Ini Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Haid

Ini Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Haid

Keputihan sering dianggap sebagai tanda mendekatnya jadwal menstruasi. Padahal, keputihan bisa juga merupakan tanda kehamilan. Meski sekilas terlihat sama, keputihan tanda hamil dengan keputihan menjelang haid memiliki ciri-ciri yang berbeda. Yuk, cari tahu perbedaannya.

Keputihan bisa terjadi pada semua wanita. Namun, keputihan yang keluar ketika telat datang bulan bisa menjadi pertanda dari kehamilan. Tanda ini terjadi karena adanya peningkatkan kadar hormon estrogen dan aliran darah ke vagina sejak awal kehamilan. Jadi, Anda patut mempertimbangkan tes kehamilan jika tanda ini terjadi, apalagi jika disertai dengan tanda kehamilan lainnya.

Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Haid
Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Haid

Untuk bisa mendeteksi kehamilan lebih awal, Anda harus bisa membedakan ciri keputihan tanda hamil dan keputihan menjelang haid. Berikut ini adalah perbedaan yang perlu Anda ketahui:

Jumlah keputihan

Salah satu perbedaan antara keputihan tanda hamil dengan keputihan menjelang haid adalah pada jumlahnya. Keputihan tanda hamil umumnya berjumlah lebih banyak daripada keputihan menjelang haid. Jadi, Anda juga akan merasa celana dalam Anda menjadi lebih cepat basah.

Warna keputihan

Berbeda dengan keputihan biasa, keputihan tanda hamil cenderung berwarna putih susu. Namun, terkadang keputihan juga bisa berwarna putih kekuningan.

Tekstur keputihan

Meski agak sulit dibedakan, tekstur keputihan tanda hamil berbeda dengan tekstur keputihan menjelang haid. Tekstur keputihan tanda hamil cenderung lebih cair dan lengket.

Tanda Kehamilan yang Mungkin Juga Muncul Menjelang Haid 

Selain keluarnya keputihan dan telat datang bulan, ada beberapa tanda kehamilan lain yang bisa menyerupai tanda akan datang bulan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Sakit kepala

Pada awal kehamilan, keluhan berupa sakit kepala atau migren mungkin untuk dirasakan. Namun, keluhan ini juga mungkin dialami banyak wanita menjelang haid.

2. Sakit punggung

Tidak sedikit wanita yang merasakan sakit punggung di hari-hari menjelang masa haidnya. Namun, keluhan ini juga mungkin dirasakan pada awal kehamilan.

3. Nyeri payudara

Saat menjelang haid dan pada awal kehamilan, keluhan payudara nyeri, bengkak dan menjadi lebih sensitif mungkin untuk terjadi. Namun biasanya, keluhan ini terasa lebih berat pada kehamilan.

4. Perubahan suasana hati

Sama halnya dengan nyeri payudara, menjelang haid dan pada awal kehamilan, keluhan berupa perubahan suasana hati atau mood swing mungkin untuk Anda alami.

Keputihan tanda hamil dengan keputihan menjelang menstruasi sekilas tidak bisa dibedakan, sehingga terkadang tidak disadari oleh banyak wanita di masa awal kehamilan mereka. Terlebih lagi, beberapa gejala dari kehamilan juga memiliki kemiripan dengan keluhan yang mungkin terjadi saat menjelang haid.

Meski beberapa gejala memilki kemiripan, tak ada salahnya untuk melakukan tes kehamilan, terutama jika Anda telah telat datang bulan. Jika Anda positif hamil, segera periksakan kehamilan Anda ke dokter.

Tenang, keputihan saat hamil bukan sesuatu yang berbahaya, kok. Namun, semakin cepat kehamilan diperiksakan, semakin baik. Selain untuk memantau kehamilan sejak awal, pemeriksaan ini juga perlu dilakukan untuk memastikan tidak adanya kehamilan ektopik atau kehamilan kosong.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel