Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Bisnis Rumahan Bertema Tanaman dan Makanan yang Laris

Berkembangnya dunia digital membuat ide bisnis rumahan semakin diminati. Ada banyak sekali bisnis rumahan dapat dicoba. Baik oleh dari mahasiswa maupun pekerja yang memerlukan usaha sampingan.

Tanaman dan makanan merupakan tema bisnis cukup sukses. Karena kedua produk tersebut cukup banyak dicari oleh konsumen. Anda juga dapat memulainya tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Cukup banyak keuntungan bisa diperoleh dari ide bisnis ini. Terutama jika di sekitar tempat tinggal belum ada yang mempunyai bisnis serupa. Maka peluang keuntungan dan kesuksesan akan jauh lebih besar.



Ide Bisnis Rumahan Produk Tanaman

Mungkin banyak orang mengira bahwa apabila ingin berbisnis tanaman maka memerlukan lahan luas. Jika baru merintis, maka tidak perlu menyediakan lahan luas. Gunakan saja apa yang ada.

  1. Tanaman Organik

Tahukah Anda bahwa tumbuhan organik semakin banyak dicari dari waktu ke waktu? Mulai banyak orang menginginkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bebas zat kimia berbahaya.

Melihat permintaan pasar cukup besar, ide bisnis rumahan ini terbilang menjanjikan. Tanaman organik ini biasanya berupa sayur mayur yang biasa diperlukan untuk konsumsi sehari-hari.

Banyak orang mengatakan bahwa tanaman organik jauh lebih sehat, segar dan warnanya cantik. Karena terbebas dari pestisida dan obat-obatan pertanian lainnya. Selain bisa dijual, Anda juga dapat mengonsumsinya sehingga tidak perlu belanja ke pasar.

  1. Tanaman Obat

Tidak kalah dengan tanaman organik, tanaman obat juga cukup diminati. Beberapa tahun terakhir, obat-obatan herbal mendapat sejumlah perhatian dari masyarakat. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperoleh keuntungan tinggi.

Ide bisnis rumahan ini dapat dijalankan tanpa memerlukan lahan luas. Jenis obat yang bisa ditanam misalnya adalah daun sirih, kumis kucing, temulawak dan lain sebagainya.

Tumbuhan herbal cukup populer karena aman bagi kesehatan atau tidak menimbulkan efek samping serius. Berbeda dengan obat kimia yang akan menimbulkan masalah serius jika dikonsumsi berkali-kali.

Selain itu, ide bisnis rumahan tumbuhan herbal juga dapat dipakai untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Misalnya daun sirih dapat menyembuhkan luka, menjadi obat kumur, antibakteri, bahkan mengatasi kolesterol.

Ide Bisnis Rumahan untuk Hobi Berkebun

Selain untuk dikonsumsi, banyak orang mencari tanaman tertentu untuk memenuhi hobi berkebun. Hobi berkebun mempunyai beragam manfaat. Bahkan banyak yang menjadikannya sebagai media penghilang stress.

  1. Bibit Tanaman

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan orang-orang dengan hobi berkebun, bisa mencoba ide bisnis rumahan jual bibit tanaman. Bibit ini bisa berupa sayuran maupun buah-buahan.

Untuk orang yang sudah lama hobi berkebun biasanya hanya membutuhkan bibit tumbuhan saja. Sementara bagi yang baru memulai terkadang ingin bibit tanaman dimana sudah tumbuh buahnya.

Sehingga membuat mereka lebih bersemangat dalam merawat tanaman. Bibit yang telah tumbuh buah biasanya harganya jauh lebih mahal. Ini juga bisa memberikan lebih banyak keuntungan.  

  1. Tanaman Hias

Selain bibit tanaman sayur dan buah-buahan, tanaman hias juga cukup digemari. Biasanya ibu rumah tangga mencari tumbuhan hias untuk mempercantik halaman rumah.

Ide bisnis rumahan ini misalnya dengan menjual aglonema, monstera, sirih gading, dan lain sebagainya. Anda bisa memulai dari tumbuhan hias yang sedang populer di pasaran.

Selain menjual tanamannya, Anda bisa menambahkan produk pot, batu hiasan dan paket lengkap. Anda akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan pot tanpa perlu berpindah ke toko lain.

  1. Pupuk

Apa lagi yang bisa melengkapi hobi berkebun selain tanaman? Jawabannya adalah pupuk. Berkebun tanpa pupuk akan membuat tanaman sulit tumbuh subur. Namun, bukan berarti Anda harus menjual pupuk kimia.

