Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Menikmti Hanabi di Jepang

8 Tips Menikmti Hanabi di Jepang
Jepang bisa dibilang sebagai negara teguh memegang tata krama. Sampai-sampai, nih, tata krama untuk menonton hanami di Jepang pum ada. Lho, sayangnya masih sedikit wisatawan asing yang tahu betul bagaimana tips untuk menikmati hanami di Jepang layaknya orang lokal.

Jika Anda berkesempatan melihat artikel ini, maka nggak boleh menutup mata dan harus belajar sedikit demi sedikit tips menikmati hanami di Jepang, ya. Sebelum berangkat liburan ke Jepang pada musim panas ini, niatkan untuk membekali diri dengan segudang wawasan  yang bisa menghindarkan Anda dari gegar budaya di Jepang. Apalagi kalau sampai melakukan tindakan yang ilfeel pengunjung lainnya. Pasti jadi nggak asik lagi buat melihat hanami.



“Silakan Tonton Videonya”

Nih 8 Tips Menikmati Hanami di Jepang yang Perlu Anda tahu!

1. Buang Sampah Pada Tempatnya

Entah koran, bungkusan onigiri, ataupun botol minuman, buanglah pada tempat yang sudah disediakan. Kalau belum menemukan tempat sampah, simpat terlebih dahulu entah di tas atau di saku/kantong. Pada dasarnya memang tidak boleh membuang sampah sembarangan di Jepang. Apalagi sampai sengaja meninggalkan di tempat Anda duduk nokton hanabi. Malahan gak boleh tuh!


2. Tidak Boleh Membuang Puntung Rokok Sembarangan

Tidak sedikit orang Indonesia kalau sudah nongkrong di manapun, pasti hobi merokok dan membuang puntung rokoknya sembarangan, ya? Ok, tinggalkan dulu Indonesia, ya, he-he. . . Apalagi, membuang puntung rokok yang apinya masih menyala, kan, bahaya banget, gak?

Anda hanya bisa merokok di tempat yang sudah disediakan, ingat, ya!


3. Ingin bawa Meja?

Biar makin asyik menikmati hanami, Anda bisa membawa meja dari rumah…  Eiths, ada juga yang melarang tidak boleh membawa meja, lho! Apa lagi Anda membawa barang dagangan untuk di jual! He-he. . . Bercanda kok.


4. Peralatan Masak

Meski hanabi masuk dalam aktivitas diluar rumah, bukan berarti Anda boleh pesta BBQ di bawah pohon sakura. Dilarang keras untuk melakukan aktivitas masak-memasak saat menikmati hanami. Hal ini dapat membahayakan pengunjung lain, tapi untuk membawa makanan praktis siap saji aman-aman saja kok.


5. Bawa Peralatan Camping

Sepertinya, seru juga, nih, apalagi camping dibawah pohon sakura, dan lebih terlihat indah saat bunga sakura masih mekar, kan seru banget tuh. Pasti makin romantis jika camping bareng pacar tersayang! Saat menikmati hanabi di bawah pohon sakura dan ditemani oleh pacar, wah asik, ya.


6. Bawa Tikar Saat Menikmati Hamani

Demi menikmati hanami, orang Jepang akan bawa  tikar atau koran, untuk duduk-duduk cantik di bawah pohon. Mereka pun akan menikmati musim panas sembari piknik bersama keluarga, teman, maupun pacar.

Perlu diingat, ya! Saat selesai menikmati hanabi, Anda harus membersihkan tikar dan koran maupun sisa makanan yang Anda bawa.


7. Hati-hati Pakai Tongsis

Tenang aja, ya.Anda tetap bisa berfoto-fotoan pakai tongsis saat menikmati hanami di Jepang, kok. Namun, perlu diperhatikan faktor keselamatan orang di sekitar Anda. Jangan sampai tongsis yang Anda bawa melukai pengunjung di sebelah Anda, ya. Karena di lokasi pasti akan padat pengunjung, karena yang datang untuk menikmati hanabi akan membludak.


8. Perhatikan Barang yang Anda Bawa

Untuk berjaga-jaga, nih, Anda diharapkan selalu waspada pada barang yang Anda bawa. Hal ini buat mengatasi kasus pencurian karena padatnya pengunjung. Diantara lautan manusia ini, selalu simpan dompet dan paspor agar tidak hilang atau dicuri. Walaupun di Jepang orang-orangnya tidak pada begituan, sekedar waspada aja, ok!

Jika Anda sudah memahami 8 tips menikmati hanami di Jepang, niscaya tidak ada masalah saat di lokasi nanti. Semoga saja Anda bisa menikmati setiap lokasi yang Anda kunjungi saat berlibur di Jepang.

Post a Comment for "8 Tips Menikmti Hanabi di Jepang"