsai memang tidak harus disiram terlalu banyak, karena hal tersebut dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dan akan membusukan akar bonsai. Tapi pohon bonsai harus dijaga agar tidak kekeringan, kelembaban tanah harus dijaga agar tidak terlalu basah maupun kering.

Jemur di Bawah Sinar Matahari
Cara Merawat Pohon Bonsai

Pohon Bonsai harus perlu di jemur. Namun, intensitas paparan sinar matahari perlu diwaspadai, jika paparan sinar matahari terlalu banyak justru akan merusak kualitas pohon bonsai.

Pohon bonsai harus dapat perlakuan yang tetap antara penyiraman, penjemuran di bawah paparan sinar matahari dan pemangkasan, sehingga pohon bonsai mempunyai kualitas yang baik dan sehat. Penyinaran harus diberikan setelah kurang lebih  dua minggu setelah pohon bonsai itu ditanam, pada tahapan pertama setelah dua minggu pohon bonsai itu ditanam cukup pemberian sinar matahari 1 sampai 3 kemudian secara bertahap-tahap dapat diperpanjang.

Pemangkasan
Cara Merawat Pohon Bonsai

Agar selalu pohon bonsai tampil bagus, perlu untuk melakukan pemangkasan pada cabang-cangang yang tidak baik. Pemangkasan juga dapat mengendalikan pertumbuhan cabang yang terlalu cepat. Selain daun, cabang, ranting bonsai juga perlu dipangkas. Untuk memangkas pohon bonsai Anda cukup melakukannya satu bulan sekali, jika pertumbuhan cabang pohon bonsai terlalu cepat. Kalau pertumbuhan cabang pohon bonsai Anda lambat cukup dua atau tiga bulan sekali saja.

Pemupukan
Cara Merawat Pohon Bonsai

Untuk cara pemupukan pada pohon bonsai harus dilakukan dalam dosis yang tepat. Sebaiknya melakukan pemupukan  hanya satu bulan sekali dengan menggunakan NPK dan Urea, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pohon bonsainya. Selain memberikan pupuk NPK tersebut, berikan juga pupuk daun setiap tiga bulan sekali.

Pembasmian Hama
Cara Merawat Pohon Bonsai

Yang terakhir adalah pembasmian hama, penyakit hama dapat merusak kesehatan pohon bonsai. Karena itu hama harus segera dimusnahkan agar pohon bonsai tetap sehat. Hama yang sering menyerang pohon bonsai adalah ulat dan wereng coklat. Cara yang paling gampang untuk memusnahkan penyakit hama tersebut adalah menyemprotnya dengan insektisida.

Nah, itu saja cara merawat pohon bonsai ala Payangan Bonsai, untuk lebih lanjut mengenai bonsai bisa kunjungi blog ini. Semoga artikel awal ini bisa membantu para pecinta bonsai tanah air, tunggu artikel selanjutnya kawan bonsai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel