86349 Review Air Terjun Langkuik Tinggi, Agam: Surga Tersembunyi di Balik Hutan nan Asri - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Review Air Terjun Langkuik Tinggi, Agam: Surga Tersembunyi di Balik Hutan nan Asri

Sumatera Barat tidak pernah bosan menunjukan keindahan alamnya yang membuat siapa saja jatuh cinta dengan provinsi ini. Keindahan alam yang masih asri dan terjaga ini membuat pengunjung tidak pernah sepi untuk kesini.

Banyak wisatawan yang  ke Sumatera Barat untuk berlibur menghabiskan waktu dengan orang tersayang menikmati keindahan alam yang disajikan provinsi ini. Keindahan alam ini salah satunya bisa kamu nikmati yaitu Air Terjun Langkuik Tinggi yang terletak di salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Barat.

Yuk simak keindahan air terjun yang digadang-gadang memiliki pesona yang indah dibalik medan yang menantang untuk dilalui!

Air Terjun Langkuik Tinggi Agam

Nama Unik Air Terjun

Air terjun ini memiliki nama yang berasal dari Bahasa Minang yaitu “Langkuik” yang berarti Air Terjun. Jadi air terjun Langkuik Tinggi ini berarti air terjun yang sangat tinggi. Penamaan air terjun ini memang sangat tepat dengan keadaan air terjun yang begitu tinggi lagi mempesona di mata.

Lokasi dan Rute Air Terjun

Lokasi air terjun ini terletak di Jorong Nyiur, Nagari Tabek Sarojo, Kecamatan Malalak Selatan, Kabupaten Agam. Letak air terjun ini berada tepat di area kaki Gunung Tandikek dan Singgalang.

Jika kamu dari kota Bukittinggi, kamu akan menempuh jarak sekitar 40 Km dengan waktu tempuh mencapai 1 jam perjalanan. Rute ini dimulai dari kota Bukittinggi menuju Simpang Padang Luar kemudian belok ke kanan sampai menemukan simpang Malalak dan kamu teruskan perjalanan hingga sampai di Jorong Nyiur.

Jika kamu dari Kota Padang, kamu bisa melalui terminal Sicincin dan menemukan persimpangan dan belok kiri menuju Koto Mambang. Sampai di sini, kamu akan melanjutkan menuju Tandikek sampai bertemu dengan Balai Akiak, kemudia belok kanan sampai jorong Nyiur.

Jika kamu masih ragu dengan rutenya, kamu bisa menggunakan google maps sebagai alat bantu kamu menemukan arah yang tepat.

Tracking Menantang Air Terjun

Sesampai kamu di lokasi air terjun, kamu akan bretemu dengan pos retribusi yang akan meminta kamu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 dan parkir Rp. 5.000 saja. Dengan harga yang murah, kamu akan merasakan dan menikmati keindahan alam yang tiada duanya di Sumatera Barat.

Nah, jangan berpikir bahwa setelah memasuki pos retribusi kamu akan langsung melihat sang air terjun, tidak! Kamu perlu melakukan tracking yang cukup menantang dan menguji nyali kamu.

Sekitar 200 meter kamu akna menuruni tangga beton dan setelahnya kamu akan melewati jalanan setapak yang cukup menurun dan licin. Di perjalanan ini kamu akan disajikan dengan pesona hutan yang masih asri, pepohonan yang hijau bahkan tupai-tupai tak sungkan berlompatan diatas pohon.

Dalam perjalanan, kamu tidak langsung ke lokasi air terjun Langkuik Tinggi, namun kamu akan menemukan 3 air terjun yang setiap air terjun memiliki daya tarik tersendiri. Semakin kamu memasuki hutan, kamu menghadapi medan yang terjal dengan menuruni bukit yang terjal dan curam, tangga yang terbuat dari bamboo, jembatan kayu bahkan sungai dengan aliran deras akan kamu seberangi.

Butuh perjuangan sampai di air terjun Langkuik Tinggi ini, namun semua akan terbayar lunas jika kamu sudah sampai di lokasi utama air terjun ini.

Pesona Keindahan Air Terjun

Keindahan air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kamu yang datang mengunjungi air terjun ini. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter yang diapit oleh tebing bebatuan yang kokoh. Pepohonan yang rimbun di sekitar air terjun membuat suasana semakin terasa asri.

Debit air yang begitu deras jatuh dari ketinggian, membuat embun dan percikan air akan terasa di sekitar air terjun. Air terjun ini memiliki air yang begitu jernih dan dingin. Sehingga bisa menyegarkan tubuh dan pikiran.

Dibawah air terjun ini terdapat kolam besar yang langsung mengalir ke sungai yang ada dibawahnya, sehingga gemuruh air dari air terjun langsung berdesir di aliran sungai nan luas ini. Pesona keindahan ini ditambah dengan udara yang segar dirasakan oleh indera penciuman kamu tentunya.

Kamu bisa duduk di bebatuan besar yang ada di sekitar air terjun untuk menikmati keindahan alam yang mempesona ini. Hutan belantara yang kamu selusuri dengan medan yang menantang bagaikan surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Agam. Destinasi ini sangat cocok bagi kamu yang suka berliburan dengan menguji nyali. Kamu akan jatuh cinta dengan pesona air terjun tinggi yang kokoh dapit oleh tebing yang menjulang tinggi. Hutan disekitar juga tak kalah menambah pesona surga tersembunyi ini karena keasrian hutan ini membuat kesan eksotis nan perawan yang jarang dijelajahi oleh manusia.

Jadi jangan lupa abadikan momen kamu disini ya! Pesona keindahan ini wajib masuk ke dalam lensa kamera kamu tentunya.

Fasilitas Air Terjun

Mengingat air terjun nan eksotis ini berada dalam kawasan hutan, maka pengelola air terjun ini sudah menyediakan Guide yang akan menujukan kamu rute perjalanan dengan baik. Untuk sewa Guide ini kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 per orang.

Selain itu, medan yang dilalui begitu curam, maka pengelola menyediakan pijakan yang sudah diberi pembatas dari bamboo sehingga kamu bisa berpegangan kesana agar tidak terjatuh. Selain itu, selama perjalanan kamu akan melihat begitu banyak tali terbentang di sekitar alur perjalanan karena ini akan membantu kamu menaiki dan menuruni mendan yang terlalu curam dan licin.

Jadi, tertarik untuk berwisata ke surga tersembunyi di Agam ini? Kamu akan bisa menikmati keindahan alam yang asri dan masih perawan yang mempesona hati.

Post a Comment