Notifikasi

Loading…

4 Rekomendasi Wisata Perkebunan di Bali yang Wajib Dikunjungi

Bali memang surga dunia yang wajib dikunjungi. Selain memiliki pantai yang menakjubkan, wisata perkebunan di Bali juga tak kalah indahnya. Wisata perkebunan di Bali tak hanya berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar namun juga mampu mengurangi alih fungsi lahan pertanian.

Yah, lahan pertanian di Bali memang sudah mulai menyempit karena adanya alih fungsi lahan pertanian. Dengan adanya wisata berkonsep perkebunan atau agrowisata ini, wisatawan bisa mempelajari lebih lanjut mengenai pertanian sekaligus menikmati buah segar langsung dari hasil petikan pohon, atau sekadar jalan-jalan menghirup udara segar.

wisata perkebunan di bali

Rekomendasi Wisata Perkebunan di Bali

Ada sekitar ratusan wisata perkebunan di Bali yang sedang dikembangkan, baik yang belum terkenal maupun yang sudah populer di mata publik. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Bali, berikut rekomendasi wisata bertema perkebunan yang wajib dikunjungi:

Bagus Agro Pelaga

Bagus Agro Pelaga bisa menjadi destinasi wisata perkebunan favorit saat berkunjung di Bali, Umumnya, agrowisata hanya mengembangkan jenis tanaman tertentu saja. Namun di BaguS Agro Pelaga, Anda bisa menemui berbagai aneka tanaman, baik sayuran, buah, dan bunga.

Anda juga bisa menemukan tanaman sehat yang dibudidayakan dengan sistem organik. Saat berkunjung, Anda juga bisa belajar proses bercocok tanam sekaligus membuat minyak kelapa dan gula aren. Bagi pecinta kopi, Anda juga bisa menikmati kopi siap minum saat berkunjung, loh. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di area wisata ini, Anda juga bisa menginap di villa yang tersedia di area tersebut.

Ketika lapar datang, Anda juga bisa memesan makanan lezat di restoran yang tersedia. Tersedia juga taman bermain anak untuk sang buah hati. Wisata perkebunan di Bali ini juga dekat dengan berbagai wisata populer lainnya, seperti Jembatan Tukad Bangkung dan Air terjun Nungnung.

Alas Harum Agro Tourism

Alas Harum Agrotourism berlokasi di sawah Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Berkunjung ke wisata perkebunan Bali ini akan membuat anda dimanjakan dengan pemandangan persawahan yang asri. Bagi Anda yang hobi berfoto, tempat wisata ini juga menyediakan spot foto unik, loh.

Jika Anda penggemar aktivitas ekstrim, Anda juga bisa bermain ayunan yang tingginya mencapai 20 meter di lokasi ini. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan alam yang luas dari ketinggian. Namun jika ingin duduk bersantai sembari menikmati udara segar, Anda juga bisa menikmati hidangan nikmat di restoran, menyusuri pematang sawah, atau melihat perkebunan kopi.

Anda juga bisa menikmati atraksi di atas lantai sawah terasering, seperti dancing bridge, bird nest, gorilla, hingga Glass Flooring. Selama berkunjung ke area wisata perkebunan di Bali ini, Anda akan ditemani oleh seorang pemandu wisata yang akan menjelaskan secara detail mengenai hal penting di Alas Harum.

Basanta Agro Organik

Hal unik dari wisata perkebunan satu ini adalah alunan musik tradisional Bali dan bangunan tradisional yang selalu siap menyambut pengunjung. Saat memasuki Basanta Agro Organik, Anda akan merasakan suasana kha Bali yang memikat. Anda juga bisa belajar proses pembuatan kopi luwak sembari menikmati panorama alam yang indah.

Basanta Agro Organik berlokasi di desa Sebatu, Kabupaten Gianyar. Lokasi wisata perkebunan satu ini sangat dekat dengan pusat pariwisata Ubud. Lokasinya yang terletak di pinggir jurang juga menyajikan pemandangan lembah yang hijau. Suasana di sini juga sangat tenang dan damai karena jauh dari hiruk pikuk kota.

Wisata perkebunan di Bali ini menyediakan banyak hal, mulai dari berbagai makanan yang lezat, berbagai tanaman khas Indonesia, hingga varian kopi. Bangunan yang ada di lokasi yang didesain dengan konsep tradisional dengan dominasi bahan-bahan alam.

Salak Sibetan

Salak Sibetan bukan sekadar wisata perkebunan karena area ini sudah berkembang menjadi desa wisata yang kaya akan adat dan budaya. Serupa dengan namanya, desa ini telah menjadi sentra penghasil salak Bali terbesar. Potensi yang ada dikembangkan menjadi wisata perkebunan untuk menarik kunjungan Timur.

Salak Sibetan berlokasi di Kabupaten Karangasem. Lokasinya berdekatan dengan Bukit Pemukuran dan Bukit Putung, yang membuat panorama desa ini semakin memukau. Di desa Salak Sibetan ini, Anda juga bisa belajar menanam buah salah hingga mengolahnya menjadi produk lain seperti dook, wine, atau kripik. Anda juga bisa membeli olahan salah untuk oleh-oleh orang tersayang.

Nah, itulah 4 rekomendasi wisata perkebunan di Bali. Jika bosan dengan wisata pantai, wisata perkebunan ini bisa menjadi alternatif liburan menyenangkan saat berada di Bali. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa belajar bercocok tanam selama berlibur.

Post a Comment