Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Siap-siap, Jangan Kaget - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Siap-siap, Jangan Kaget

 Tentu banyak alasan yang membuat Facebook ganti nama menjadi Meta.

Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Siap-siap, Jangan Kaget

Bagi Anda pengguna media sosial 'Facebook' jangan sampai kaget nanti akun Facebook Anda berubah menjadi Meta, sebelum bertanya-tanya mari cari tau alasan CEO Facebook merubah nama Facebook menjadi Meta ini dibawah; 

Platform media sosial terbesar di dunia, Facebook, resmi mengganti namanya dengan Meta. Perubahan nama tersebut diumumkan pada konferensi augmented reality dan virtual reality Facebook Connect, Kamis (28/10/2021) lalu.

Nama baru ini mencerminkan ambisi perusahaan yang berkembang di luar media sosial. Facebook, atau sekarang disebut sebagai Meta, telah mengadopsi moniker baru, berdasarkan metaverse istilah science-fiction (sci-fi), untuk menggambarkan visinya dalam bekerja dan bermain di dunia virtual.

"Hari ini kami terlihat sebagai perusahaan media sosial, tetapi dalam DNA kami, kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang, dan metaverse adalah perbatasan berikutnya seperti halnya jejaring sosial ketika kami memulainya," kata CEO Meta Mark Zuckerberg, dikutip dari CNBC International.

Facebook mengatakan dalam mengumumkan nama baru akan mengubah ticker sahamnya dari FB menjadi MVRS, efektif 1 Desember. Perubahan nama ini juga membuat harga saham Meta ditutup naik pada Kamis.

Pada Juli lalu, Facebook mengumumkan pembentukan tim yang akan bekerja di metaverse. Dua bulan kemudian, perusahaan berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS) mengatakan akan mengangkat Andrew "Boz" Bosworth, yang saat ini menjadi kepala divisi perangkat keras perusahaan, ke peran sebagai chief technology officer pada tahun 2022.

Kemudian dalam hasil pendapatan kuartal ketiga pada Senin, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan membagi Reality Labs, divisi perangkat kerasnya, ke dalam segmen pelaporannya sendiri, mulai dari kuartal keempat.

"Harapan kami adalah bahwa dalam dekade berikutnya, metaverse akan menjangkau satu miliar orang, menampung ratusan miliar dolar perdagangan digital, dan mendukung pekerjaan bagi jutaan pencipta dan pengembang," tulis Zuckerberg dalam sebuah surat pada Kamis.

Perusahaan juga mengatakan minggu ini akan menghabiskan sekitar US$ 10 miliar selama tahun depan untuk mengembangkan teknologi dalam membangun metaverse.

Zuckerberg mengatakan banyak dari ini masih jauh dari selesai. Setidaknya elemen metaverse berpotensi menjadi arus utama dalam lima hingga 10 tahun. Perusahaan mengharapkan "untuk menginvestasikan miliaran dolar untuk tahun-tahun mendatang sebelum metaverse mencapai skala besar," tambah Zuckerberg.

"Kami percaya metaverse akan menjadi penerus internet seluler," kata Zuckerberg.

Re-branding terjadi di tengah rentetan laporan berita selama sebulan terakhir setelah Frances Haugen, mantan karyawan yang menjadi whistleblower (pelapor), merilis sejumlah dokumen internal perusahaan ke outlet berita, anggota parlemen dan regulator.

Laporan menunjukkan bahwa perusahaan menyadari banyak kerugian yang disebabkan oleh aplikasi dan layanannya, tetapi tidak memperbaiki masalah atau berjuang untuk mengatasinya. Bahkan ada lebih banyak dokumen diharapkan akan dibagikan setiap hari selama beberapa minggu mendatang.

Post a Comment