Banyak sekali metode pembuatan pupuk alami mampu membantu tanaman memperoleh nutrisi untuk tumbuh. Misalnya saja seperti urine kelinci, urine sapi, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis Rumahan Makanan Berat

Makanan adalah produk hampir selalu laris di pasaran. Produk ini juga membantu orang-orang sibuk dan tidak sempat memasak. Cukup membeli produk jadi siap santap.

  1. Ayam Goreng

Ayam goreng merupakan lauk yang cukup banyak dicari. Sebab dianggap praktis untuk disantap. Anda bisa memanfaatkan ayam goreng sebagai ide bisnis rumahan yang cukup murah.

Apabila dibandingkan dengan daging sapi maupun kambing, harga ayam jauh lebih murah. Cara mengolahnya juga tidak sulit, cukup menambahkan bumbu dan menggorengnya. Bisa pula menambahkan tepung.

Ayam goreng tepung cukup banyak diminati. Terutama anak kecil yang menyukai sensasi renyah. Jangan lupa menyediakan saus apabila hendak menjual agam goreng tepung.

Karena bisnis ayam goreng sudah banyak berkembang di tanah air, Anda bisa membuat inovasi tersendiri untuk mendapatkan perhatian pasar. Jangan lupa untuk memakai strategi marketing agar produk terjual.

  1. Nasi Goreng

Siapa tidak mengenal nasi goreng. Ide bisnis rumahan nasi goreng sepertinya tidak pernah mati. Nasi goreng adalah makanan andalan yang biasanya banyak dicari ketika malam hari.

Anda pasti juga sering melihat penjual nasi goreng di pinggir jalan. Terkadang banyak pembeli rela antri untuk membelinya. Anda juga dapat memulai bisnis nasi goreng yang tetap populer dari waktu ke waktu.

Nasi goreng tidak membutuhkan banyak bahan, hanya nasi dan sejumlah bumbu. Proses memasaknya juga tergolong cepat dan praktis. Jadi tidak sulit untuk memulai usaha ini.

Biasanya, nasi goreng dijual hanya memakai bahan tambahan ayam, telur dan sayur seperti kubis atau sawi hijau. Anda bisa berkreasi dengan berbagai bahan tambahan, misalnya saja seafood.

Ide Bisnis Rumahan Makanan Ringan

Tidak hanya makanan berat, makanan ringan juga banyak diminati. Apalagi jika sedang mengadakan acara tertentu. Misalnya saja arisan, rapat, kerja kelompok, dan lain sebagainya.

  1. Roti Bakar

Roti bakar merupakan ide bisnis rumahan dengan modal kecil. Mirip dengan ayam goreng, roti bakar mempunyai banyak sekali peminat. Adanya berbagai varian rasa roti bakar membuat penikmatnya tidak cepat bosan.

Ada varian rasa cokelat, keju, strawberry, nanas, dan lain sebagainya. Cara membuat roti bakar tidak rumit. Namun membutuhkan bahan baku roti khusus, bukan roti tawar biasa yang dijual di toko.

  1. Keripik

Keripik adalah makanan ringan yang bisa dibilang cocok untuk semua jenis acara. Keripik juga lezat dinikmati kapan saja. Baik itu pagi hari, siang hari, malam hari, ketika cuaca terik maupun saat hujan.

Ide bisnis rumahan keripik biasanya cukup laris. Cukup banyak bahan baku bisa diolah menjadi keripik. Misalnya singkong, kentang, tempe, buah, sukun, dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih bahan yang mudah dicari. Bisa pula membuat produk yang belum ada di sekitar tempat tinggal Anda. Jangan lupa melakukan inovasi karena ada banyak penjual keripik di Indonesia.

Inovasi dapat dilakukan dengan mencoba bahan baku baru yang belum pernah dijadikan keripik. Bisa pula membuat bumbu dengan rasa baru. Inovasi akan memancing rasa penasaran calon konsumen.

  1. Tahu Krispy

Tahu merupakan bahan makanan yang mudah sekali didapatkan. Tahu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan, salah satunya adalah tahu krispy. Tahu krispy banyak disukai karena ringan, renyah dan tentu saja lezat.

Banyak orang beralasan ketika ingin memulai sebuah bisnis. Seperti modal besar, lahan luas dan lain sebagainya. Padahal, ada sejumlah ide bisnis rumahan yang dapat dijalankan dengan mudah dan praktis.


 

Post a Comment for "Ide Bisnis Rumahan Bertema Tanaman dan Makanan yang Laris"