Notifikasi

Loading…

Begini Tips Memulai Usaha Konveksi Dengan Modal Kecil

 Tips memulai bisnis konveksi dengan modal kecil

 Mengapa modal rendah dipandang sebagai penghalang untuk memulai bisnis konveksi?


Sekilas, Anda sudah bisa memperkirakan berapa modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis konveksi. Mengingat jumlah alat dan mesin yang dibutuhkan dalam produksi, berbagai bahan yang perlu disediakan, dan penjahit terampil yang perlu direkrut untuk melakukan produksi, perhitungan kasar di depan mata kita, puluhan bahkan ratusan jutaan. Belum lagi tempat produksi yang juga harus ditentukan. Semakin banyak mesin jahit dan karyawan, semakin besar kebutuhan ruang.

Sebagai contoh, misalkan kita sedang menghitung untuk sebuah perusahaan konveksi yang masih berbentuk rumah tangga dan memiliki karyawan tidak lebih dari sepuluh. Dengan sepuluh orang ini, mungkin diperlukan setidaknya sepuluh mesin jahit dengan spesifikasi berbeda. Beberapa bertanggung jawab untuk menjahit, menjahit, memotong kain dan sebagainya. Tentu saja, sepuluh orang ini juga membutuhkan ruang kerja dengan ukuran berbeda. Dibutuhkan sepuluh mesin dengan fasilitas manufaktur yang memadai untuk menampung mereka.

Katakanlah bisnis masih dalam skala domestik jadi tempatnya adalah rumah tetapi bukan tempat tinggal karena membutuhkan tempat yang lebih besar. Biayanya biaya sewa bahkan mungkin membelinya. Kemudian sepuluh karyawan itu membayar, mereka membutuhkan setidaknya 20-25 juta per bulan, dengan asumsi gaji per orang adalah 2-2,5 juta. Fasilitas produksi juga tidak murah. Dari kisaran harga 2-10 juta lebih per motor. Kemudian pembelian kain, benang dan aksesoris lainnya juga tidak murah, karena semakin banyak Anda membeli dari agen maka akan semakin murah harganya.

Itu belum termasuk kebutuhan air, listrik dan lain-lain untuk operasional sehari-hari. Dari perincian kasar ini, bisa kita bayangkan berapa puluh juta yang dibutuhkan untuk memulai bisnis konveksi tingkat rumahan, apalagi yang besar seperti garmen?

Nah, besarnya biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis konveksi ini cukup untuk menghalangi para pengusaha baru yang ingin bekerja di bidang konveksi. Kebutuhan modal yang sangat besar ini menjadi salah satu jawaban mengapa sepertinya tidak mungkin memulai perusahaan konveksi dengan modal kecil. Namun, di era yang berubah ini, semua sektor bisnis mengalami gangguan. Hal-hal lama yang dianggap tidak relevan dengan kondisi saat ini lambat laun mulai ditinggalkan dan digantikan dengan kebiasaan baru yang sangat tidak lazim, salah satunya membuka usaha konveksi dengan modal kecil.

Dulu, ide memulai bisnis konveksi dengan modal kecil terdengar tidak masuk akal, namun sekarang sangat memungkinkan. Ya, solusinya adalah kemitraan konveksi. Kemitraan konveksi ini menjadi jawaban bagi para pengusaha muda yang ingin memulai bisnis konveksi ini meskipun modalnya sangat terbatas. Seperti apa kelihatannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kemitraan bisnis adalah solusinya

Kemitraan mendorong kolaborasi yang menguntungkan kedua belah pihak. Kemitraan ini dapat dilakukan dengan perusahaan lain di bidang yang sama atau berbeda. Kemitraan dapat dilakukan dengan berbagi beban modal, berbagi tugas produksi, atau berbagi tugas pemasaran.

Jika Anda baru memulai bisnis ini, Anda tidak perlu menyiapkan semua peralatan sendiri, atau menyewa dan membayar staf Anda sendiri. Anda dapat melakukannya dengan bekerja sama dengan penjahit lepas yang Anda kenal atau profesional yang mendapatkan layanan menjahit. Kami tidak perlu membayar mereka karena tidak menjadi karyawan kami. Jika kami memiliki jaringan penjahit yang andal, kami dapat berbagi pekerjaan dengan mereka dan membayar berdasarkan penjualan pekerjaan. Dengan cara ini kita bisa terus berproduksi tanpa harus menyediakan alat produksi dan penjahit sendiri.

Pilihan lainnya, jika Anda adalah mitra pemasaran, Anda dapat meminta bantuan mitra pemasaran Anda untuk memasarkan merek bisnis konveksi Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan strategi pemasaran karena sudah ada mitra bisnis yang lebih kompeten untuk itu. Anda juga tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk memasarkan produk Anda secara khusus, karena ada mitra yang mengurusnya. Biaya berkurang jauh lebih murah karena pembayaran per proyek atau bagi hasil.

Kemitraan ini tidak hanya menguntungkan bagi kami, tetapi juga membantu profitabilitas para penjahit di daerah kami. Anda bisa

Post a Comment