5 Gunung di Indonesia yang Wajib Didaki Sekali Seumur Hidup! - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

5 Gunung di Indonesia yang Wajib Didaki Sekali Seumur Hidup!

Gunung

Gunung jadi destinasi wisata bagi Anda yang menyukai hal-hal berbau tantangan dan adrenalin. Perasaan bangga dan senang membuncah begitu bisa sampai di puncak gunung dan menikmati indahnya panorama dengan mata telanjang.

Toh, tidak semua orang bisa menaklukkan pendakian gunung. Bagi Anda yang memang menyenangi aktivitas daki gunung, kami akan bagikan rekomendasi pendakian gunung terbaik yang bisa Anda catat.

Rekomendasi Gunung Pendakian di Indonesia

Dari sekian banyaknya gunung yang ada di Nusantara, berikut kami rangkumkan lima di antaranya. Bukan sebagai sebuah catatan mutlak, melainkan hanya referensi tambahan daftar gunung yang mungkin ingin Anda daki pada kemudian hari.

1. Gunung Merapi

Gunung

Dengan ketinggian hampir 3000 mdpl, Gunung Merapi masih berdiri kokoh sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia, bahkan dunia. Gunung ini cukup legendaris di kalangan para pendaki maka kurang lengkap rasanya jika belum menjajal mendaki gunung satu ini.

Air jernih yang mengairi kaki gunungnya berasal dari bendungan air waduk yang ada di atasnya. Bendungan tersebut kerap menjadi spot foto andalan saat mendaki Merapi. Anda bisa mencobanya sendiri dan abadikan momen tersebut dengan membagikannya di akun medsos pribadi.

2. Gunung Gede

Gunung

Selain Merapi, Jawa juga memiliki gunung dengan kawah aktif lainnya di dataran Sunda. Gunung tersebut adalah Gunung Gede, yang tidak bisa Anda definisikan “milik” siapa karena mencakup tiga wilayah, yakni Cianjur, Bogor, dan Sukabumi.

Anda akan berdiri di atas 2.958 mdpl saat sudah mencapai titik puncak Gunung Gede. Satu hal yang ikonik dari gunung ini adalah bunga edelweiss yang bisa Anda petik saat mencapai puncaknya. Mengingat, tidak setiap gunung terdapat bunga semacam itu.

Selama mendaki, nantinya Anda akan menyelami rindangnya hutan tropis, beberapa sumber mata air panas, dan mata air alami pegunungan. Anda bisa mulai mendaki melalui pos di Kebun Raya Cibodas dan bertemu para pendaki lainnya di sana.

3. Gunung Rinjani

Gunung

Gunung satu ini mungkin sudah kerap Anda dengar karena kerap muncul di beragam film-film Indonesia. Rinjani begitu identik dengan kalderanya yang menawan dan khas. Daya tarik yang akan sukar Anda tolak untuk tidak mendakinya.

Rinjani merupakan gunung yang ada di Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Pulau Lombok. Panorama di puncak gunung ini luar biasa indahnya sehingga kerap membuat para pendaki enggan mau turun pulang.

Horizon langit yang syahdu dan lengkukan kaldera yang serupa bulan sabit jadi ciri khas Rinjani yang kerap membuat para pendaki ingin datang lagi dan lagi. Maka tidak heran jika banyak pendaki begitu “mencintai” gunung satu ini.

4. Gunung Semeru

Gunung

Semeru menjadi gunung yang cukup menantang bagi pendaki pemula. Kehadiran kawahnya membuat orang yang mendaki gunung ini wajib waspada sebab abu vulkanik senantiasa dimuntahkan dalam waktu 20 menit sekali.

Oleh karena level keamanannya lebih riskan, para pendaki mesti mendaftarkan trip pendakian mereka terlebih dahulu sebelum naik ke puncak. Ini sebagai upaya preventif agar para pendaki bisa lebih terpantau sejak keberangkatan hingga purna pendakian.

5. Gunung Tambora

Gunung

Selain Rinjani, NTB juga punya gunung lain yang tidak kalah mempesonanya, yakni Gunung Tambora. Jika Rinjani ada di Pulau Lombok, Tambora terletak di pulau lainnya, yakni Sumbawa.

Gunung satu ini cukup historis karena dua abad silam pernah melahirkan erupsi yang begitu dahsyatnya. Tambora merupakan gunung tipe Strato Vulkanik. Maksudnya, gunung ini tercipta lantaran proses sedimentasi piroklastik yang kontinu.

Pusat gunung terdapat kaldera di dalamnya. Seperti Rinjani, kaldera gunung Tambora ini juga tidak kalah memikat. Bahkan, banyak pendaki yang rela menaklukkan Tambora hanya demi menyaksikan kalderanya.

Dari uraian lima gunung yang sudah Anda baca baru saja, mungkin beberapa di antaranya sudah pernah Anda daki. Namun, buat yang belum, sepertinya sayang jika Anda lewatkan begitu saja ketika ada kesempatan luang mendaki.

Untuk informasi seputar gunung-gunung lainya, bisa Anda baca di https://www.indonesia.travel/id. Akan ada banyak wawasan dan pengetahuan baru yang akan Anda dapat dengan mengunjungi laman tersebut, khususnya hal ihwal pendakian gunung.


Post a Comment