Domain dan Hosting | Apa Perbedaan antara Domain dan Hosting - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Domain dan Hosting | Apa Perbedaan antara Domain dan Hosting

Ingin tahu perbedaan antara domain dan hosting? Ingin tahu mengapa keduanya sering datang bersama? Umumnya pemula mempunyai pertimbangan ini, sementara beberapa bahkan juga tidak paham jika itu ialah hal yang terpisah.

Itu terutama karena nama domain dan hosting web diperlukan bersama untuk membuat situs web. Namun, mereka bukan satu hal.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu domain dan hosting, cara kerjanya, dan perbedaannya satu sama lain.



Apa itu Nama Domain?

Nama domain adalah alamat situs web Anda di internet tempat orang dapat mengakses situs web Anda. Ini ialah suatu hal yang diketik pemakai internet di bilah URL browser untuk berkunjung situs Anda.

Misalnya, nama domain di salah satu situs web adalah monsterinsights.com.

Nama domain memiliki dua bagian yang dipisahkan oleh titik. Bagian pertama adalah nama merek Anda yang dapat memiliki kombinasi huruf dan angka, seperti MonsterInsights, sedangkan bagian kedua adalah ekstensi domain seperti .com, .org, .net, .com.uk, dll.

Setiap domain adalah alamat web yang unik. Ini berarti hanya ada satu monsterinsights.com di dunia.


Apa itu Web Hosting?

Situs hosting ialah area untuk menyimpan file content web Anda. Ini seperti rumah dari situs web Anda.

Bila nama domain Anda ialah alamat rumah Anda, karena itu rumah sebetulnya ialah server hosting Anda. Anda membutuhkan nama domain dan hosting situs untuk membikin website.

Saat pengguna mencoba mengakses situs web Anda dengan memasukkan alamat web Anda (nama domain) di bilah URL browser, nama domain mengarahkan mereka ke file yang disimpan di server web. Kemudian, mereka dapat melihat situs web Anda secara online.


Nama Domain vs Web Hosting – Apa Bedanya?

Nama domain dan web hosting adalah dua hal yang berbeda; Namun, mereka terkait erat. Anda membutuhkan nama domain dan account hosting situs untuk membikin website. Ini memiliki arti Anda tidak bisa membuat website tanpa satu diantaranya.

Untuk memulai, Anda dapat memilih nama domain dan mendaftarkannya ke perusahaan pencatat domain. Dengan sebagian besar perusahaan domain, Anda dapat mendaftarkan nama domain untuk jangka waktu minimal 1 tahun. Anda perlu memperbarui domain Anda sebelum kedaluwarsa untuk terus menggunakannya.

Selanjutnya, Anda dapat membeli paket hosting dan menautkannya dengan nama domain Anda. 

Kemudian, Anda bisa memasang piranti lunak website (misalkan, WordPress), memasang alat dan plugin, dan menambah content ke website Anda.


Bisakah Saya Membeli Domain dan Hosting dari Perusahaan yang Sama?

Ya kamu bisa. Anda dapat membeli domain dan akun hosting dari perusahaan yang sama atau dari perusahaan yang berbeda.

Jika Anda membeli domain dan hosting dari perusahaan yang sama, proses setup menjadi sedikit lebih mudah karena Anda tidak perlu mengubah pengaturan nama domain. Itu penyebabnya banyak beberapa perusahaan mulai tawarkan ke-2 service itu secara bertepatan.

Bluehost adalah salah satu perusahaan yang menawarkan layanan domain dan hosting dengan biaya yang wajar. Ini menawarkan kesepakatan eksklusif untuk pengguna WordPress yang memberi Anda nama domain gratis pada pembelian paket hosting WordPress apa pun.

Biasanya, nama domain berharga $14,99/tahun, dan paket hosting web berharga sekitar $7,99/bulan. Namun, kesepakatan hosting WordPress Bluehost memungkinkan Anda untuk membeli hosting serendah $2,75 / bulan yang merupakan diskon 60% dari harga biasa. Ini juga memberi Anda nama domain gratis dan sertifikat SSL gratis.

Menggunakan Bluehost tidak hanya membuat proses penyiapan situs web menjadi mudah, tetapi juga menghemat banyak uang Anda.

Jika Anda ingin mendaftarkan nama domain dari perusahaan domain yang berbeda, Anda dapat mendaftar dengan salah satu perusahaan pendaftaran domain teratas ini.

Domain.com

GoDaddy

NameCheap

DreamHost

Dan, jika Anda menginginkan alternatif Bluehost untuk web hosting, Anda dapat membeli dari salah satu perusahaan hosting top berikut.

SiteGround

HostGator

InMotion Hosting

Kami harap artikel ini membantu untuk memahami perbedaan antara nama domain dan hosting. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang layanan hosting WordPress terkelola terbaik dan cara membuat alamat email bisnis gratis .

Post a Comment