Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Tertinggi Di Dunia

Gunung tertinggi di dunia telah mempesona orang sejak awal waktu, dan berikut adalah beberapa fakta tentang mereka yang mungkin tidak Anda ketahui.

Dunia ini penuh dengan fenomena alam dan pemandangan yang menakjubkan dan salah satu yang paling menarik adalah pegunungan. Bagi pejalan kaki, gunung adalah kesempatan untuk menjelajahi apa yang banyak orang belum bisa jelajahi. Meskipun banyak dari gunung-gunung ini bisa sangat sulit didaki, manusia telah membuktikan diri mampu melakukan banyak hal dengan mendaki ke puncak bahkan yang tertinggi.

Namun, banyak orang yang belum cukup mengetahui tentang pegunungan ini. Yang benar adalah bahwa ada banyak yang harus dipelajari tentang gunung tertinggi di dunia. Fakta mereka akan mempesona banyak orang karena mereka akan mengejutkan. Berikut adalah daftar 10 gunung tertinggi.



Gunung Everest - Himalaya

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dan ditemukan di Himalaya. Everest ditemukan di perbatasan Tibet dan Nepal. Gunung Everest berdiri di 8848 meter di atas permukaan laut. Orang pertama yang mendaki gunung itu adalah Tenzing Norgay dan Sir Edmund Hillary pada tahun 1953. Gunung Everest sangat tinggi dan berada di lingkungan yang sangat berbahaya sehingga satu orang meninggal di sana setiap tahun dalam dekade terakhir.


Gunung K2 – Pakistan

Gunung K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia dan ditemukan di Pakistan. Gunung K2 berdiri pada ketinggian 8611 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ditemukan di jajaran Karakoram dan ada beberapa puncak di jajaran ini. Itu juga disebut Gunung Liar. 

Diberi nama gunung ini karena sulitnya mendaki ke puncak. Kesulitan mendaki Gunung K2 begitu banyak sehingga satu dari empat orang yang mendaki gunung telah meninggal. Pak Ardito Desio akhirnya memimpin tim pada pendakian pertama menuju puncak.


Kangchenjunga

Kanchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia dengan ketinggian 8586 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ditemukan di perbatasan Nepal dan India. Letaknya di bagian selatan Gunung Everest. Menariknya, gunung ini pada awalnya dianggap sebagai yang tertinggi di dunia hingga tahun 1852. 

Gunung ini diketahui memiliki tingkat kematian 22% saat mendaki. Hal ini disebabkan oleh kondisi yang buruk dan longsoran yang kuat. Diketahui bahwa pendaki pertama ke gunung itu menghentikan pendakian mereka tepat di bawah puncaknya, dan menepati janji penguasa Chogyal setempat bahwa puncak itu tetap tidak tersentuh.


Lhotse – Himalaya

Himalaya adalah rumah bagi beberapa gunung termasuk gunung Lhotse yang merupakan tertinggi keempat dengan ketinggian 8516 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ditemukan di wilayah otonomi Tibet/Nepal. Letaknya sangat dekat dengan Gunung Everest. 

Fakta yang menarik adalah bahwa baik Gunung Everest dan Lhotse memiliki rute pendakian yang sama. Ini sampai kamp 3 Everest tempat mereka berangkat. Banyak orang juga membicarakan Lhotse sebagai saudara kandung Gunung Everest yang diabaikan.


Gunung Makalu - Nepal

Gunung Makalu merupakan gunung tertinggi kelima dengan ketinggian 8.481 meter di atas permukaan laut. Itu ditemukan di sisi tenggara Gunung Everest. Gunung ini juga terdapat di perbatasan China dan Nepal. Ini pertama kali didaki oleh William Siri yang memimpin tim Amerika selama musim semi 1954. 

Jalur pendakian utama untuk gunung ini adalah Northwest Ridge dan Southeast Ridge. Hal ini ditemukan di sisi timur Nepal. Gunung ini dikenal memiliki beberapa kondisi yang menguntungkan untuk didaki dibandingkan dengan empat gunung pertama yang tercantum di sini.


Cho Oyu

Berdiri di 8201 meter di atas permukaan laut, Cho Oyu dianggap sebagai gunung pendakian yang moderat dibandingkan dengan gunung lainnya. Gunung ini juga merupakan titik awal yang baik bagi pendaki pemula yang ingin berlatih untuk mencapai Himalaya yang tinggi. 

Itu juga ditemukan di perbatasan Tibet dan Nepal. Banyak pendaki mencoba gunung Cho Oyu karena relatif lebih mudah diakses daripada yang lain. Ini juga memiliki tingkat batuan yang baik yang membuatnya lebih baik. Juga mudah untuk menampung sekelompok besar pendaki di wilayah ini.


Dhaulagiri – Nepal

Gunung Dhaulagiri berdiri di 8167 meter dan ditemukan di Nepal. Ini adalah gunung yang sangat menakjubkan yang pertama kali didaki pada 13 Mei 1960. Dhaulagiri juga terkenal karena menawarkan visibilitas terbaik dari Sirkuit Annapurna yang hanya berjarak 34 km. Ini adalah pemandangan yang menarik. Namun, ada jurang pemisah yang sangat besar yang disebut Ngarai Kaligandaki.


Manaslu - Nepal

Manaslu adalah gunung tertinggi kedelapan di dunia dan ditemukan di Nepal. Gunung ini berada di bagian tengah Nepal dan dekat perbatasan Tibet. Manaslu memiliki puncak yang berdiri di 8163 meter dan dapat diakses menggunakan wajah Timur Lautnya. 

Medannya juga mirip dengan Everest. Ini adalah medan yang sangat mengesankan dan tantangan bagi banyak pendaki gunung. Orang pertama yang mendaki gunung Manaslu adalah Sherpa Norbu dan Toshio Imanishi dari Nepal pada tahun 1956. Bagi banyak pendaki Jepang, mencapai puncak gunung ini ada dalam daftar ember mereka.


Nanga Parbat - Pakistan

Nanga Parbat adalah gunung dengan ketinggian 8.126 meter dan ditemukan di daerah Gilgit-Baltistan Pakistan. Gunung ini juga disebut "Diamer" yang merupakan nama lokal yang berarti "gunung besar". Dengan berdiri di dasar gunung Fairy Meadows, pemandangannya menakjubkan. 

Namun, gunung ini sangat berbahaya dan sulit didaki. Itu juga dijuluki "Gunung Pembunuh" karena banyaknya orang yang meninggal saat mencoba mendaki. Seseorang perlu melengkapi diri dengan peralatan terbaru untuk memudahkan pendakian.


Annapurna – Nepal

Annapurna adalah gunung tertinggi ke-10 di dunia. Ini adalah gunung yang populer untuk trekking. Namun, gunung ini masih memiliki tingkat kematian 32% sehingga menjadikannya yang tertinggi. Bagian paling populer dari gunung ini adalah trek Sirkuit Annapurna dan memungkinkan pengunjung untuk memiliki pemandangan Dhaulagiri yang indah. Annapurna berdiri di 8091 meter dan berada di Nepal.

Post a Comment for " Gunung Tertinggi Di Dunia"