Notifikasi

Loading…

Cara agar video Youtube kita ada dihalaman pertama pencarian

 Cara Agar Video Youtube Kita Ada di Halaman Pertama

 Ketika konten video kita bisa meraih posisi sempurna alias halaman pertama di pencarian Youtube, tentu hal tersebut akan berdampak sangat bagus bagi kemajuan channel. Karena apabila konten sudah berhasil menguasai setidaknya peringkat 10 besar, besar kemungkinannya akan ditonton oleh banyak orang. Selain itu, watchtime pun akan naik, dan itu juga bisa meningkatkan ranking video kita untuk lebih naik lagi. Tidak luput juga penghasilan adsense Youtube kita yang pastinya siap panen tiap bulannya

Bagi para pemula, untuk bisa menguasai halaman satu Youtube mereka anggap sebagai momok yang menyulitkan. Karena mereka harus bersaing dengan para Youtuber senior yang sudah terlebih dahulu menduduki peringkat atas pencarian.

Untuk bisa masuk ke halaman pertama Youtube adalah suatu hal yang memang bisa saya katakan sulit, namun bukan berarti mustahil. Layaknya Google, Youtube juga memiliki algoritmanya dalam mengatur setiap perubahan posisi seluruh konten. Salah satu yang paling sering kita dengar adalah SEO (Search Engine Optimization).

Cara Agar Video Youtube Kita Ada di Halaman Pertama Pencarian

SEO adalah teknik optimasi konten untuk mesin pencari. Yang mana dari penerapan SEO tersebut, akan dapat mendongkrak naik posisi konten video dihasil pencarian sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh penonton.

Optimasi SEO sendiri memiliki banyak sekali elemen pendukung didalamnya, seperti kata kunci (keyword), tag, judul, thumbnail, deskripsi, durasi dan lain sebagainya.

Meski terdengar cukup sulit dan agak njelimet, bukan tidak mungkin juga seorang pemula bisa mendapatkan ranking terbaik dipencarian. Karena dalam penentuan peringkat konten di pencarian, dipengaruhi oleh banyak sekali faktor diantaranya.

Faktor penentu ranking konten video Youtube di pencarian

Salah satu syarat terbaik untuk bisa mendapatkan posisi atas pada pencarian Youtube adalah dengan menerapkan SEO. Dan berikut, 8 faktor yang menentukan ranking video Youtube di pencarian.

#1. Pemilihan Judul

Faktor terpenting dalam penentuan ranking dari sebuat video di pencarian adalah judul. Judul menjadi peran utama karena mesin algoritma Youtube atau bahkan manusia sekalipun, saat sedang mencari sebuah video, tentu tujuan utama mereka adalah membaca judul untuk mengetahui seberapa bermanfaatkan isi video yang disajikan meski belum ia tonton.

Itulah sebabnya mengapa sebuah konten video dengan isi yang sangat bagus dan bermanfaat namun diisi dengan judul yang "gak karuan" pasti kalah dengan video yang isinya tergolong biasa saja, tapi kombinasi tiap kata dalam judul dioptimasi dengan benar.

#2. Durasi Video

Youtube memberikan ranking di pencarian juga dipengaruhi oleh durasi dari video. Itulah sebabnya mengapa konten video dengan isi podcast yang biasanya berdurasi hampir 1 jam bahkan lebih, sering nongkrong di peringkat atas pencarian, bahkan sering kali kita jumpai muncul di beranda Youtube.

Hal itu berpengaruh ke seberapa lama orang menonton video kita, semakin panjang durasi yang mereka tonton, maka ranking yang akan didapat video tersebut bergerak kian keatas seiring bertambahnya penonton.

Selain itu, mengapa video dengan durasi penjang lebih diprioritaskan? karena robot Youtube menganggap bahwa video dengan durasi yang panjang memiliki isi yang lebih lengkap dan bisa menjawab rasa penasaran penonton dibanding dengan video yang hanya berdurasi beberapa menit saja.

#3. Watchtime

Poin ketiga ini sangatlah berkaitan dengan panjang durasi video seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Watchtime adalah durasi orang saat menonton video kita. Semakin banyak watchtime yang didapat dari sebuah video, tentu peringkat yang akan diberikan oleh Youtube juga semakin bagus.

Karena Youtube menganggap bahwa penonton merasa nyaman dan terpuaskan saat menonton konten video kita, sehingga video tersebut akan direkomendasikan lagi ke orang lain.

#4. Jumlah View

Sebenarnya, jumlah view tidak bisa sepenuhnya jadi patokan pada saat Youtube melakukan perankingan. Dan jumlah view juga tidak dapat menjadi indikator mutlak bahwa isi video yang disajikan berkualitas.

