Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inspirasi Bisnis di Pedesaan, Tidak Perlu Kerja ke Kota

Masih banyak pihak menilai untuk bekerja perlu merantau ke kota, padahal ada sejumlah inspirasi bisnis di pedesaan yang dapat diterapkan. Tinggal di desa bukan berarti akan tertinggal dari masyarakat kota.  

Sekarang ini sudah banyak akses di desa. Mulai dari listrik, jalan, sampai internet. Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota apabila ingin memulai bisnis menuju jalan kesuksesan.

Juga tidak perlu khawatir mengenai modal. Ada sejumlah bisnis yang tidak membutuhkan modal besar sehingga dapat dimulai dengan mudah. Apalagi tidak wajib membuka toko di tempat strategis seperti kota.



Inspirasi Bisnis di Pedesaan Modal Kecil

Jika Anda tinggal di desa, tidak perlu mengikuti perkataan orang bahwa kesuksesan hanya dapat diraih di kota. Ada sejumlah bisnis dapat dilakukan dari desa dan menjanjikan keuntungan besar.

  1. Pulsa

Saat ini smartphone tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat kota saja. Namun juga sudah banyak masyarakat desa memakai smartphone dan jaringan internet. Sehingga munculkan kebutuhan akan pulsa.

Berjualan pulsa merupakan salah satu inspirasi bisnis di pedesaan yang tidak sulit untuk dilakukan. Perangkat yang diperlukan hanya ponsel untuk mengirim pulsa kepada pelanggan.

Anda bisa memulai bisnis pulsa di desa agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan mereka. Menjual pulsa juga tidak memerlukan modal besar. Kira-kira hanya sekitar Rp. 50.000. Tidak hanya modal kecil, risikonya juga termasuk kecil.

Jika memiliki lebih banyak modal untuk memulai inspirasi bisnis di pedesaan ini, dapat membuka konter kecil. Cukup menjual berbagai perlengkapan elektronik yang banyak dicari, misalnya charger atau earphone.

Anda pasti hapal bahwa dua benda tersebut sangat mudah hilang atau rusak. Terutama earphone. Daripada masyarakat harus pergi jauh ke kota untuk memperoleh earphone, Anda bisa menyediakannya.

  1. Gorengan

Gorengan adalah makanan favorit masyarakat Indonesia, hampir semua orang pasti suka dengan gorengan. Entah itu bakwan, tahu, atau lainnya. Karena peminatnya besar, maka peluang sukses juga besar.

Akan tetapi, persaingan dalam inspirasi bisnis di pedesaan ini juga cukup ketat. Mungkin sudah ada penjual gorengan di sekitar tempat tinggal Anda. Untuk menarik minat konsumen, perlu membuat inovasi atau strategi penjualan.

Misalnya saja membuat gorengan dengan ukuran lebih kecil sehingga dapat menetapkan harga murah. Bisa juga menciptakan kreasi bakwan memakai bahan yang mudah diperoleh dari desa. Misalnya saja mencampurkan ikan sepat ke dalam bakwan.

  1. Laundry

Saat ini laundry semakin diperlukan. Sebab semakin banyak orang sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk mencuci baju. Sekarang ini sudah banyak perempuan berkarir.

Sehingga terkadang memerlukan jasa laundry. Terutama ketika musim penghujan datang. Pasti membutuhkan jasa laundry yang mampu mengeringkan baju dengan cepat. Laundry merupakan salah satu inspirasi bisnis di pedesaan yang menarik untuk dicoba.

Laundry adalah bidang jasa praktis, mudah dan dapat dijalankan seorang diri. Namun, jika bisnis semakin berkembang bisa menambahkan karyawan. Tidak perlu membuat bangunan baru untuk membuka jasa laundry.

Manfaatkan saja rumah sebagai tempat berbisnis. Lagipula, Anda juga memerlukan mesin cuci, listrik, dan setrika. Jadi gunakan saja peralatan elektronik yang tersedia dalam rumah.

  1. Potong Rambut

Perkembangan teknologi digital membuat masyarakat desa mampu mengakses berbagai informasi terbaru. Misalnya tren baju atau gaya rambut. Dari fenomena ini Anda dapat membuka jasa potong rambut yang mampu mengikuti tren terbaru.

Akan tetapi, inspirasi bisnis di pedesaan ini membutuhkan keahlian khusus. Tentu tidak bisa sembarangan memotong rambut dengan mengikuti foto dari internet. Anda perlu belajar dan berlatih terlebih dahulu.

