Notifikasi

Loading…

Wisata Air Terjun Blemantung, Air Terjun di Sekitar Pura Taman Ayun

Mungkin sebagian besar wisatawan lebih mengenal air terjun sekumpul atau Gitgit sebagai air terjun terindah di Bali. Namun jangan salah, Bali memiliki hidden gem wisata air yang layak untuk dikunjungi.

Dia adalah Air Terjun Blemantung yang berada di Desa Pujungan. Lokasi wisata Blemantung atau dikenal pula dengan air terjun Pujungan memang belum sepopuler Gitgit ataupun sekumpul. Namun berbicara masalah keindahan, boleh lah diadu.

Meski Air Terjun Blemantung ini tidak terlalu hits, namun akses jalan menuju lokasinya sudah rapih loh. Beberapa jalan sudah di tembok sehingga mempermudah pengunjung untuk menuju ke Blemantung Waterfall.

wisata air terjun blemantung

Pesona Air Terjun Blemantung

Jika Anda ingin melakukan wisata religi ke Taman Pura Ayun, tidak ada salahnya untuk mampir ke Blemantung. Anda hanya perlu menempuh perjalanan 1 jam untuk mampir le Blemantung setelah menikmati keindahan Pura Ayun.

Blemantung waterfall menawarkan suasana sejuk khas pedesaan. Trek menuju lokasi ini pun sangatlah unik.

Melewati kebun kopi, harumnya bunga kopi pengantar menuju Blemantung

Untuk menuju Blemantung Anda harus melalui perkebunan Kopi. Jika anda melewati kebun kopi saat bunganya sedang mekar, maka perjalanan Anda akan diwarnai dengan harumnya bunga kopi yang menawan.

Sebagai informasi, Desa Pupuan sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Bali loh!

Saat berkunjung kesana, Anda bisa mencicipi kopi gilingan warga lokal dan menikmati keindahan alam sembari bersantai sejenak.

Menikmati indahnya pemandangan air terjun Blemantung

Air Terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini memiliki debit air yang cukup stabil dan tidak terlalu deras. Bahkan pada saat-saat tertentu airnya sangat kecil.

Namun tetap tidak mengurangi keindahan air terjun ini. Tebing tinggi dengan air yang mengalir tidak terlalu deras sungguh indah dipandang mata. Bonus pohon-pohon besar dengan akar gantung membuai pengunjung dalam alaminya suasana di Blemantung.

Mandi dan Berfoto

Terjunan Blemantung memiliki kolam penampung yang cukup luas dan tidak terlalu dalam. Pengunjung dapat menikmati sejuknya air terjun dengan mandi ataupun sekedar bermain air setelah menempuh trekking yang lumayan panjang.

Anda pun dapat mengambil momen untuk mengabadikan liburan di air terjun tersembunyi di Desa Pujungan. Berlatar kolam atau air terjun Pujungan yang mengalir indah pada celah tebing akan membuat foto Anda tampil estetis.

Namun harus diingat, saat mengambil foto Anda perlu berhati-hati karena area yang licin. Perhatikan area sekitar sebelum mengambil foto untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Memancing di Air Terjun Blemantung?

Nah untuk yang hobi memancing, apakah bisa memancing di kawasan Blemantung? Melihat kondisi aliran airnya yang tidak deras sangat memungkinkan untuk memancing ikan.

Namun sebelum Anda melakukannya, lebih baik Anda menanyakan hal tersebut pada pecalang. Pada pecalang Anda pun bisa menanyakan seputar larangan atau pamali yang berlaku di daerah wisata tersebut.

Hiking dan menelusuri dua air terjun tersembunyi lainnya

Bagi yang punya hobi olahraga hiking, Anda bisa menyalurkan hobi Anda dengan menyusuri kawasan Blemantung. Selain air terjun utama, terdapat dua air terjun lainnya yang jaraknya lumayan dekat.

Dua air terjun yang berdekatan dengan Blemantung waterfall ini treknya masih cukup sulit karena jarang dikunjungi oleh wisatawan. Tentunya ini menjadi tantangan bagi Anda yang hobi dengan petualangan rimba.

Jika Anda tertarik untuk menjajal trek menuju dua air terjun di sekitar air terjun Pujungan maka siapkan alat dan bekal yang memadai. Pastikan pakaian mu pun menunjang untuk melakukan kegiatan hiking ya!

Lokasi

Berada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali, air terjun ini dapat dijangkau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Denpasar.

Anda pun dapat mengunjungi kawasan wisata lainnya di sekitar desa Pujungan atau ikut paket wisata Camp di Desa Kopi yang tidak begitu jauh dari Blemantung waterfall.

Tiket dan jam operasional

Tidak ada tarif khusus untuk memasuki ke kawasan wisata Blemantung Waterfall. Anda hanya perlu menemui pecalang untuk meminta izin dan memberikan donasi seikhlasnya. Umumnya pengunjung memberikan uang masuk sekitar 20-30 ribu rupiah.

Pengunjung pun dapat bertanya pada Pecalang mengenai larangan-larangan yang berlaku di area wisata tersebut.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 08.00 - 18.00 WITA.

Penutup

Air terjun Blemantung merupakan air terjun tersembunyi di Desa Pujungan. Anda bisa menikmati wisata air asri yang belum terjamah oleh banyak orang. Ingat, sebelum berkunjung, Anda harus menyiapkan perbekalan yang lengkap karena di sekitar trekking belum tersedia warung penjual makanan ya. Selamat berkunjung!.

Post a Comment