Jangan Suka Membicarakan Kekurangan Orang Lain, Ingat! Kamupun Punya Kekurangan, Hanya Saja Belum Terbuka

Jangan Suka Membicarakan Kekurangan Orang Lain,  Ingat! Kamupun Punya Kekurangan, Hanya Saja Belum Terbuka
Ilustrasi photo dari Ig rekanpntri25

Jangan suka membicarakan kekurangan orang lain, sebab kamupun tentu mempunyai kekurangan, hanya saja saat ini Tuhan masih menutupnya.

Maka saat kekurangan orang lain Tuhan tampakkan kepadamu, bersikaplah dengan bijak, tegurlah ia dengan kasih sayang, jika memang kamu harus menegurnya.

Ketika Kekurangan Orang Lain Tampak Dimatamu, Berusahalah Untuk Bijaksana Dalam Menanggapinya

Ketika kekurangan orang lain tampak dimatamu, berusahalah untuk bjaksana dalam menanggapinya, jangan girang membicarakannya ataupun semakin memfitnahnya.

Sebab tak sedikit dari kita para kaum hawa yang kegirangann apabila mendapati orang lain melakukan kesalahan dengan terus menerus membicarakannya, padahal perbuatan itu adalah dosa yang apabila dibiarkan maka akan mendatangkan dosa-dosa yang lainnya.

Jangan Membicarakannya, Karena Hal Itu Sangat Menyakitkan Bila Terdengar Olehnya

Berbijaksanalah untuk tidak membicarakannya, karena hal itu sangatlah menyakitkan bila terdengar olehnya, sekalipun benar kesalahannya maka tetaplah jaga perasaannya.

Karena siapapun pasti akan merasa dihinakan apabila kesalahannya selalu menjadi buah bibir orang banyak, sekalipun hal itu betul keslahannya tidakkah kita merasa belas kasih padanya?

Berusahalah Untuk Menyadarkannya Melalui Tindakan Bijakmu Dalam Memberitahukan Kesalahannya

Berusahalah untuk menyadarkannya melalui tindakan bijakmu dalam memberitahukan kesalahannya, bersikaplah sewajarnya bagaimana layaknya seorang yang bersaudara.

Arahkan dia dan ajaklah ia kearah yang lebih baik, mungkin kemaren ia belum sadar, sebab memang sudah sepantasnya kita membantunya menjadi lebih baik.

Jika Memang Dirimu Tak Bisa Bijak, Setidaknya Kamu Bisa Mendoakannya Agar Menjadi Lebih Baik

Dan jika memang dirimu tak bisa bertindak bijak, setidaknya kamu bisa mendoakannya agar menjadi lebih baik, jangan pernah kamu membicarakannya, apalagi kau senagaja menyebarkannya kepada banyak orang.

Sebab hal itu adalah sesuatu yang sangat menyakitkan bila dia mendengarnya, buatlah ia menyadari kesalahannya tanpa harus kau menyakiti perasaannya, sayangilah ia dengan kasih sayang, sebab memang tugasmulah saling memuliakan dijalan Tuhan sebagai sesama manusia.

Karena Mendoakan Orang Lain Agar Berubah Baik Jauh Lebih Baik Daripada Membicarakan Kekurangannya Dibelakang

Sungguh mendoakan orang lain agar berubah jauh lebih baik daripada membicarakan kekuarangannya, maka dari itu muliakanlah dirimu wahai ukhti untuk selalu menjaga sikap dan perilakumu untuk tidak membiasakan diri membiacarakan keburukan ataupun kekurangan orang lain, ntah hal itu dari kesalahannya ataupun dosanya kepada Tuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel