Wisata Kuliner Bali yang Unik? Cobalah Lawar! - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Wisata Kuliner Bali yang Unik? Cobalah Lawar!

Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Bahkan, bagi wisatawan mancanegara Bali lebih terkenal dibandingkan dengan Indonesia loh. Tidak lain tidak bukan, Bali terkenal karena tempatnya yang indah dan juga wisata kuliner Bali yang unik.

Beragam wisata kuliner Bali yang unik biasa disajikan pada ritual atau upacara adat tertentu. Salah satu diantaranya adalah lawar.

Lawar Makanan Khas Wisata Kuliner Bali yang Unik

Wisata Kuliner Bali yang Unik

Lawar termasuk salah satu kategori makanan khas Bali yang unik. Lawar biasa disajikan pada kegiatan upacara baik itu upacara adat ataupun keagamaan.

Walaupun lawan adalah panganan tradisi, namun tidak serta merta membuat makanan ini sulit ditemukan. Lawar dapat dengan mudah ditemui di berbagai pasar ataupun warung makan.

Lalu apa itu lawar?

Lawar merupakan makanan khas tradisional Bali yang menggunakan darah hewan sebagai salah satu unsur pelezatnya.

Campuran lawar yang terdiri dari sayuran, bumbu khas bali, terasi, daging cincang dan kelapa memiliki sensasi rasa tersendiri bagi penikmatnya. Lawar bagi masyarakat Bali tidak hanya sekedar makanan semata.
Bagi masyarakat Bali, makanan tradisional ini merupakan simbol keharmonisan dan keseimbangan.

Masing-masing bahan merepresentasikan dewa-dewa panutan masyarakat Bali.

Makna dari lawar yang sangat simbolis membuat panganan ini selalu hadir dalam hari raya. Lawar wajib tersedia saat acara potong gigi, pernikahan hingga upacara kematian.

Bahkan lawar akan hadir dalam acara pengangkatan atau pengukuhan pejabat penting.

Ngelawar dan Bahan-bahan Lawar Bali

Ngelawar sendiri merupakan proses membuat lawar. Prosesnya disebut dengan tradisi ngelawar. Tradisi ngelawar erat menunjukkan kebersamaan dan kesetaraan antara umat manusia.
Untuk membuat lawar diperlukan 3 macam bumbu dan sayuran khas.

Berikut 3 jenis bumbu untuk lawar:

Bumbu dasar terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Bumbu dasar tersebut diiris dan digoreng sampai matang.

Bumbu halus terdiri dari bumbu umbi, merica, dan kemiri yang dihaluskan kemudian digoreng.
Bumbu tambahan berupa terasi yang dihancurkan dan digoreng, gula merah, penyedap rasa, garam, limau, dan lainnya untuk memperkaya rasa lawar.

Sayuran yang biasa tersaji dalam lawar terdiri dari kacang panjang, pisang batu, nangka muda dan kelapa parut.

Jangan lupakan cincangan daging ayam, sapi, babi ataupun itik yang wajib ada pada lawar Bali. Dan bahan intinya yakni darah hewan sebagai pelezat lawar dan bahan yang membuat lawar ini unik.

Darah pada lawar khususnya lawar merah ini merupakan darah hewan setengah matang. Cita rasa khas dari darah setengah matang ini memberikan sensasi rasa tersendiri, dan tentunya meningkatkan cita rasa dari lawar Bali.

Fakta Lawar, Wisata Kuliner Bali yang Unik

Lawar terutama lawar merah merupakan panganan khas Bali yang terdiri dari sayuran yang dicampur dengan darah hewan. Inilah yang membuat kuliner satu ini dicap sebagai kuliner unik bahkan ekstrim.
Berikut fakta-fakta tentang lawar, makanan unik khas Bali:

Dicampur dengan darah hewan

Ya, lawar Bali khususnya lawar merah menggunakan darah hewan sebagai komposisinya. Darah hewan yang digunakan disesuaikan dengan cincangan daging yang digunakan. Jika lawar ayam, maka darah yang digunakan darah ayam. Jika lawar babi, maka darah yang digunakan adalah darah babi.

Sayuran dan bahannya direbus dulu

Bahan-bahan lawar kecuali bumbu semuanya tersaji dalam bentuk setengah matang. Sayur mayur direbus setengah matang kemudian dicampurkan dengan cincangan daging pada lawar.

Tidak tahan lama

Karena dicampur dengan darah, lawar tidak tahan lebih dari satu hari. Karenanya jika ingin menikmati lawar, makanlah selagi segar. Selain lebih lezat, lawar fresh juga minim kontaminan yang artinya lebih aman untuk dikonsumsi.

Makanan khusus ritual keagamaan dan budaya

Lawar tidak hanya sekedar sajian makanan rumah tangga belaka. Lawar wajib hadir dalam ritual keagamaan maupun budaya. Panganan tradisional ini sarat akan makna dan simbolisme. Lawar menunjukkan keharmonisan dan keseimbangan.

Bagaimana, setelah mengetahui fakta lawar, apakah foodies masih ingin mencicipi salah satu wisata kuliner Bali yang unik ini?

Jika masih penasaran, foodies bisa mampir ke tempat-tempat berikut ini ya!

Rekomendasi Lawar Bali Terbaik!

Bagi Foodies yang penasaran dengan lawar Bali, silahkan coba mampir ke tempat berikut ini dan nikmati sensasi unik dari Lawar Bali!

Lawar Kuwir Pan Sinar

Berada di Denpasar Bali, rumah makan lawar ini memiliki rating 4.5. Foodies bisa mengunjungi rumah makan lawar ini dari jam 7 malam waktu setempat.

Lawar Kuwir pan Sinar ini merupakan hidden gem, jadi mungkin foodies akan sedikit kesulitan menemukan tempatnya. Namun soal rasa, Lawar Kuwir pan Sinar juara!

Lawar Kuwir Men Koko

Bertempat di Canggu, rumah makan lawar ini memiliki rating 4.4. Lawar Kuwir Men Koko ini pun menyajikan Lawar versi halal loh!

Untuk menikmati menu lawar lengkap beserta minuman dan side dish sederhana, foodies cukup sediakan uang 50ribuan saja ya! 

Post a Comment