86349 Review Pantai Sendang Biru, Malang: Lokasi, Tiket, Fasilitas, Daya Tarik - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Review Pantai Sendang Biru, Malang: Lokasi, Tiket, Fasilitas, Daya Tarik

Malang memang sangat terkenal akan keindahan wisata yang disajikannya. Mungkin, Tuhan menciptakan kota Malang dengan penuh bahagia, sehingga alam yang disajikan Malang menarik hati para wisatawan untuk datang.

Salah satu wisata yang bisa dikunjungi jika kamu berkunjung ke Kota Malang adalah wisata bahari dengan pantai yang cantik nan biru. Pantai ini dinamakan dengan Pantai Sendang Biru yang memiliki air yang biru nan jernih. Keindahan pantai ini akan membuat siapa saja jatuh cinta jika datang menemuinya.

Penasarankan dengan keindahan yang disajikan oleh Pantai Sendang Biru nan mempesona ini? Pantai ini tentunya bisa kamu jadikan tempat destinasi untuk liburan kamu lho! Yuk simak lebih lanjut!

Review Pantai Sendang Biru


Lokasi dan Rute Perjalanan Pantai

Pantai Serdang Biru berlokasi di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika dari pusat kota, kamu memerlukan jarak tempuh sekitar 70 Km. Pantai nan cantik dan mempesona ini memang cukup jauh dari kota, namun keindahan yang disimpannya akan membayar semua perjalanan jauh kamu. Jalur menuju pantai cantik ini juga berkelok-kelok dan naik turun. Sehingga kamu perlu berhati-hati untuk sampai di pantai ini.

Rute perjalanan untuk sampai disini, kamu bisa menuju Gadang-Turen-Sendang Biru. Namun, jika kamu terkendala, kamu bisa menggunakan google maps untuk membantu kamu sampai di lokasi Pantai Sendang Biru.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai

Untuk memasuki pantai ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per-orang. Dengan harga yang begitu murah, kamu bisa menikmati keindahan alam yang indah lagi eksotis yang disajikan oleh pantai Sendang Biru ini. Selanjutnya, kamu juga perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 15.000, tergantung kendaraan yang kamu bawa tentunya.

Dengan membayar tiket masuk, kamu juga bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan di dalam pantai tentunya. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Musholla
  • Warung Makanan dan Minuman
  • Gazebo

Dibalik fasilitas umum yang disediakan diatas, kamu juga bisa menikmati fasilitas hiburan seperti:

  • Perahu motor yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling ke Pulau Sempu. Harga sewa: Rp. 100.000 – Rp. 150.000
  • Perahu dayung juga bisa kamu gunakan untuk menikmati keindahan pantai agar lebih leluasa. Harga sewa: Rp. 50.000 – Rp. 70.000
  • Camping Ground yang alatnya bisa kamu sewa atau bawa sendiri dari rumah tentunya

Dengan fasilitas yang tersedia diatas, kamu tentu saja dapat menikmati keindahan alam nan indah di pantai yang cantik ini dengan penuh bahagia.

Daya Tarik Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru ini memiliki nama yang unik berarti Mata Air yang Biru. Mata air ini berada di bawah bukit sekitar 1 Km dari arah barat pantai. Pantai ini mempunyai 2 area yang berbeda tentunya.

Area pertama digunakan sebagai pelabuhan dimana para nelayan akan pergi dan pulang melalui pelabuhan ini. Di area ini juga menjadi pusat pelelangan ikan segar dengan harga yang begitu terjangkau. Selain itu, area ini kerap kali digunakan sebagai spot memancing yang digunakan para pemancing.

Rumah Flora dan Fauna

Area kedua, merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang begitu bersih nan lembut. Air laut yang biru dengan udara yang menerpa tubuh kamu akan sangat terasa menyejukan dan membuat betah berlama-lama disini.

Disekitar pantai ini, banyak ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang sehingga kamu bisa berteduh dibawah pohon ini sambil menikmati keindahan pantai nan biru ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan Pulau Sempu yang tak jauh dari Pantai Sendang Biru.

Dipulau Sempu ini menjadi rumah bagi flora dan fauna yang dilindungi, sehingga untuk memasuki pulau ini kamu perlu mengantongi izin SIMAKSI. Namun, kamu boleh mengelilingi pulau ini menggunakan perahu.

Selain itu, ombak di pantai ini bukanlah ombak dengan tipe Ganas, melainkan ombak yang relatif kecil sehingga memungkinkan kamu bisa berenang di pantai indah ini. Ombak yang kecil ini dikarenakan adanya Pulau Sempu yang melindungi pantai ini dari ganasnya ombak Pantai Selatan bukan?

Wisata Upacara Petik Laut

Bukan hanya keindahan alam yang bisa kamu nikmati, keindahan kebudayaan bisa kamu nikmati di Pantai Sendang Biru ini yang dinamakan dengan Upacara Petik Laut yang merupakan perayaan adat tahunan yang diselenggarakan oleh nelayan. Upacara ini dilaksanakan di Pantai Sendang Biru lho!

Upacara Petik Laut ini diselenggarakan setiap 27 September yang menjadi bentuk ucapan syukur dan doa atas segala hasil panen yang didapat nelayan dengan begitu melimpah. Adapun, upacara ini berlangsung selama 7 hari. Disini juga, kamu bisa menikmati acara Larung Tumpeng dimana para nelayan akan melarung tumpeng yang terdiri dari hasil laut  ke tengah  lautan.

Wah, sangat ini bukan alam yang disajikan oleh Pantai Sendang Biru ini? Selain alam yang indak nan eksotis dengan air yang biru dan pasir nan lembut, kamu juga bisa menikmati kekayaan alam dan budayanya.

Jadi tunggu apa lagi, segera atur waktu liburan kamu untuk ke Pantai Sendang Biru ini! Kamu akan dibuat jatuh cinta oleh sang pantai ini!

Post a Comment