Masukan Stroberi ke Dalam Air Garam, Lalu Lihat Apa yang Akan Terjadi - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Masukan Stroberi ke Dalam Air Garam, Lalu Lihat Apa yang Akan Terjadi

Masukan Stroberi ke Dalam Air Garam, Lalu Lihat Apa yang Akan Terjadi

Apakah kalian pernah menonton video-video yang beredar di internet, saat seseorang mencuci stroberi/strawberry dengan air garam, binatang kecil keluar dari pori-pori buah berwarna merah tersebut! Misalnya, ulat dan serangga lainnya.

Lantas, apakah setiap membeli stroberi, buah-buahan, serta sayur lainnya, kita wajib mencuci dan merendamnya dulu di dalam air garam? Daripada berlama-lama bingung, simak penjelasan di bawah ini yuk... 

Kok, Bisa Ada Binatang Kecil Keluar dari Buah Stroberi?


Sebelum menjawab pertanyaan soal perlu tidaknya buah direndam air garam, sebaiknya Anda pahami dulu penjelasan berikut ini.

Hampir semua buah dan sayur sebenarnya berpotensi dihinggapi serta dimasuki oleh binatang kecil. Ini karena pohon buah, tanaman sayur, dan berbagai binatang kecil memang hidup di dalam satu ekosistem. 

Jika Anda melihat ada video orang sedang mencuci stroberi dengan air garam, lalu tak lama kemudian binatang kecil keluar dari pori-pori buah tersebut, itu adalah hewan spotted wing drosophila.

Ya, itu bukanlah anak kecoa ataupun serangga berbahaya yang perlu Anda khawatirkan secara berlebih. 

Serangga spotted wing drosophila memang menyukai buah-buahan matang dan manis. Apabila serangga tersebut tak sengaja termakan karena Anda lupa mencucinya, itu tidak membuat Anda keracunan. Pada dasarnya, serangga ini tidak berbahaya atau tidak beracun. 

Lalu, bagaimana dengan ulat? Ya, ulat pun ternyata memang bisa di dalam stroberi. Bahkan, sebelum video strawberry ini populer, video ulat dalam sayur brokoli sudah lebih dulu viral. 

Jadi, ulat memang bisa Anda temukan di berbagai buah dan sayur, apalagi jika yang Anda beli merupakan produk organik (tanpa pestisida sama sekali). 

Mencuci Strawberry dengan Air Garam

Menanggapi pertanyaan di atas, begini penjelasan dr. Devia Irine Putri. “Sebenarnya, kalau kita mau makan langsung buah apa saja, termasuk strawberry, kita harus tetap mencucinya dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Selain air mengalir, kita juga bisa mencucinya dengan sabun khusus buah dan sayur,” jelasnya.

Kalau Anda mau, stroberi direndam dalam air garam juga boleh dilakukan. Dokter Devia menambahkan, “Penggunaan garam sebenarnya tujuannya sama saja untuk membantu membersihkan pestisida, serangga, dan ulat beserta telurnya yang ada di situ. Jadi boleh-boleh saja dilakukan.”

Di sisi lain, kita kerap membeli buah stroberi beku (frozen strawberry) untuk dibuat jus. Buah seperti itu tak mungkin kita cuci karena bisa menurunkan kualitas buah. 

Lalu, bagaimana saran dokter agar kita tidak menelan hewan kecil yang terperangkap di dalam buah tersebut? 

“Kalau frozen strawberry yang dijual itu sebenarnya tidak perlu dicuci lagi. Sebab, biasanya, dia sudah di-pack dari pabrik, ya. Jadi, pasti sudah dicuci sebelum di-packing dan cara membersihkan stroberi dengan air garam tidak perlu dilakukan,” dr. Devia menenangkan.

Post a Comment