Notifikasi

Loading…

Mengenal Destinasi Wisata Pura Tanah Lot

   Tanah Lot

Tanah Lot memang menjadi destinasi wisata wajib saat mengunjungi Pulau Bali. Lepas pantai yang eksotis jadi daya tarik wisatawan mampir menengok keindahannya. Tak hanya itu, sisi historis Tanah Lot sendiri juga cukup legendaris.

Tanah Lot dan puranya adalah dua hal yang begitu erat. Pura ini hanya 300 meter dari bibir pantai. Jadi, Anda bisa menikmati pantai begitu selesai mengunjungi pura.

Tanah Lot, Tanah Eksotis

Tanah Lot

Tanah Lot bisa Anda jumpai di daerah Tabanan, atau sekitar 30 km kalau dari kota Denpasar. Tempat ini jadi favorit wisatawan karena keindahan panoramanya. Tak heran jika beberapa agensi fotografi juga menggunakan tempat ini sebagai latar pemotretan.

Anda juga bisa mudah menemukan kerajinan tangan produksi warga lokal yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dan jika Anda bertanya kapan waktu yang pas mengunjungi Tanah Lot, jawabannya ialah saat momentum Hari Odalan.

Odalan merupakan perayaan rutin yang dilangsungkan setiap 7 bulan sekali. Tidak jauh dengan hari besar lain seperti perayaan Kuningan maupun Galungan.

Pada momen inilah Anda bisa mendapati barisan perempuan Bali menyunggi persembahan menuju kuil Tanah Lot. Dan hanya pada momen Odalan inilah Anda dapat menyaksikan langsung keris Ki Batu Gajah yang legendaris itu.

Untuk menuju ke lokasi, Anda akan melewati pemandangan tanah kering sekaligus menanjak mengikuti kontur perbukitan. Rutenya tidak begitu sulit dan ada banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda sampai ke lokasi.

Area wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai bagi para wisatawan. Mulai dari penginapan, toilet, tempat parkir, sampai fasilitas kesehatan juga sangat akomodatif. Ada juga panggung terbuka yang bisa Anda manfaatkan untuk bersenang-senang.

Tidak sulit untuk menemukan restoran dengan pemandangan alam yang menawan. Cocok sebagai teman sarapan ataupun makan siang Anda. Ketika senja datang pun Anda bisa menikmati pendar matahari kembali ke peraduannya dengan begitu eksotis di ufuk barat.

Buktikan sendiri betapa menakjubkannya sunset di Tanah Lot dengan mata telanjang. Saksikan bahwa apa yang orang-orang bicarakan tentang keindahan matahari tenggelam itu benar adanya di lepas pantai Tanah Lot ini.

Pura di Tanah Lot

Tanah Lot

Bagi Anda yang berkunjung karena ingin sejenak menepi dari hiruk pikuk kehidupan metropolitan, Tanah Lot bukanlah jawaban yang keliru. Berjalan menyisiri pura menghadirkan ketenangan sendiri untuk batin Anda.

Pura di Tanah Lot sendiri tidak hanya ada satu titik saja. Ada banyak pura yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari Pura Jero Kandang, Batu Mejan, Pekendungan, Enjung Galuh, sampai Pura Batu Bolong dapat Anda susuri.

Pura yang tersebut terakhir merupakan salah satu pura yang unik. Pura ini merupakan bangunan yang terdapat di atas tempat tebing batu yang posisinya menjorok. Tak heran jika pura satu ini juga terkenal sebagai “fotokopi” Tanah Lot itu sendiri.

Banyak kesamaan antara keduanya terutama mengenai relief-reliefnya. Pura ini juga kerap jadi tempat ritual maupun upacara keagamaan penting berlangsung. Pura Batu Bolong jugalah muasal munculnya mata air yang cukup sakral.

Masing-masing pura memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Ada pura yang ramai warga kunjungi untuk meminta berkah kesehatan, ketenangan batiniah, maupun enteng jodoh. Bahkan, ada pura yang jika Anda minum mata airnya bisa meluruhkan segala energi negatif dan seketika merasa lebih bahagia dalam hidup.

Pura-pura yang ada di Tanah Lot ini memang menjadi destinasi wisata favorit di Bali. Sudah menjelma ciri khas dari daerah tersebut dan sayang jika Anda melewatkannya begitu saja. Rasanya seperti ada yang kurang dari pelesir Anda di Pulau Bali.

Bahkan, sampai ada ungkapan bahwa kalau pergi ke Bali, tapi tidak mengunjungi pura itu belum sah dikatakan mengunjungi Bali. Bali adalah pura, dan begitupun sebaliknya. Bali dan Pura seperti mengikat satu sama lain.

Pulau Bali memang populer akan pulau yang memiliki banyak sekali pura. Pastikan Anda mengunjungi https://www.indonesia.travel/id guna mendapatkan beragam info wisata menarik Tanah Lot lainnya.


Post a Comment