5 Destinasi Wisata di Bali Nusa Tenggara Anti Mainstream - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

5 Destinasi Wisata di Bali Nusa Tenggara Anti Mainstream

Berbicara tentang wisata di Indonesia, pasti nggak akan ada habisnya. Karena ada ribuan destinasi wisata di Indonesia yang cantik-cantik dan sulit untuk dilewatkan. Pulau Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau yang menyimpan sejuta pesona. Berikut destinasi liburan anti mainstream di Bali Nusa Tenggara untuk Anda.

1. Bukit Wairinding


Tempat wisata ini letaknya di Sumba Timur, NTT, tepatnya di Kota Waingapu. Bukit Wairinding menawarkan pemandangan savanna yang sangat menakjubkan. Anda bisa datang ke bukit ini sepanjang musim. Baik musim hujan maupun musim kemarau.

Jika Anda datang di musim kemarau, bukit akan menguning, sehingga Anda serasa berada di Afrika. Sedangkan di musim hujan, bukit akan menghijau, dan Anda akan merasa seperti berada di Selandia Baru.

Karakteristik bukit Wairinding ini sangat unik dan berundak-undak, lanskap yang ditawarkan sangat cantik untuk berfoto dan memanjakan mata Anda, sambil menikmati semilir angin. Selain bukit, apa saja yang bisa Anda saksikan di tempat ini? 

Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di Bukit Wairinding. Sunset di Bukit Wairinding sangat cantik. Namun udara akan terasa sangat dingin, jadi Anda harus mempersiapkan outfit Anda dengan baik.

Jika Anda hendak berkunjung di Bukit ini sebaiknya datang pada hari biasa dan jangan datang pada siang hari karena matahari sangat terik dan panas.

2. Wae Rebo


Bagi Anda yang suka dengan wisata budaya, Anda bisa berkunjung ke desa adat Wae Rebo ini. Selain wisata budaya, tentunya Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya di lokasi ini.

Wae Rebo yang memiliki julukan Negeri di Atas Awan ini terletak di Kabupaten Manggarai. Untuk mencapai desa ini Anda harus naik gunung selama empat hingga lima jam. Perjalanan yang melelahkan ini akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan.

Di desa ini, Anda bisa tinggal di rumah penduduk lokal dan merasakan kehidupan sebagai warga lokal. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini seperti belajar membuat tenun khas Wae Rebo, menumbuk padi dan kopi.

3. Pantai Koka


Jika Anda ingin menjelajahi pantai yang masih alami dan tersembunyi, Anda bisa pergi ke Pantai Koka. Pantai ini terletak di Kabupaten Sikka, tepatnya di Desa Wolowiro, untuk menemukan lokasinya, Anda bisa melihat detail alamatnya di Google Maps. 

Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang mempesona. Anda bisa menikmati pantai ini dengan nyaman karena belum ada banyak pengunjung. Anda juga bisa bermalam di pantai ini. Selain itu di sekitar pantai juga ada homestay, jika Anda lebih memilih untuk bermalam di penginapan. 

Di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, naik bukit di Pantai Koka, atau sekedar menikmati semilir angin sambil makan ikan bakar atau minum es kelapa muda. 

Selain itu, senja di pantai Koka juga sangat indah. Dan ketika air surut, Anda bisa masuk ke Gua Lia Wioyang yang dalamnya 500 meter. Di gua ini, Anda bisa melihat keindahan stalaktit dan stalagmit. 

4. Desa Wisata Sade 



Berikutnya Anda menuju ke Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Lombok. Anda akan menemukan sebuah desa wisata yang adatnya masih sangat kental, yaitu Desa Wisata Sade. 

Desa Wisata Sade merupakan rumah bagi suku sasak. Rumah di Desa Sade terbuat dari anyaman bambu untuk dindingnya sedangkan atapnya terbuat dari alang-alang. Uniknya, rumah mereka tidak akan bocor meski sedang hujan, dan ketika gempa yang lalu, rumah ini tetap berdiri kokoh. 

Anda bisa membeli tenun yang dibuat oleh warga Sade ketika berkunjung di sini. Anda juga bisa belajar menenun dari penduduk lokal. 

5. Savanna Tianyar 


Bali identik dengan wisata pantai dan wisata budayanya yang kental. Namun, Bali juga menawarkan paket komplit. Jika Anda suka mendaki, ada banyak gunung cantik untuk didaki. 

Selain itu, ternyata di Bali juga ada savanna. Lokasi eksotis ini belum diketahui oleh banyak orang. Anda bisa menjumpai savanna ini di Kabupaten Karangasem, tepatnya di Kecamatan Kubu. 

Di sini Anda bisa bermalam dan menyaksikan indahnya malam bertabur bintang. Suasana di Savana Tianyar ini seperti di Savana Afrika terutama pada musim kemarau. Latar belakang Gunung Agung semakin menambah keelokan lanskap di Tianyar. 

Demikian tadi 5 destinasi wisata di Bali Nusa Tenggara yang bisa Anda jelajahi bersama orang-orang kesayangan Anda. Yuk, atur rencana liburan!. Semoga bermanfaat 


Post a Comment