Tapi nyatanya, faktor tersebut jelas dapat mempengaruhi peringkat yang diberikan. Karena algoritma Youtube sendiri berpikir bahwa video dengan jumlah view banyak adalah video dengan isi yang bagus dan disenangi penonton. Dan jelas jika audience retention serta engagement yang didapat tinggi, akan berdampak juga pada peningkatan ranking video.

#5. Jumlah Like

Masih dalam bahasan algoritma Youtube dalam penentuan ranking video, jumlah like juga memiliki peran penting sama halnya dengan view. Dimana video dengan jumlah like yang banyak akan menduduki peringkat atas pada pencarian jika dibanding dengan konten yang memilki banyak dislike. Karena hal tersebut mengacu pada audience retention dan engagement, sehingga Youtube beranggapan bahwa video tersebut layak untuk direkomendasikan.

#6. Tag Video

Dalam bahasan SEO Youtube, saya sudah menjelaskan seberapa pentingnya peran tag untuk posisi video yang didapat pada hasil pencarian. Tag berguna sebagai label informasi dari konten video untuk diberitahukan kepada algoritma, sehingga Youtube mengetahui apa yang dibahas dalam video tersebut. Apakah motovlog, gaming, prank dan sebagainya.

Ditiap kesamaan yang didapat saat orang mengetikkan kata kunci pada bilah pencarian di Youtube terhadap tag yang ditautkan dalam video, 100% mempengaruhi ranking dari video.

Jika ternyata ditiap kata yang ditulis pada pencarian tersebut sama dengan tag yang ada, maka besar kemungkinannya jika ranking yang akan didapat oleh video kamu bisa berada diposisi atas/halaman pertama.

#7. Deskripsi

Banyak dari praktisi SEO mengatakan bahwa peran deskripsi sangatlah vital dalam search engine. Meski pada dasarnya sangat jarang orang mau membaca deskripsi terlebih dahulu sebelum menonton video. Tapi kenyataanya, bahwa sistem algoritma Youtube memberlakukan peran yang sama pentingnya antara judul dan deskripsi.

Sehingga banyak dari video dengan deskripsi yang lengkap, panjang, serta terselip kata kunci, berkemungkinan besar mendapat halaman pertama di pencarian. Karena itu besar keterkaitannya dengan apa yang dibutuhkan penonton, semakin kamu mampu menjelaskan secara detail apa maksud dari video tersebut kedalam deskripsi, maka akan semakin baik pula posisi yang didapat.

#8. Kualitas Video

Kalian pernah berpikir tidak mengapa posisi teratas pada hasil pencarian 100% didominasi oleh video dengan kualitas HD. Selama hidup saya, sekian tahun saya menjelajahi Youtube, tidak pernah yang namanya saya menemuka video dengan kualitas visual biasa saja bisa menempati urutan atas.

Kualitas video ini juga erat kaitannya dengan watchtime serta like, Youtube membaca ini berdasar perilaku para penonton terhadap video kita. 

Apabila video kita memiliki kualitas gambar yang bagus, maka orang akan betah menonton, dan watchtime pun panjang > bagus untuk posisi di pencarian.

Apabila kualitas gambar pada video kita keren, maka orang tidak akan segan untuk memberikan like sehingga video terkesan diminati banyak orang > besar kemungkinan halaman pertama.

Tips Agar Video Muncul di Halaman Pertama Pencarian Youtube

Dari apa yang sudah saya jelaskan tentang 8 faktor penentu peringkat dari sebuah video, berikut akan saya bagikan juga bagaimana cara dan tips agar video kita dapat muncul di halaman pertama pencarian.

#1. Sisipkan Kata Kunci (Keyword) Kedalam Judul

Sebaiknya bagi kamu yang belum tahu, silakan baca terlebih dahulu Apa itu Keyword.

Tips pertama agar bisa masuk halaman pertama adalah dengan menyisipkan kata kunci kedalam judul. Misalnya saja, setelah kamu melakukan riset kata kunci, dan kata kunci yang didapat adalah Cara Jadi Youtuber.

Kemudian kamu membuat video tersebut, nah optimasi yang dilakukan pada judul ialah dengan menyisipkan kata kunci "Cara Jadi Youtuber" diantara kombinasi kata-kata lain. Contohnya, 5 Rahasia Cara Menjadi Youtuber Sukses dan sebagainya. Cara Optimasi Judul.

#2. Optimasi Thumbnail Video

Optimasi Thumbnail sendiri bisa dengan penggunaan gambar dengan kualitas tinggi. Gunakannlah gambar dengan cahaya yang enak dilihat serta tidak pecah, jangan gunakan gambar yang tidak sopan atau senonoh.

