Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan Bisnis Keluarga, Jika Mengelolanya dengan Tepat

 Ada banyak keuntungan bisnis keluarga bisa Anda dapatkan, jika bisa mengelolanya dengan tepat. Menjalankan usaha memang tidak semudah dipikirkan, banyak hal harus Anda kelola dengan baik, agar bisa mempertahankan performa bisnis yang sudah dibangun sejak awal.

Bisnis keluarga memang dapat menjadi sebuah keuntungan atau beban, bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam menjalankan usaha, pada awalnya mungkin akan terasa berat untuk dijalankan, namun Anda pasti bisa mengembangkan bisnis dengan baik jika memiliki tekad.

Keuntungan bisnis keluarga juga bisa membawa manfaat bagi generasi selanjutnya, karena tentunya tidak mudah untuk menjalankan usaha yang sudah dibangun bertahun-tahun. Namun Anda juga bisa memulainya saat ini, jika berminat untuk membangun bisnis dari awal.

Untuk memulai family business, tentunya peran dari semua anggota keluarga akan dibutuhkan, terlebih lagi usaha tersebut akan dijalankan bersama. Kami akan memberikan beberapa tips, dalam menghadapi berbagai tantangan akan Anda hadapi saat menjalani family business.



Keuntungan Bisnis Keluarga bagi Generasi Selanjutnya

Menjalankan bisnis memang bisa mendatangkan keuntungan, namun Anda harus ingat bahwa usaha harus dijalankan dengan konsisten. Kebanyakan orang gagal dalam menjalankannya, karena tidak konsisten dengan usaha yang mereka jalankan sehingga sulit berkembang.

1.   Jam Kerja Fleksibel

Keuntungan utama dalam menjalankan family business adalah, pebisnis tidak perlu khawatir dengan jam kerja teratur. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat datang kapan saja tanpa bergantung pada jam kerja yang sudah ditentukan, sehingga waktu kerja lebih fleksibel.

Namun bukan berarti jika pebisnis bisa seenaknya dalam menjalankan usaha, dan tidak mengelolanya dengan baik. Anda harus tetap bersikap profesional, dan turut andil dalam setiap pengambilan keputusan, agar usaha tetap berkembang dengan baik.

2.   Membawa Keuntungan bagi Generasi Selanjutnya

Keuntungan bisnis keluarga selanjutnya adalah, membawa manfaat bagi generasi selanjutnya. Inilah keuntungan yang sangat bermanfaat bagi semua anggota keluarga, pebisnis tidak perlu khawatir dengan kondisi keuangan bagi generasi selanjutnya.

Sebab setidaknya pebisnis sudah memberikan warisan kepada mereka, untuk menjalankan usaha yang sudah dikelola. Namun hal ini dapat menjadi masalah, jika generasi selanjutnya tidak dapat meneruskan usaha dengan baik, sehingga berpotensi mengalami kebangkrutan.

3.   Mudah Mencari Modal

Karena disebut sebagai family business, tentunya ketika usaha membutuhkan modal, keluarga adalah orang yang pertama kali dicari. Libatkan semua anggota agar bisa turut andil dalam memberikan bantuan modal, jika usaha bisa kembali bangkit dan menghasilkan keuntungan kedepannya.

4.   Menyerap Tenaga Kerja

Daripada mencari pekerjaan yang lapangan pekerjaan juga sulit ditemukan, akan lebih baik jika pebisnis membuat lapangan pekerjaan Anda sendiri.

Anda bisa membantu pemerintah mengurangi pengangguran, inilah yang menjadi keuntungan bisnis keluarga, pebisnis juga dapat membantu teman atau warga sekitar yang sedang mencari pekerjaan.

Tantangan yang Harus Dihadapi di dalam Bisnis Keluarga

Setiap bidang bisnis pasti memiliki tantangannya tersendiri, tentunya family business memiliki tantangan yang cukup tricky karena Anda juga harus mengedepankan kepentingan bersama, supaya usaha dapat bertahan lebih lama, atau mengembangkan usaha sudah berjalan sejak lama.

1.   Harus Terus Beradaptasi

Keuntungan bisnis keluarga juga berhadapan dengan tantangan yang harus Anda hadapi, seperti halnya pengusaha harus terus beradaptasi terhadap perubahan terjadi, baik secara internal maupun eksternal, pengusaha harus tetap berinovasi terhadap konsumen dan kompetitor.

Kemudian adaptasi terhadap perubahan teknologi, perkembangan tersebut bisa saja memberi keuntungan bagi pebisnis, jika bisa mengaplikasikannya dengan baik.

2.   Mengaplikasikan Nilai-Nilai di dalam Keluarga

Biasanya setiap family business memiliki nilai-nilai telah dimiliki sejak lama, dan harus diaplikasikan dalam menjalani usaha tersebut.

Hal tersebut dapat menjadi sebuah tantangan, karena penerus selanjutnya harus bisa mengaplikasikan nilai-nilai tersebut pada berbagai adaptasi yang terjadi pada bisnis. 

3.   Waspada dengan Kompetitor

Untuk bisa meraih keuntungan bisnis keluarga, Anda juga harus bisa menghadapi tantangan yang terjadi, seperti halnya bagaimana menghadapi kompetitor bisnis yang akan selalu berada di sekeliling family business anda.

