Notifikasi

Loading…

Menjelajahi Olahan Sayur Khas Bali yang Kaya akan Rempah dan Bumbu

Olahan sayur khas Bali dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang tengah menghindari makanan hewani. Rasa dari olahan ini tidak kalah enak kok dengan makanan khas Bali lainnya.

Lalu kira-kira olahan sayur khas Bali apa saja ya yang wajib dicoba?

Berikut kami sampaikan menu rekomendasi berbahan dasar sayuran, dijamin Kamu pasti suka!

Jukut Urap, Olahan Sayur Khas Bali yang Pedas dan Gurih

olahan sayur khas bali

Mencari panganan yang pedas dan gurih di Bali terbilang sangat mudah. Sebagian besar kuliner Pulau Dewata didominasi rasa pedas yang mantap. Jukut urap adalah salah satu kuliner Bali dengan citarasa pedas dan gurih.

Berbahan dasar sayuran, jukut urap cocok dikonsumsi bagi vegetarian ataupun bagi Anda yang sedang menghindari daging-dagingan. Jukut urap penampilannya mirip dengan urap sayur Jawa, yang membedakan adalah sambal urapnya.

Sambal jukut urap terdiri dari cabai rawit, cabai besar, bawang merah dan putih, gula jawa, kencur, merica, daun jeruk, dan terasi. Bumbu tersebut kemudian dicampurkan dengan kelapa. Tambahan kacang dan jeruk nipis menjadi ciri dari jukur urap khas Bali.

Jukut Urap dapat dinikmati dengan nasi ataupun lontong sesuai selera. Rasa pedas dari kuliner khas Bali ini layak dicoba untuk mengetahui perbedaan antara urap Jawa dan Bali.

Lawar Nangka, Olahan Sayuran Khas Bali untuk Upacara Adat

Salah satu makanan tradisional Bali yang selalu hadir dalam upacara adat adalah Lawar. Biasanya lawar untuk upacara adat berbahan dasar hewani. Namun, ternyata ada juga loh jenis lawar sayuran!

Lawar nangka adalah jawabannya. Lawar nangka termasuk ke dalam lawar putih karena pengolahannya tidak menggunakan campuran darah. Namun secara proses dan bumbu, lawar nangka dibuat seperti lawar pada umumnya.

Hanya saja base utamanya adalah nangka muda. Nangka muda yang telah dicacah kemudian direbus. Setelah empuk nangka dicampur dengan sayuran lainnya dan bumbu base gede, base penggurih dan base embe. Pokoknya rasanya dijamin lezat, aman dan halal untuk dikonsumsi oleh vegetarian pun kaum muslim.

Jukut Ares, Olahan Sayuran Bali yang Unik

Bagi penggemar kuliner babi guling pasti sudabtidam asing dengan sayur ares. Sayur ares atau jujut ares biasa dihidangkan sebagai pelengkap babi guling.

Jukut ares merupakan sayur berbahan dasar ares. Ares sendiri adalah hati batang tanaman pisang. Unik sekali bukan?

Batang tanaman pisang di Bali memang sering diolah menjadi sayuran. Umumnya ares diolah menjadi sayur santan. Bumbu yang digunakan untuk kuliner satu ini adalah bumbu base gede yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar, kemiri, cabai dan serai.

Rasa khas Jukut ares yang pedas gurih bersantan cocok dinikmati saat malam hari atau di kala hujan. Bagaimana tertarik untuk mencicipi Jukut Ares?

Jukut Bejek Khas Bali

Sayur satu ini biasa melengkapi nasi campur Bali. Jukut Bejek akan terasa nikmat dan cocok dinikmati dengan ayam suwir Bali yang pedas.

Diberinama Jukut Bejek karena bahan dasarnya adalah jukut atau sayur (kacang panjang) yang diolah dengan cara dibejek atau diremas. Kacang panjang yang telah direbus kemudian dicampur bumbu kuning khas Bali dengan cara dibejek atau diremas. Jangan lupa tambahkan sambal embe dalam racikan bumbu agar rasanya pedas mantap. Santap dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng dijamin akan membuat kamu gagal diet!

Sayur ulih, lodeh khas Bali

Jika Anda menggemari masakan bersantan maka sayur ulih khas Bali ini wajib dicoba. Sayur ulih mirip dengan lodeh namun memiliki cita rasa Bali. Rasa kencur dan pedasnya cabai tercampur dalam kuah santan yang gurih. Adapun sayur mayur yang digunakan dalam sayur ulih ini hanyalah kacang panjang dan toge saja. Sekilas bumbunya mirip dengan jukut bejek, hanya saja sayur ulih cenderung berkuah.

Kuah santan pedas dan sensasi hangat kencur membuat kuliner ini cocok disajikan saat cuaca dingin. Tertarik untuk mencobanya?

Penutup

Demikian rekomendasi menu sayur olahan khas Bali yang sayang untuk dilewatkan. Silahkan cicipi menu-menu tersebut saat berkunjung ke Bali ya!

Post a Comment