Notifikasi

Loading…

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi

Indonesia adalah negeri yang kontras, negeri di mana spiritual memanifestasikan dirinya melalui beragam budaya, kuil megah, dan karya seni, sementara Ibu Pertiwi menyimpan harta yang tak terhitung dalam bentang lautnya yang dramatis, lanskap, satwa liar yang berkembang, dan gunung berapi aktif. Berikut ini, kami akan menjelaskan 12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi. Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini. 



12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi

Borobudur, Jawa

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang pertama adalah Borobudur. Terletak 25 mil barat laut Yogyakarta di pulau Jawa, Borobudur adalah candi Budha kuno berbentuk mandala. Itu dibangun selama sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan ke-9 dari sekitar dua juta blok batu. 

Candi ini ditinggalkan pada abad ke-14 ketika diyakini bahwa sebagian besar penduduk pindah ke Jawa Timur karena letusan gunung berapi, dan selama berabad-abad tersembunyi di hutan di bawah lapisan abu vulkanik sampai ditemukan kembali pada 1800-an.

Hari ini adalah salah satu situs Warisan Dunia UNESCO teratas. Terdiri dari enam platform persegi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha, ini dianggap sebagai salah satu situs Buddha terbesar di dunia dan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia.


Gunung Bromo, Jawa

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang kedua adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif yang terletak di tengah kaldera Tengger, sebuah kawah pasir vulkanik halus di Jawa Timur. Ini adalah tempat yang bagus untuk mereka yang mencari petualangan di Indonesia . Pada 7.641 kaki, itu bukan puncak tertinggi dari massif, tetapi yang paling terkenal. 

Bagian atas gunung berapi telah meledak dan kawah di dalamnya terus-menerus menyemburkan asap belerang putih. Wisatawan bangun pada dini hari untuk berdiri di tepi kaldera saat matahari terbit untuk melihat pemandangan Gunung Bromo dan Lautan Pasir yang indah.


Krakatau, Jawa

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang ketiga adalah Krakatau. Pulau Krakatau terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Pada tahun 1883, letusan dramatis Gunung Krakatau dan tsunami yang dihasilkan menghancurkan seluruh wilayah. Orang-orang yang tidak binasa melarikan diri, dan tanah kembali menjadi hutan.

Anak Krakatau, “Anak Krakatau”, pulau termuda yang terbentuk oleh letusan, memaksa dirinya ke atas permukaan pada tahun 1930. Gunung berapi muda dan mudah menguap ini terus naik lebih tinggi dari laut dan memiliki letusan yang sering dan signifikan, menyemburkan asap dan api. Pulau ini dapat dengan mudah dicapai dengan perahu atau feri dari Pulau Sebesi.


Kawah Ijen, Jawa

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang keempat adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen adalah danau kawah misterius, terletak di inti cagar alam yang membentang di lereng dan puncak tiga gunung berapi. Ini adalah salah satu danau paling asam di dunia dan lokasi operasi penambangan belerang padat karya. 

Setiap hari kelas elit pria tangguh yang dikenal sebagai 'budak belerang' tanpa lelah membopong keranjang batu kuning, beratnya mencapai 200 pon, dari tepi danau, sampai ke tepi kawah, dan kemudian kembali ke sisi gunung.

Danau ini berwarna pirus susu, dan kemurnian mineralnya serta dinding gunung berapi di sekitarnya memberikan pemandangan yang menakjubkan, terutama di malam hari, ketika pembakaran gas belerang muncul dalam bentuk api biru.


Danau Toba, Sumatera

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang kelima adalah Danau Toba.  Danau Toba, di pulau Sumatera, adalah sebuah danau vulkanik yang sangat besar dengan panjang sekitar 62 mil, lebar 19 mil, dan kedalaman hingga 1.657 kaki. Dibentuk oleh letusan gunung berapi raksasa yang dahsyat antara 69.000 dan 77.000 tahun yang lalu, ini adalah danau terbesar di Indonesia dan kaldera kebangkitan gunung berapi terbesar di Bumi. 

Pulau di tengah – Pulau Samosir – adalah pulau berukuran Singapura di tengah Danau Toba; itu sebenarnya pulau danau terbesar kelima di dunia di dalam pulau terbesar keenam di dunia.


Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang keenam adalah Taman Nasional Wakatobi. Dideklarasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005, Wakatobi adalah kelompok pulau yang terletak di ujung tenggara 'kelopak' pulau Sulawesi yang berbentuk anggrek. Ini memiliki jumlah spesies karang dan ikan tertinggi di dunia dan juga merupakan taman bermain lumba-lumba, kura-kura dan bahkan paus. 

Kelompok pulau terdiri dari 143 pulau yang hanya tujuh yang berpenghuni. Selain keagungan bawah lautnya, Wakatobi menawarkan pantai pasir putih, hutan bakau, desa tenun tradisional, pandai besi, dan reruntuhan sejarah.


