Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aksi Bersih-bersih Suporter Jepang dan Senegal di Ajang Piala Dunia

Aksi Bersih-bersih Suporter Jepang dan Senegal di Ajang Piala Dunia
Suporter Jepang dan Senegal

Selebrasi pesepak bola Jepang Keisuke Honda kanan usai mencetak gol ke 2 pada timnya pada pertandingan grup H pada piala dunia 2018 di Ekaterinburg arena, Russia, senin (25/6).

Lagi-lagi suporter Jepang curi perhatian dunia setelah Samurai Biru  menghadapi Senegal di Ekaterinburg arena dengan skor 2-2, Senin (25/6). Suporter Jepang membawa kantong plastik warna biru, para suporter Jepang memungut sampah sisa makanan, botol dan lainnya yang tinggal dalam stadion.

Aksi Bersih-bersih Suporter Jepang dan Senegal di Ajang Piala Dunia
Keisuke Honda Gol ke 2 dari Tim Jepang

“Bersih-bersih ini tidak pertama kalinya dilakukan oleh pendukung Samurai Biru. Mereka memang tidak pernah gagal untuk melakukan hal baik mereka.

”ini bukan hanya bagian dari pesepakbola, tetapi bagian dari budaya  Jepang, “kata jurnalis sepak bola Jepang, Scott Mcintyre, dilansir BBC (21/6)

“Anda sering mendengar orang mengatakan bahwa sepakbola adalah cerminan budaya. Aspek penting masyarakat Jepang adalah memastikan semua benar:benar bersih dan itulah selalu terjadi di semua acara olahraga dan tentunya di ‘sepak bola, “katanya.

Aksi Bersih-bersih Suporter Jepang dan Senegal di Ajang Piala Dunia
Gol Pertama dari Tim Senegal

Penggemar Senegal sebenarnya telah terlihat melakukan hal yang sama di Piala Dunia tahun ini. Di hari ini mereka melakukan hal yang sama. Namun, suporter Jepang yang mempelopori dan sekarang terkenal dengan hal itu. Ini adalah sesuatu yang mengejutkan orang asing yang menghadiri pertandingan di Jepang. Iki adalah kebiasaan orang Jepang sejak kecil.

“Bersih-bersih setelah pertandingan sepak bola merupakan perpanjangan dari perilaku dasar yang diajari di sekolah, di mana anak-anak membersihkan ruangan kelas dan lorong-lorong sekolah mereka,“kata, Scott North, profesor sosiologi di Universitas Osaka.

Selain kebiasaan mereka yang tinggi dalam kebersihan dan mendaur ulang, bersih-bersih di Piala Dunia, cara penggemar Samurai Biru menunjukan kebanggaan dalam cara hidup mereka dan membagikan dengan kita semua,“ujar Prof North.

Post a Comment for "Aksi Bersih-bersih Suporter Jepang dan Senegal di Ajang Piala Dunia"