Modifikasi thumbnail dengan menyisipkan sedikit tulisan, entah itu berupa cuplikan percakapan, adegan inti dari video dan sebagainya.

#3. Buat Video dengan Durasi Lebih Panjang dari Kompetitor

Dari penjelasan saya diatas mengenai durasi video, maka dapat disimpulkan bahwa kamu harus membuat video dengan durasi melebihi kompetitor alias pesaing. Jika pesaing kamu diurutan pertama memiliki video dengan durasi 10 menit, maka buatlah video yang sama dengan durasi diatas 10 menit.

#4. Share Video ke Sosmed

Sudah dijelaskan juga bahwa jumlah view ikut berperan dalam penentuan posisi video di pencarian. Nah, bagi kamu yang belum memiliki banyak subscriber, kamu bisa coba share konten ke berbagai macam sosial media untuk mendapatkan view, dengan itu posisi dari video kamu dihasil pencarian bisa tertolong.

#5. Optimasi Tag Video dengan Kata Kunci

Sama halnya dengan judul, kamu perlu menyisipkan kata kunci utama kedalam tag, agar memudahkan Youtube dalam membaca informasi dari video kamu.

Cobalah sisipkan kata kunci utama beserta turunannya, misal jika keyword utamanya adalah "Cara Masak Mie", maka keyword turunannya bisa cara masak mie goreng, mie pedas, mie kuah, dan sebagainya. Cara Optimasi Tag.

#6. Bahas Topik yang Sedang Trending

Segala apapun jika itu sedang hangat dibicarakan, atau trending. Maka akan banyak orang mencarinya di Google atau Youtube untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai berita tersebut.

Misalnya jika saat ini sedang trend Tiktok, maka kamu bisa membuat konten dengan mengusung topik tersebut, entah itu berupa video reaction, atau mungkin kamu bisa membuat tiktok itu sendiri.

Namun, tetap jangan pernah menghilangkan bagaimana ciri khas dan jati diri kamu yang sudah banyak diketahui orang sebelumnya. Agar kamu tidak terkesan mengikut-ikuti topik dari Youtuber lain.

#7. Buat Konten Evergreen

Apa itu konten Evergreen? Konten evergreen adalah konten yang masih dicari dan akan tetap terus dicari meski sudah dibuat sejak beberapa tahun lalu. Atau bila diartikan, evergreen artinya selamanya hijau (selalu dibutuhkan).

Nah, kamu bisa membuat konten semacam itu, karena konten dengan pembahasan seperti itu, sampai kapan pun akan terus dibutuhkan dan dicari. Contohnya seperti tutorial, edukasi, musik dan lainnya.

#8. Konsisten Mengunggah Konten

Untuk bisa menguasai ranah pencarian Youtube itu terbilang sulit-sulit gampang, yang diperlukan disini hanyalah konsistensi kamu sebagai seorang konten kreator dalam membuat konten. Jika kamu mampu konsisten membuat video 2 hari sekali dan mengunggahnya, maka Youtube akan menilai kamu sebagai Youtuber yang niat. Sehingga secara tidak langsung, ia akan selalu merekomendasikan video channel kamu karena dianggap lebih sering update.

Sehingga, para penonton yang berlangganan ke channel kamu nantinya, tidak akan ketinggalan hiburan atau informasi terbaru.

#9. Buat Konten dengan Satu Niche/Topik

Sebenarnya, poin ini sangat riskan sekali utuk dibahsa diakhir kalimat. Karena pada dasarnya, untuk menentukan topik itu mesti ditentukan sejak awal membuat channel. Ingin diisi konten apakah channel kamu nantinya.

Karena hal ini erat kaitannya dengan tingkat kepercayaan Youtube terhadap channel kamu, jika kamu membahasa mengenai otomotif sejak awal berdiri hingga sekarang, maka Youtube akan menganggap channel kamu sebagai channel ahli dibidang otomotif dan akan direkomendasikan ditiap pencarian dalam hal otomotif.

Berbeda jika channel kamu berisi macam-macam topik, Youtube akan kesulitan dalam membaca tema yang diusung oleh channel kamu. Sehingga tidak jarang banyak Youtuber dengan isi konten gado-gado memiliki jumlah view yang naik turun tidak jelas.

Nah itulah sedikit tips dari saya mengenai cara agar video Youtube kita ada di halaman pertama pencarian. Pada intinya, yang paling penting adalah konsistensi, tekad dan semangat. Karena sepintar dan secerdas apapun kamu, kamu tidak akan pernah bergerak maju tanpa tekad dan semangat.
Post a Comment