Kompetitor memang sebuah ancaman, namun pebisnis tidak perlu khawatir dengan kehadirannya. Dengan melakukan riset terhadap konsumen, dan mengawasi langkah kompetitor, maka pebisnis bisa menghadapi setiap perusahaan lain yang menjadi pesaing bisnis.

4.   Mempertahankan Performa Perusahaan

Fondasi perusahaan sudah dibangun dengan sebaik mungkin oleh generasi sebelumnya, mungkin bisa menjadi beban tersendiri bagi generasi berikutnya. Bagaimana mereka dapat mempertahankan, dan terus mengembangkan usaha agar terus melangkah maju.

Namun kekhawatiran tersebut harus dijadikan sebagai pacuan, bahwa Anda tidak perlu mengubah nilai-nilai yang sudah ada, cukup mengembangkannya dengan sebaik mungkin.

Rekomendasi Bisnis Keluarga yang Dapat Dimulai Saat Ini

Usaha menjadi salah satu cara meraih pendapatan, banyak bidang usaha dapat Anda jalankan. Namun bagi Anda yang ingin menjalani family business mulai dari nol, kami bisa memberikan beberapa rekomendasi menarik, dan pastinya membawa keuntungan bagi Anda dan keluarga.

1.   Event Organizer

Saat ini desain pada sebuah acara menjadi komponen paling penting, dan hampir semua orang membutuhkan jasa event organizer, yang akan merancang acara agar terlihat lebih menarik, dan tentunya memenuhi permintaan konsumen akan desain diinginkan.

Event organizer bisa menjadi ladang keuntungan bagi Anda yang ingin menjalani family business, pada awal merintis usaha, setidaknya Anda membutuhkan 5 orang untuk membantu Anda dalam menjalani bisnis, dan modal bisa dikumpul dari beberapa anggota keluarga.

2.   Rental Mobil

Keuntungan bisnis keluarga juga bisa Anda dapatkan melalui usaha rental mobil, jika modal dimiliki cukup besar, maka pebisnis dapat membuka usaha tersebut, terlebih lagi usaha ini tidak membutuhkan keterlibatan semua anggota keluarga yang cukup banyak.

3.   Rumah Makan

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang dapat memasak makanan lezat, maka manfaatkan kemampuan tersebut untuk memulai usaha. Hanya membutuhkan tempat berjualan, dan supplier bahan makanan segar, maka usaha ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

4.   Perkebunan

Keuntungan bisnis keluarga juga bisa diraih melalui berkebun, tidak membutuhkan lahan yang luasnya hingga berhektar-hektar, Anda bisa memulainya dengan membuat kebun hidroponik di belakang rumah, dengan menanam sayur dan buah segar.

Tips Menjalankan Bisnis Keluarga, agar Selalu Konsisten Meraih Keuntungan

Menjalankan family business memang tidak semudah dikira, pastinya Anda dan keluarga harus mengambil keputusan bersama dalam setiap pilihan. Namun penting untuk tidak mencampuri urusan pribadi dengan bisnis, agar usaha tetap bisa berkembang dan konsisten.

1.   Membuat Aturan atau SOP dengan Jelas

Sejak awal membangun family business, pastikan bahwa Anda memiliki peraturan atau SOP yang jelas dan wajib diikuti oleh semua karyawan dan anggota keluarga. Jika disiplin sudah dituntut sejak awal, maka usaha akan berjalan lebih konsisten dan mampu berkembang dengan baik.

2.   Membedakan Kepentingan Keluarga dengan Bisnis

Keuntungan bisnis keluarga juga bisa diraih, jika Anda mampu membedakan antara kepentingan bisnis dengan keluarga. Jika terdapat masalah di dalam keluarga, jangan memasukkan atau membahas masalah tersebut di lingkungan kerja.

Sebab dikhawatirkan masalah tersebut bisa berdampak negatif bagi bisnis, jika usaha yang sudah Anda rintis bangkrut, maka akan timbul masalah baru yang menyulitkan Anda dan keluarga.

3.   Transparansi Keuangan

Keuangan yang tidak bersifat transparan, bisa membawa masalah baru di dalam keluarga. Jujur dan terbuka dalam urusan keuangan harus diterapkan sejak awal, libatkan semua anggota keluarga dalam urusan ini, agar mereka dapat mengetahui bagaimana keadaan usaha saat ini.

4.   Menjaga Komunikasi dengan Baik

Menjaga komunikasi dan membahas masalah yang dihadapi di dalam bisnis bersama-sama, merupakan kunci dalam meraih keuntungan bisnis keluarga. Biasanya perpecahan dapat timbul, jika Anda menutup-nutupi masalah yang terjadi.

Dengan memiliki sifat terbuka antar satu sama lain, maka pebisnis akan lebih mudah dalam menemukan solusi dari setiap masalah. Usahakan untuk membahas setiap masalah atau kendala, baik itu kecil maupun besar agar bisa berbagi pikiran satu sama lain.

Kerjasama yang baik antar anggota keluarga dan hadirnya berbagai inovasi yang dituangkan ke dalam bisnis, bisa mendatangkan keuntungan bisnis keluarga. Namun banyak hal harus Anda persiapkan secara matang, agar keputusan dalam menjalani bisnis tersebut berjalan dengan baik.

Post a Comment for "Keuntungan Bisnis Keluarga, Jika Mengelolanya dengan Tepat"