Notifikasi

Loading…

Taman Nasional Bunaken: Kepingan Surga Terpendam di Bawah Laut

Jika kamu ingin berwisata bertema di laut, maka Taman Nasional Bunaken punya jawabannya. Siapa yang tidak kenal dengan taman nasional yang eksotis ini? Yuk simak keindahan Taman Nasional Bunaken ini!

taman nasional bunaken

Sejarah Taman Nasional Bunaken

Nama Bunaken sudah dikenal sejak 1885 ketika masyarakat Tanjung Parigi yang memilih pindah ke arah tenggara di tepian pantai yang menghadap Kota Manado. Namun, kawasan ini masih dikenal dengan nama Kiwunakeng yang berarti tempat tinggal. Sementara keanekaragaman hayati laut yang ada disini baru ditemukan pada tahun 1975 oleh sekelompok penyelam. Disini, kawasan masih asri dan belum tersentuh akan tangan-tangan manusia tentunya.

Namun, secara resmi Taman Nasional Bunaken ini baru diresmikan pada tahun 1992 oleh presiden Soeharto pada tanggal 24 Desember 1992. Pembentukan Taman Nasional Bunaken berdasarkan SK Menteri Kehutanan Nomor 730/Kpts-II/1991 yang diteken pada 15 Oktober 1991.

Lalu pada tahun 2005 kawasan Taman Nasional Bunaken secara resmi ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kawasan ini juga sebelumnya telah ditetapkan sebagai wilayah Sister Parks yang merupakan Kerjasama antara Indonesia dan Malaysia.

Lokasi Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken ini terletak di Sulawesi Utara yang tepat berada di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat tumbuhnya terumbu karang dan membentang di perairan Indonesia, Malaysia hingga Timor Leste. Lebih tepatnya terletak di Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken ini mencakup lima pulau yang berada dalam kawasannya yatu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pula Mantehage, Pulau Naen dan Pulau Siladen.

Wisata di Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken ini merupakan kepingan surga yang kaya akan flora dan fauna yang tersimpan di bawah laut. Selain keindahan bawah laut yang menyimpan kekayaan, kamu juga bisa melakukan kegiatan untuk menikmati keindahan tersebut.

Taman Nasional Bunaken ini terkenal akan kegiatan snorkeling dan diving. Untuk menikmati keindahan alam yang eksotis lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi pulau disekitaran Taman Nasional Bunaken, yaitu:

  1. Pulau Manado Tua

Untuk sampai di pulau ini, kamu perlu menaiki kapal motor dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Di pulau ini kamu akan menemukan gunung api yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau nan rindang. Menambah kesan alami akan pesona Pulau Manado Tua. Disini kamu bisa merasakan sensasi pasir putih nan lembut atau melakukan pendakian gunung. Di pulau ini, ada 3.200 jiwa yang mendiami pulau ini tentunya.

  1. Pulau Nain

Untuk sampai di pulau ini, kamu juga perlu menempuh perjalanan menggunakan perahu motor yang mencapai sekitar dua setengah jam. Disini yang menjadi daya tarik utamanya adalah pasir putih nan mengkilap sehingga kamu tidak akan bosa disini. Semua hal tentang pulau ini terawatt dengan baik oleh pengelola. Disini kamu juga bisa menikmati pasir timbul yang akan muncul saat air laut surut. Cukup indah ditengah lautan nan biru.

  1. Pulau Mantehage

Pulau Mantehage ini merupakan pulau bagian terluar dari keempat pulau lainnya, sehingga untuk sampai dilokasi ini mencapai waktu satu setengah jam. Disini yang menjadi daya tarik pulau ini adalah hutan bakau yang begitu eksotis dan memancarkan keasrian yang begitu indah. Lingkungan sekitar dan cicitan burung akan membuat semua terasa nyaman saat kamu berkeliling pulau ini.

Selain keindahan alam, Pulau Mantehage juga terkenal akan salah satu kuliner khas Manado yaitu minuman Cap Tikus. Cap Tikus sendiri merupakan minuman tradisional dari Minahasa dengan kandungan alkohol. Bahan utama pembuatan adalah getah pohon aren atau lebih dikenal dengan nira yang kemudian disuling selama beberapa jam.

  1. Pulau Siladen

Perjalanan untuk sampai di pulau ini menempuh perjalanan selama 45 menit dengan kapal motor. Pulau ini terkenal akan kedamaiannya meski pengunjung tidak ada hentinya kesini. Pulau ini juga cocok bagi kamu yang ingin mencari kedamaian dan ketenangan. Jauh dari hiruk pikuk dunia dan semua ada di pulau ini.

  1. Pulau Bunaken

Menjadi pulau utama diantara 5 pulau yang ada di Taman Nasional Bunaken dengan menempuh perjalanan selama 30 menit menggunakan perahu motor. Ada 20 titik dive spot yang menjadi favorit para wisatwan tentunya. Seperti: lekukan 1, lekukan 2, lekukan 3, Mandolin, Tanjung Parigi, Mandolin, Sachiko Point, Muka Kampung, Ron’s Point, Pangalisang, serta Bunaken Timur.

Indah bukan Taman Nasional Bunaken? Penuh pesona akan lautan yang begitu eksotis bagaikan kepingan surga yang terpendam. Siapa yang menolak untuk datang kesini? Yuk atur jadwal liburan kamu kesini!

Post a Comment