Notifikasi

Loading…

Merasakan Sensasi Mandi di Air Terjun Tukad Cepung yang Tersembunyi

Air terjun Tukad Cepung merupakan salah satu air terjun terkenal di Bali. Sejak dibuka untuk umum, kawasan wisata ini menjadi favorit para wisatawan untuk menjajal keindahan alam yang berbeda.

Sampai-sampai, indahnya Lokasi ini mengundang atensi model internasional. Hasil jepretan yang menawan nan apik yang diunggah oleh sang foto model menjadikan lokawisata ini semakin viral.

Tidak hanya indah dipandang, pengunjung pun diperkenankan untuk bermain air dan merasakan sejuknya Tukad Cepung Waterfall.

air terjun tukad cepung bali

Air Terjun dalam Goa

Untuk menikmati indahnya air terjun Tukad Cepung, Anda harus melakukan trekking menuju lokasi. Jangan khawatir, trek sepanjang Tukad Cepung Waterfall sangat menyenangkan kok, mata Anda dijamin akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah nan mempesona.

Lintasan menuju goa tempat Tukad Cepung terbilang cukup baik. Jalan setapak sudah di cor, anak-anak tangga pun sudah ditembok dan memiliki pegangan. Setelah itu, Anda harus menyusuri sedikit jalan setapak kemudian anda akan sampai di lembah yang nantinya akan menghubungkan Anda pada Tukad Cepung.

Dari lembah, Anda masih harus menyusuri sungai agar sampai tempat ke Goa yang merupakan tebing-tebing yang bersinggungan. Sepanjang penyusuran sungai Anda akan dimanjakan dengan air sungai yang sejuk yang merupakan aliran dari air terjun Cepung.

Celah sempit bebatuan menjadi penanda bahwa lokasi air terjun sudah dalam jangkauan.

Perjalanan panjang selama kurang lebih 20-30 menit tadi terbayarkan saat Anda memasuki kawasan Goa tempat beradanya Tukad Cepung Waterfall.

Sensasi Mandi di Kolam Tukad Cepung

Suara gemericik dari jatuhnya air di Tukad Cepung Waterfall bagai irama alam yang menenangkan. Air yang sejuk serta trekking yang lumayan menantang menjadikan kolam cepung menjadi menarik untuk dinikmati.

Air terjun ini memiliki arus yang stabil dan tidak terlalu deras, tidak ada kolam khusus yang menampung limpasan air terjun ini. Pengunjung pun bebas untuk mandi atau sekedar main air di sekitar air terjun.

Bebatuan alam, termasuk tebing-tebing tinggi ditumbuhi lumut, dan rimbunan pohon tropis berpadu indah dengan pesona air terjun setinggi 15 meter dengan aliran airnya yang jernih, menjadi magnet bagi para wisatawan.

Belum lagi jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan efek sinar mentari yang menerobos celah bebatuan dan menghasilkan cahaya yang cantik. Biasanya efek tersebut muncul pada saat tengah hari.

Spot Instagramable, Jangan Lupa Berfoto

Setelah melewati perjalanan panjang, jangan lupa untuk mengabadikan pengalaman Anda dalam sebuah foto. Banyak spot menarik yang sangat instagramable dan menarik untuk membuat feeds sosmed Anda makin cantik. Mulai dari pintu masuk, bahkan area luar pun cocok untuk dijadikan latar foto kenangan.

Namun Anda tidak boleh melewatkan untuk berfoto di spot ikonik Tukad Cepung waterfall, yakni dengan latar air terjun dan batu besar yang membelakangi area luar. Anda pun bisa memotret suasana saat berenang untuk mengabadikan momen saat menikmati sejuknya kolam Tukad Cepung.

Melukat di Nawa Ratna

Selain panorama alam, Air Terjun Tukad Cepung menawarkan wisata spiritual melalui upacara Melukat. Melukat adalah sebuah upacara spiritual untuk membersihkan jiwa dan pikiran.

Sebelum memasuki area Tukad Cepung pengunjung biasanya akan diciprati air suci sebagai bentuk penyucian diri.

Namun jika Anda tertarik untuk khusus melakukan penyucian diri, Anda bisa mengikuti ritual penglukatan di Tirta Nawa Ratna yang letaknya beberapa meter dari air terjun. Masyarakat setempat percaya bahwa Tirta Nawa Ratna memiliki energi untuk membersihkan diri dari energi negatif.

Lokasi

Air terjun yang bernama Tukad Cepung berlokasi di wilayah Kabupaten Bangli. Tepatnya di Jalan Tembuku, Dusun Penida Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Jam operasional dan Tiket

Pihak pengelola membuka kawasan wisata ini mulai pukul 07.00 - 18.00 waktu setempat. Untuk memasuki area lokawisata Tukad Cepung, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 15,000,-/orang.

Penutup

Demikian tulisan kami mengenai air terjun Tukad Cepung, sebuah air terjun yang cukup fenomenal di Bali. Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Denpasar, Tukad Cepung layak Anda kunjungi saat pergi wisata ke Bali. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, jangan lupa untuk membawa baju ganti dan gunakan alas kaki yang ramah air ya.

Post a Comment