Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengen Nonton Sumo di Jepang? Baca Dulu Panduannya di Sini!

Pengen Nonton Sumo di Jepang? Baca Dulu Panduannya di Sini!
Ryogoku Kokugikan 

Pernahkah terpikir di benak Anda untuk menonton Sumo di Jepang? Jika orang Indonesia yang tergila-gila dengan menonton sepak bola dan MotoGp, maka Jepang pun punya olah raga favorit, selain baseball, Sumo juga menjadi olahraga yang digilai di Jepang. Tiap tahun, kursi penonton penuh sesak oleh penggemar, terlihat betapa besar antusiasme orang Jepang pada olahraga tradisional yang satu ini.

Selain orang lokal, turnamen Sumo juga berhasil meraup penggemar dari turis mancanegara. Anda pun, bisa, lho, nonton Sumo di Jepang.  Namun, Anda tidak bisa berangkat langsung tanpa persiapan terlebih dahulu, ya. Berikut ini adalah panduan menonton Sumo di Jepang.

Semo digelar 6 kali dalam setahun. Dari seluruh turnamen ini, 3 diantaranya diadakan di Ryogoku Kokugikan (Sumo Hall) di Tokyo. Ketiga turnamen ini digelar pada Bulan Januari, Mei, dan September. Dan setiap pergelaran memakan waktu selama 15 hari, meliputi pembukaan dan penutupan.

Pengen Nonton Sumo di Jepang? Baca Dulu Panduannya di Sini!
Ryogoku Kokugikan, Tokyo

Jenis Tiket Bervariasi, Ada juga Kursi Khusus yang tidak dijual untuk Umum

Satu hal yang perlu Anda ingat, turnamen Sumo ini menawarkan berbagai jenis tiket. Tiket yang bisa diakses oleh masyarakat umum adalah “Box seats” dan “Arena seats”. Sesuai dengan namanya, box Seats merupakan kursi tatami berukuran mini yang muat untuk 4 orang Jepang.

Mau tidak mau, kalau tertarik dengan box seats, laka harus pesan satu paket. Box seats ini nantinya akan dipisahkan dalam area A,B, dan C.  Biasanya, box seats cepat sekali terjual/sold out!

Maka, Anda hanya ada pilihan untuk membeli arena seats yang berbeda di lantai dua gedung. Meski tak sedekat box seats, tiket ini worth it lho buat dipilih. Terpenting adalah Anda bisa menonton Sumo di Jepang!

Oh ya, sampai lupa, ada lagi satu nih kursi eksklusif yang sulit diakses buat kita yang berdarah rakyat jelata, he-he. Namanya adalah Temari Seat, kursi eksklusif untuk para anggota asosiasi dan para sponsor. Sudah deh, nyerah aja untuk bisa duduk di kursi panas ini. Atau mau jadi pacar pesumo dulu biar bisa dapat kursi gratis?


Lalu, Berapa Harga Tiket untuk Nonton Sumo di Jepang?

Harga tiket cukup beragam, nih. Buat gambaran, harga tiket arena seats mulai dari 3,800 ¥ yen. Semoga harganya tidak bikin Anda ngilu ya, he-he.

Dikutip dari Tokyo Cheapo, kamu bisa lho membeli tiket murah untuk nonton Sumo. Tepatnya adalah pada hari 3-6 dan 10-12. Atau bisa juga hunting satu jenis tiket yang dijual sebelum acara dimulai. Biasanya dijual dari pukul 8 pagi, tetapi Anda harus rebutan, ya.

Artinya, harus antri panjang untuk mendapatkan tiket jiyuseki atau free-setting ticket ini. Dan resikonya, bisa aja kehabisan tiket dan Anda gagal deh untuk nonton Sumo di Jepang. Kini, keputusannya saya serahkan ke tangan Anda mau beli tiket yang mana? Reservasi beberapa bulan sebelum acara agar nggak kehabisan.

Post a Comment for "Pengen Nonton Sumo di Jepang? Baca Dulu Panduannya di Sini!"