Gua Garba Gianyar - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Gua Garba Gianyar

Wisata di Pulau Bali sangat diminati banyak orang, memang sudah dari dulu daerah ini sangat diidam-idamkan sebagai tempat favorit berlibur. Selain terkenal.dengan bangunan candi dan pura, Bali juga memiliki objek wisata gua. Gua Garba yang berada di yang berada di Kabupaten Gianyar ini merupakan salah satu dari situs peninggalan purbakala yang mempunyai nilai berharga berharga.

Pembangunan Gua Garba dilakukan sekitar abad ke-12 Masehi yakni pada masa pemerintahan Raja Jayapangus dan lokasinya tetap berada di bawah Pura Agung Pengukur-ukuran. Gua ini merupakan sebuah ceruk pertapaan yang dipahat pada tebing jurang Sungai Pakerisan.Konon yang menggunakan Gua Garba untuk tempat meditasi pertapaan adalah Patih Kebo Iwa.


Suasana di kawasan objek wisata Gua Garba sangat damai dengan penuh ketenangan, alamnya juga masih asri lho, jadi bagi Anda yang ingin bermaksud menenangkan diri dan pikiran, berlibur ke tempat ini menjadi pilihan yang sangat cocok. Untuk bisa sampai ke lokasi Gua Garba yang tak lain adalah cagar budaya, kalian harus turun melewati gapura dan kemudian menuruni tangga batu.

Dari tangga ini Anda sudah bisa mendapatkan keunikan yakni berupa telapak kaki, usut punya usut telapak kaki tersebut milik dari Patih Kebo Iwa. Di atas Gua Garba ada beberapa buah kolam dan pancuran yang tetap sisi kolam tersebut ada sebuah lobang untuk menuju ke gua. Lobang inilah yang biasanya digunakan oleh wisatawan untuk masuk kedalam Gua Garba.

Kebersihan Gua Garba selalu terjaga dengan tatanan yang selalu rapi, hal ini dikarenakan ada petugas kebersihan yang selalu merawat keberadaanya. Bentuk dari pada ceruk pertapaan ini bisa dibilang sangat unik dan indah, tentunya sangat disayangkan jika pembaca berada di Kabupaten Gianyar tidak mengunjunginya.

Lokasi Gua Garba berada di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia.

Yuk Sob, baca objek wisata lainnya yang berada di Kabupaten Gianyar lainnya di bawah ini!!!