Begini Penjelasan Asuransi Kecelakaan di Dalam Pesawat - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Begini Penjelasan Asuransi Kecelakaan di Dalam Pesawat

Pernahkah Anda mendengar tentang asuransi kecelakaan pesawat? Sepertinya istilah ini cukup familiar, terutama bagi teman-teman yang sering bepergian menggunakan pesawat. Asuransi ini biasanya sudah termasuk dalam tiket pesawat yang dibeli. Tapi apakah Anda pernah atau sudah tahu cara klaim asuransi kecelakaan pesawat?

 

Mari kita tinjau artikel ini untuk memastikan tidak ada dokumen yang terlewatkan saat Anda melamar nanti!




 

Apa itu asuransi kecelakaan penerbangan

Sebelum kita melanjutkan, mari kita bahas sedikit tentang pentingnya asuransi kecelakaan pesawat.

 

Asuransi kecelakaan pesawat merupakan produk yang menawarkan santunan berupa sejumlah dana apabila terjadi peristiwa yang tidak menyenangkan akibat kecelakaan pesawat.

 

Ada pilihan konvensional dan Syariah untuk jenis asuransi ini. Selain itu, asuransi kecelakaan penerbangan merupakan salah satu dari beberapa jenis produk asuransi umum. Mengapa asuransi umum? Karena kerusakan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah kerusakan yang terjadi pada benda mati. Berbeda dengan asuransi jiwa, yang menjamin kerugian yang diderita orang.

 

Jenis-jenis asuransi kecelakaan penerbangan

Ada dua jenis asuransi kecelakaan penerbangan yang umum beredar di Indonesia. Jadi, inilah 2 jenis asuransi kecelakaan penerbangan yang berhasil digabung :

 

1. Penerbangan ( Aviation )

 

Seperti namanya, jenis asuransi kecelakaan penerbangan ini melindungi nilai finansial penumpang penerbangan bisnis Anda jika terjadi kecelakaan pesawat selama penerbangan. Awak kapal juga diberi kompensasi dengan jenis asuransi kecelakaan penerbangan ini.

 

Risiko atau kejadian buruk yang ditanggung oleh perusahaan asuransi kerugian keuangan meliputi:

 

·      Kerusakan pada pesawat

·      Kompensasi untuk pengiriman

·      Ada pembajakan atau terorisme

Jumlah nominal kompensasi yang diterima penumpang dan awak jika terjadi salah satu risiko di atas tergantung pada peraturan masing-masing perusahaan.

 

2. Kecelakaan Diri ( Personal Accident )

Tipe kedua adalah kecelakaan diri. Jika dalam penerbangan perlindungan hanya dapat diperoleh jika terjadi sesuatu pada pesawat, maka kecelakaan penumpang merupakan produk asuransi kecelakaan penerbangan yang melindungi setiap penumpang dari segala risiko yang terjadi selama penerbangan sampai dengan akhir penerbangan.

 

Jadi, jika Anda ingin terlindungi dari risiko dalam penerbangan bisnis, Anda disarankan untuk mengambil bentuk asuransi kecelakaan penerbangan ini. Ciri-ciri penerbangan dinas yang bersangkutan adalah:

 

·      Teman telah terdaftar sebagai penumpang

·      Jika Anda memutuskan untuk menerbangkan penerbangan komersial, maskapai harus memiliki jadwal penerbangan reguler

·      Jika Anda memilih untuk terbang secara non-komersial, maskapai yang dipilih harus terdaftar sebagai maskapai penerbangan

·      Penerbangan dioperasikan oleh kru profesional di bandara yang terpelihara dengan baik.

 

Cara mengajukan Asuransi Kecelakaan Pesawat

 

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat mengajukan klaim asuransi kecelakaan pesawat. Perkiraan jumlah nominal uang yang akan diterima akan bervariasi tergantung pada faktor ini.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat mengajukan klaim asuransi kecelakaan pesawat. Perkiraan jumlah nominal uang yang akan diterima akan bervariasi tergantung pada faktor ini.