Selain mengikuti tren, banyak masyarakat desa hanya ingin memotong rambut secara rapi. Karena memang rambut cukup cepat tumbuh. Keperluan masyarakat ini juga mampu menjadi peluang untuk menerima jasa potong ramput.

  1. Jasa Jahit

Tema fashion merupakan bisnis yang selalu berkembang. Terkadang tren dalam dunia fashion merupakan pengulangan dari beberapa dekade sebelumnya. Ketika membeli sebuah baju, tidak selalu pas dengan ukuran badan.

Memang, baju mempunyai ukuran dari XS, S, M, L, sampai XXL. Namun, banyak orang mengeluhkan ukuran baju tidak pas. Sehingga, banyak orang memerlukan jasa jahit untuk menciptakan baju yang sesuai dengan ukuran badan.

Jasa jahit sebagai inspirasi bisnis di pedesaan dapat dilakukan tanpa membutuhkan banyak dana. Anda juga bisa melakukannya di rumah saja. Mesin utama yang diperlukan hanya mesin jahit dengan harga terjangkau.

Ketika memulai sebuah bisnis, Anda tidak harus membeli peralatan baru berkualitas tinggi dan mahal. Banyak mesin bekas yang kualitasnya masih prima namun harga telah menurun.

Tidak ada salahnya memanfaatkan mesin bekas sehingga bisa menyimpan lebih banyak modal. Misalnya Anda mempunyai dana sejumlah Rp 5 juta. Kemudian ada mesin jahit bekas seharga Rp 2 juta.

Maka, sisa dana Rp 3 juta bisa dipakai untuk membeli keperluan lain. Misalnya membeli benang, penggaris dan kain yang dibutuhkan oleh konsumen.

  1. Jamur Tiram

Inspirasi bisnis di pedesaan selanjutnya berkaitan dengan jamur tiram. Jamur tiram merupakan produk yang dapat dipanen secara dan tidak membutuhkan modal besar. Bahan yang dipakai dalam proses penanaman juga tergolong mudah diperoleh.

Jamur tiram adalah bahan makanan yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Bahkan para vegetarian memilih jamur tiram sebagai pengganti daging. Karena teksturnya kenyal dan rasanya lezat untuk dibuat berbagai olahan.

  1. Desain dan Percetakan

Tidak hanya masyarakat kota yang memerlukan jasa desain. Namun, masyarakat desa juga membutuhkannya. Misalnya untuk membuat banner, spanduk, ID card, undangan pernikahan, dan lain sebagainya.

Kemudian, sekarang juga sudah banyak masyarakat desa yang menempuh pendidikan sarjana. Biasanya mereka membutuhkan jasa percetakan untuk mencetak tugas kuliah seperti makalah dan skripsi.

Melihat peluang tersebut, Anda bisa membuat desain lantas mencetaknya. Inspirasi bisnis di pedesaan ini juga dapat digabungkan dengan usaha lain yang masih berhubungan, misalnya foto copy.

  1. Ternak Ayam

Umumnya masyarakat desa mempunyai tanah luas. Biasanya hanya sebagian lahan yang dipakai untuk membangun rumah. Lantas di belakang rumah masih banyak tersisa lahan. Daripada dibiarkan saja, lebih baik dimanfaatkan untuk membuat kandang ayam.

Anda bisa memulai bisnis ternak ayam kampung yang mempunyai harga di atas ayam boiler. Pakannya juga tidak harus membeli. Bisa memanfaatkan hasil panen untuk memberi makan ternak.

Inspirasi bisnis di pedesaan tidak hanya bisa dijual dagingnya saja, namun juga telurnya. Telur ayam kampung bukan hanya dipakai sebagai lauk sehari-hari. Namun banyak yang memanfaatkannya sebagai bahan baku jamu.

Jadi, peluang konsumen dalam bidang ini cukup luas. Apalagi jika mampu bekerja sama dengan sejumlah warung makan dan penjual telur di pasar. Keuntungan akan lebih besar.

Membuka sebuah bisnis sebenarnya tidak harus megah. Jangan memikirkan harus membuat pabrik besar. Cukup mengamati apa kebutuhan masyarakat dan manfaatkan peluang yang ada.

Tidak semua orang harus bekerja ke kota. Bekerja di desa juga bisa mengantarkan kesuksesan. Salah satunya dengan menerapkan inspirasi bisnis di pedesaan yang hanya membutuhkan sedikit modal. 

Post a Comment for " Inspirasi Bisnis di Pedesaan, Tidak Perlu Kerja ke Kota"