Notifikasi

Loading…

Review Taman Nasional Meru Betiri: Lokasi, Rute, Tiket, dan Daya Tarik

Jika pilihan liburan kamu jatuh pada sebuah taman, maka Taman Nasional Meru Betiri akan menjadi sebuah rekomendasi untuk mengisi liburan kamu. Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) ini terletak di Jawa Timur lho!

Apa yang kamu pikirkan tentang sebuah taman nasional? Pepohonan rindang yang memenuhi semua kawasan taman sehingga membuat kesan angker? Eits, jangan salah! Di Taman Nasional Meru Betiri kamu tidak akan menemukan kesan angker tersebut karena keindahan dan pesona alam nan asri membuat kamu seakan-akan berpetualang. Bukan hanya pepohonan yang akan kamu lihat disini, seluruh flora dan fauna yang di dalamnya akan membuat kamu terkagum-kagum tentunya.

Review Taman Nasional Meru Betiri

Selain itu, kamu akan di ajak menjelajahi pantai yang dimiliki oleh TNMB dengan penuh keelokan nan asri. Jadi, indah bukan untuk mengisi liburan kamu? Yuk, simak lebih lanjut!

Lokasi dan Geografis TNMB

Taman Nasional Meru Bertiri ini terletak dari dua kabupaten yang ada di Jawa Timur yaitu Jember dan Banyuwangi. Beralamat lengkap yaitu di Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Letaknya berada pada koordinat 8°21’ - 8°34’ Lintang Selatan dan 113°37’ - 113°58’ Bujur Timur. Taman Nasional Meru Bertiri ini mmeiliki luas mencapai 52.626,04 hektar. Adapaun batasan setiap sudut TNMB ini yaitu:

  1. Utara : PT Perkebunan Treblasala dan Perhutani Curahtakir
  2. Timur : Desa Sarolangon dan PTPN XII Sumberjambe
  3. Selatan : Samudera Hindia
  4. Barat : Desa Curahnongko, Desa Andongrejo dan desa lain disekitarnya

Rute Perjalanan TNMB

Akses jalan yang bisa kamu tempuh untuk sampai dilokasi TNMB ini bisa melalui 2 arah yaitu dari jalan Banyuwangi dan dari Jember. Sangat relatif mudah bukan?

Jarak Banyuwangi hingga ke TNMB ini menempuh sekitar 103 Km dengan waktu tempuh 4 jam perjalanan. Namun, jika kamu dari Jember, kamu perlu menempuh jarak sekitar 64 Km dengan waktu 2 jam perjalanan. Jika kamu ragu, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan google maps.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional TNMB

Untuk memasuki Taman Nasional Meru Bertiri ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 jika kamu wisatawan lokal dan Rp. 7.500 jika wisatawan mancanegara. Yaps, harga akan berbeda dan tegantung wisatawan yang akan masuk.

Untuk jam operasionalnya sendiri, Taman Nasional Meru Bertiri ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Namun, jika kmau ingin camping, kamu perlu meminta izin dan di dampingi oleh seorang guide.

Daya Tarik TNMB

Taman Nasional Meru Bertiri ini merupakan taman nasional yang sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. TNMB ini sudah ada sejak tahun 1931 dari pemerintahan Hindia Belanda. Wah, menarik bukan?

Taman Nasional Meru Bertiri ini bukan hanya terdiri dari hutan lindung saja, namun juga ada pantai yang bersembunyi dibalik rimbunnya pepohonan. Hal ini yang menjadi daya tarik taman nasional selain flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Kawasan hutan maupun pantai ini merupakan kawasan lindung yang sudah diatur oleh pemerintah setempat untuk menjaga ekosistem asli dan asri dari flora, fauna maupun kawasan sekitar.

Nama Taman Nasional Meru Bertiri ini berasal dari dua buah gunung tinggi yang ada di kawasan ini yaitu Gunung Meru dan Gunung Bertiri yang masing dari gunung ini terletak di kawasan Jember dan Banyuwangi.

Keindahan alam yang ada di TNMB ini sangat tidak bisa dibohongi, keasrian alam yang masih terjaga membuat wisatawan terkagum akan keelokan yang ada di dalamnya.

Petualangan Seru di Hutan

Hutan yang dimiliki oleh TNMB ini sangat terjaga akan ekosistem dan keasriannya. Rindangnya pepohonan akan menambah kesan kesejukan yang menerpa indera penciuman kamu. Suara burung bahkan menemani petualangan kamu di dalam hutan ini. Kamu di sini akan ditemani oleh guide dan menaiki mobil khusus. Bukan hanya jalanan setapak yang nantinya akan kamu lewati, sungai bahkan akan kamu seberangi dengan gemericik air yang tak kalah dingin. Wahh, petualangan yang menarik bukan?

Di hutan ini, banyak flora dan fauna yang hidup. Flora yang langka hidup di TNMB ini yaitu Rafflesia Zollingeriana atau Bunga Padmosari. Selain itu, ada beberapa flora seperti: bungur, pulai, waru, api-api, dan tamanan obat lainnya. Adapaun fauna, TNMB juga melestarikan Harimau loreng jawa, Macan tutul, bajing terbang ekor 9, dan Banteng Jawa.

Petualangan Eksotis di Pantai

Setelah kamu menelusuri hutan nan asri, kamu akan menemukan pantai nan eksotis dan memukau untuk kamu nikmati di TNMB ini. Udara yang sejuk serta gemuruh ombak yang kian menari menambah euphoria kamu untuk segera ingin ke pantai tersebut. Pantai nan masih perawan dan jarang di kunjungi oleh masyarakat membuat keindahannya tiada dua. Di pantai ini kamu akan menemukan flora dan fauna yang di lindungi yaitu Bakau dan Penyu yang nyaris hampir punah. Ada beberapa pantai yang berada di TNMB ini yaitu:

  1. Pantai Bandealit yang merupakan pantai yang terletak dalam kawasan TNMB dengan keasrian yang bisa kamu rasakan. Hal ini terbukti dengan pasir nan lembut dan air yag jernih membuat suasana menjadi tenang. Ombak disini juga termasuk ombak yang tenang dan biasanya pantai ini dijadikan tempat kemah bahkan kamu bisa berenang disini.
  2. Pantai Rajegwesi yang ada di Banyuwangi dan masuk kawasan TNMB. Pantai ini unik karena kamu akan disuguhkan dengan kegiatan nelayan atau warga yang sedang mmebuat gula jawa. Pantai ini indah sama seperti lainnya, pantai dengan keasrian dan kesejukan yang masih terjaga.
  3. Pantai Teluk Hijau. Pantai ini merupakan pantai favorit yang ada di TNMB karena air yang biru kehijau-hijauan. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan memiliki air terjun setinggi 8 meter. Wah? Menarik bukan? Selain itu, batu karang yang besar akan menambah kesan eksotis bagi pantai ini, namun jika kamu ingin menikmati kecantikan pantai ini, kamu perlu melewati medan yang menantang tentunya.

Menarik? Tentunya. Taman Nasional Meru Bertiri ini tidak hanya menjadi tempat destinasi wisatawa, melainkan juga tempat melindungi flora dan fauna yang terancam punah. Jadi, cintai lingkungan kalian ya!

Post a Comment