 

Setidaknya ada 7 langkah untuk mengklaim asuransi pesawat sebagai berikut:

 

1.     Siapkan dokumen yang diperlukan

Cara pertama untuk mengajukan klaim adalah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Beberapa orang tidak peduli sama sekali. Namun, melakukan proses ini terlebih dahulu dapat menghemat banyak waktu.

 

Dokumen yang diperlukan adalah:

 

·      Tiket penerbangan

·      Label klaim atau bukti pendaftaran bagasi

·      Air waybill atau bill of lading

·      Bukti lain yang dapat mendukung dan dibenarkan

Surat keterangan dari pejabat yang berwenang yang membuktikan kerusakan penumpang atau harta benda mereka yang disebabkan oleh pengoperasian pesawat (jika Anda adalah pihak ketiga)

2.     Isi formulir aplikasi

Anda dapat menghubungi layanan pelanggan dari perusahaan asuransi yang mengeluarkan polis terkait untuk mendapatkan formulir tersebut. Formulir tersebut biasanya juga tersedia di situs web perusahaan asuransi.

 

3.     Lampirkan surat keterangan kecelakaan dari kepolisian

Dalam hal terjadi kerusakan pesawat terbang, harus dilampirkan surat keterangan kecelakaan dari kantor polisi terdekat sebagai lampiran.

 

4.     Sertakan surat keterangan kematian dari rumah sakit

Fungsi akta kematian adalah untuk mengkonfirmasi penyebab kematian korban. Karena jika penyebab kematian tidak terkait dengan aktivitas penerbangan, kemungkinan besar perusahaan asuransi tidak akan memberikan santunan.

 

Pastikan akta kematian yang diterima telah dilegalisir.

 

5.     Menyerahkan bukti identitas pemegang polis dan ahli waris

Dokumen identitas yang dimaksud bukan sekedar kartu identitas. Teman juga bisa melampirkan kartu keluarga, akta nikah dan akta kelahiran sebagai bukti. Menyesuaikan bukti identitas yang disajikan dengan hubungan antara pemegang polis dan ahli waris. Contoh: Buku Nikah jika pemilik polis dan ahli warisnya adalah suami istri; Kartu keluarga dan akta kelahiran jika pemegang polis dan ahli warisnya adalah orang tua dan anak.

 

6.     Lampirkan polis asuransi

Tentu saja, polis asuransi yang ada juga disertakan. Tidak perlu dicetak karena sebagian besar perusahaan asuransi telah mengadopsi e-policies atau polis elektronik.

 

Namun, jika Anda memiliki polis tercetak dan hilang, ada alternatif lain. Sertakan surat keterangan ketidakhadiran polis dari kepolisian saat mengajukan permohonan.

 

7.     Berikan nomor rekening ahli waris

Walaupun tahap ini berada di urutan terakhir, namun memberikan nomor rekening sangat penting ya sob. Sekali lagi, pastikan bahwa dokumen yang Anda kirim dapat dibaca. Nama dan nomor rekening juga sesuai dengan data pribadi yang diberikan.

 

Karena jika pernyataan klaim dapat diterima, penggantian uang yang diberikan tentu saja akan dilakukan melalui nomor rekening yang dikirimkan dalam file.

 

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang apa itu asuransi kecelakaan pesawat, apa saja jenisnya, dan bagaimana cara klaim asuransi kecelakaan pesawat. Dengan mengetahui cara mengajukan klaim terlebih dahulu, setidaknya Anda akan merasa tenang jika risiko itu muncul suatu hari nanti.

 

Semoga informasinya bermanfaat. Untuk mendapatkan produk perlindungan syariah bagi sahabat, Wakalahmu sebagai pasar asuransi syariah terkemuka di Indonesia hadir menawarkan berbagai macam produk sesuai kebutuhan Anda.

 

Post a Comment