Tana Toraja, Sulawesi

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang ketujuh adalah Tana Toraja. Terletak di pulau Sulawesi, terbentang sawah hijau subur dengan pegunungan berkabut biru sebagai latar belakang, Tana Toraja adalah rumah bagi penduduk asli Toraja. Gaya arsitektur 'Tongkonan' mereka, rumah leluhur berbentuk perahu, langsung menonjol, tetapi orang-orangnya juga dikenal dengan ritus penguburan mereka yang aneh termasuk praktik 'berjalan' mayat mumi.

Pemakaman adalah upacara yang rumit, dan kuburan adat termasuk kuburan gua, kuburan gantung, tau tau (patung kayu seukuran manusia), dan kuburan pohon bayi.

Fakta yang kurang diketahui tentang Toraja adalah yang menghasilkan kopi yang terkenal di negara itu. Masukkan Tana Toraja dalam rencana perjalanan Indonesia Anda jika menyelam jauh ke dalam budaya lokal dan perkebunan kopi adalah hal yang Anda sukai.


Orangutan Kalimantan

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang kedelapan adalah Orangutan di Kalimantan. Perjalanan ke Indonesia tidak akan lengkap rasanya tanpa melihat beberapa orangutan. Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan, adalah rumah bagi populasi orangutan terbesar di dunia. 

Tidak hanya itu, di sana juga terdapat primata, burung, dan reptil lainnya. Meskipun orangutan masih hidup di alam liar, beberapa suaka menyelamatkan dan melindungi makhluk cantik yang terancam punah ini karena pengembangan lahan melanggar habitat alami mereka.

Cara termudah untuk sampai ke sana adalah dengan perahu lokal, diubah menjadi kapal pesiar Borneo. Pengalamannya tetap sangat intim dan otentik, saat Anda memasuki hutan hujan di sungai kecil yang liar.


Ubud, Bali

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang kesembilan adalah Ubud. Desa kerajaan Ubud telah lama dikenal sebagai pusat seni dan budaya Bali. Ini adalah rumah bagi harta karun kecil berupa museum dan galeri, pasar tradisional, dan istana kerajaan, sementara di desa-desa tetangga, Anda dapat menyaksikan pelukis, tukang batu, pemahat kayu, pembuat topeng, dan pengrajin perak paling ulung di pulau itu bekerja.

Selain itu, Ubud dikelilingi oleh sebagian besar atribut yang memikat orang ke pulau yang sangat indah ini – kuil kuno, istana, terasering zamrud, ngarai sungai vertikal, pohon kelapa, dan hutan rimbun. Pemandangan setinggi lutut yang menggabungkan gunung berapi yang jauh adalah salah satu yang paling berharga di dunia.


Pura Luhur Uluwatu, Bali

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang kesepuluh adalah Pura Luhur Uluwatu. Pura Luhur Uluwatu, di ujung barat daya Bukit Peninsula Bali tidak boleh dilewatkan. Kuil abad ke-11 ini berdiri tegak di tepi tanjung berbatu yang sempit, menjorok tegak lurus pada tebing 200 kaki di atas pemecah ombak Samudra Hindia. Batu vulkanik abu-abunya, bersinar dengan warna cerah matahari terbenam, akan meninggalkan Anda dengan kenangan abadi dan menghantui Bali spiritual.


Pura Tanah Lot, Bali

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang kesebelas adalah Pura Tanah Lot. Salah satu candi yang paling dramatis dan dihormati di Bali adalah Pura Tanah Lot, didedikasikan untuk roh laut dan didirikan oleh Nirartha, salah satu pendeta Majapahit terakhir yang datang dari Jawa pada abad ke-16. 

Kuil ini bertengger di atas batu karang terjal yang dihempas ombak tepat di tepi ombak putih yang berbuih dan garis pantai hitam berkilau; itu mungkin pemandangan yang paling banyak difoto di Bali.

Itu hanya bisa dicapai saat air surut dan bebatuan di sekitarnya dikabarkan dihuni oleh ular laut. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari ketika Anda dapat melihat profil candi yang indah dalam siluet melawan matahari terbenam.


Jatiluwih, Bali

12 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi, yang keduabelas adalah Jatiluwih. Mengunjungi Bali adalah salah satu yang paling menarik di Indonesia. Jatiluwih, di jantung Kabupaten Tabanan di Bali, juga dikenal sebagai 'mangkuk nasi' Bali. Ini adalah wilayah yang paling produktif secara pertanian di pulau itu, dengan 1.500 hektar sawah yang membentang dari pantai dan mengikuti topografi lereng bukit yang anggun hingga setinggi 2.300 kaki di atas permukaan laut.

Pemandangan indah akan terbentang di depan Anda seperti peta saat Anda melakukan perjalanan di sepanjang jalan berliku sempit mendaki Gunung Batukaru melalui teras curam yang ditanami tanaman pokok Asia. Jatiluwih sesuai dengan namanya, yang berarti 'luar biasa' atau 'benar-benar luar biasa', dan titik indah ini menawarkan pemandangan yang benar-benar menakjubkan.


Post a Comment