Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apasih Gunanya Kripto? Cari Tahu Jawabannya Disini!

 

Apasih Gunanya Kripto? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Bagi sebagian orang yang masih merasa asing dengan dunia cryptocurrency, pasti mereka akan bertanya-tanya tentang apasih gunanya kripto? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kami dengan sengaja menulis artikel ini supaya orang-orang yang sedang mencari informasi seputar hal ini bisa mengetahuinya dengan cepat.

Sebelum kita membahas tentang kegunaan atau fungsi kripto, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai definisi dari kripto itu sendiri. Sebab, jika kamu saja tidak tahu apa arti dari kripto itu sebenarnya, maka kamu akan susah untuk mengerti kegunaan dari sebuah kripto.

Mata uang kripto atau yang biasa juga disebut dengan cryptocurrency adalah suatu aset digital yang dapat diartikan juga sebagai mata uang digital. Jadi, tentu saja proses transaksi, bentuk uang, dan semua yang ada di mata uang jenis kripto akan berbeda dengan mata uang konvensional, karena semua yang menyangkut mata uang kripto akan terjadi secara virtual dan selalu membutuhkan jaringan internet yang stabil.

Jadi, apasih gunanya kripto?

Mata uang kripto memiliki sifat yang desentralisasi. Hal ini berarti semua yang terjadi pada proses transaksi mata uang kripto tidak akan melibatkan pihak ketiga, misalnya bank. Sebab, semua transaksi disini akan bersifat peer-to-peer yang berarti semua prosesnya langsung dapat dilakukan antara pengirim dan penerimanya secara langsung.

Nah, karena sekarang kalian sudah tahu tentang definisi dari mata uang kripto, mari kita simak kegunaannya melalui penjelasan di bawah ini:

Melakukan investasi

Prinsip yang dipergunakan pada cryptocurrency, akan sama dengan prinsip ekonomi, yang dimana harga akan mengalami kenaikan ketika terdapat banyak sekali permintaan. Jadi, mata uang kripto juga dapat dijadikan sebagai salah satu jenis investasi, karena semakin banyak orang yang berinvestasi di bidang ini, maka harganya pun akan terus melambung naik.

Membeli barang maupun jasa

Karena dunia dan jaman terus mengalami peningkatan pada kecanggihan teknologi, jadi sekarang juga sudah ada banyak perusahaan yang menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan mata uang virtual. Namun, mata uang kripto yang paling sering digunakan untuk proses pembelian seperti ini hanyalah bitcoin. Maka dari itu, jika kamu hendak terjun ke dunia kripto, lebih baik memulainya dengan menggunakan bitcoin.

Mining

Yang dimaksud dengan mining disini adalah pertambangan. Lalu apa itu pertambangan? Pertambangan ialah sebuah proses atau aktivitas pada dunia kripto yang mengharuskan para penggunanya untuk dapat memecahkan teka-teki dari kriptografi yang cukup rumit. Aktivitas ini nantinya akan berguna untuk bisa mengkonfirmasi transaksi dan mencatat dalam sistem blockchain.

Jenis-jenis mata uang kripto

Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis mata uang kripto tentu juga akan semakin bertambah. Namun, yang akan kami sebutkan disini adalah beberapa jenis mata uang kripto yang paling sering dipergunakan di Indonesia. Berikut daftar lengkapnya:

  • Bitcoin
  • Bitcoincash
  • Feathercoin
  • Dogecoin
  • Litecoin

Sekarang sudah tahu kan apa saja kegunaan dari mata uang kripto? Karena kamu sudah menemukan jawaban dari pertanyaan “Apasih gunanya kripto?”, jadi sekarang kamu juga sudah bisa untuk mencobanya sendiri. Rasakan sendiri manfaat yang ada di mata uang kripto. Selain itu, dengan mempelajari seluk-beluk mata uang kripto, hal ini juga sama saja dengan mempelajari perkembangan teknologi yang ada di dunia, karena mata uang kripto akan selalu berjalan beriringan dengan teknologi yang ada di dunia ini.

Post a Comment for "Apasih Gunanya Kripto? Cari Tahu Jawabannya Disini!"