Bukan Cuma Awet Muda, Ini 6 Manfaat Yoga bagi Wanita

Bukan Cuma Awet Muda, Ini 6 Manfaat Yoga bagi Wanita

Beragam cara dilakukan wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, lengkap dengan kesehatan mental serta fisik yang terjaga. Caranya beragam, mulai dari diet makanan bergizi hingga rutin berolahraga.

Nah, menyoal olahraga, ada satu olah tubuh yang bisa memberikan banyak manfaat bagi wanita. Mulai dari awet muda, meningkatkan gairah, hingga membantu melewati masa menopause.

Bukan Cuma Awet Muda, Ini 6 Manfaat Yoga bagi Wanita

Coba tebak, olahraga apa yang sedang kita bicarakan? Sudah tak asing kan dengan yoga? Nah, berikut beberapa manfaat yoga bagi wanita.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Perut Buncit

1.Membuat Awet Muda


Bukan Cuma Awet Muda, Ini 6 Manfaat Yoga bagi Wanita

Mau tahu manfaat yoga yang sangat istimewa? Ternyata, olahraga ini bisa membuat pegiatnya awet muda, termasuk wanita. Dalam buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga asana (olahpostur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Salah satu olahposturnya bernama Sirsasana.

Pose ini paling penting dalam asana yoga. Lalu, apa hubungannya pose ini dengan awet muda? Ternyata, Sirsasana bisa memberi suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tetapi juga psikis.

Menariknya lagi, pose ini juga baik untuk wajah. Sebab, pose ini bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi, sehingga tidak akan mudah mengendur. Kata ahli yoga, kamu sebaiknya melakukan pose ini minimal 5-10 menit per hari.

Dalam Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada sebuah penelitian mengenai yoga yang menarik untuk diketahui. Penelitian itu dilakukan terhadap ahli yoga yang berusia 80-an tahun, yang telah berlatih yoga selama puluhan tahun. Nah, setelah diteliti, secara fisiologis memperlihatkan elastisitas kulit, kerja paru-paru, jantung, dan pencernaannya masih seperti orang yang berusia 20-an tahun. Menarik, bukan?

2. Sarana Relaksasi

Biasanya olahraga juga diiringi dengan musim bertempo lambat yang membuat pikiran semakin tenang. Di samping itu, gerakan-gerakan yoga bersifat meregangkan otot-otot yang kaku. Nah, kedua hal inilah yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran.

Sejumlah riset telah membuktikan bahwa yoga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Berlatih yoga juga mampu memperbaiki mood, terlebih di beberapa hari menjelang menstruasi yang terkadang membuat wanita lebih sensitif dari biasanya.

Baca juga: Gerakan Yoga Untuk Mengencangkan Payudara

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuatnya jauh lebih aktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh akan tebentuk lebih ideal dengan sendirinya. Nah, postur tubuh yang bisa meningkatkan rasa percaya diri wanita.

Tak hanya itu saja, yoga juga membantu tubuh menjadi lebih peka. Misalnya, ketika dirimu duduk dalam postru membungkuk, secara spontan atau tidak sadar, tubuh akan segera merubah ke posisi yang benar.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pasca berlatih yoga, semua bagian otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan inilah yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks untuk beristirahat. Tak hanya itu, pikiran yang tenang setelah melakukan olahraga yoga juga akan memperbaiki kualitas tidur kamu di malam hari. Manfaat yoga bagi wanita yang ini tentu sangat penting, apalagi bagi mereka yang sering mengalami kesulitan tidur.

5. Tingkatkan Gairah Hubungan Intim

Bagi yang sudah menikah, yoga juga mampu meningkatkan performa berhubungan intim dengan pasangan. Dalam buku Natural Sex Boosters dikatakan, adanya peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh karena beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah berhubungan intim.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian

6. Menopause samai Berat Badan

Selain lima hal di atas, ada pula sederet manfaat yoga lainnya. Berikut manfaat yoga menurut ahli di National Institutes of Health - MedlinePlus dan National Center for Complementary and Integrative.

  • Meringankan gejala menopause.
  • Meningkatkan kebugaran dan fleksibilitas.
  • Turunkan tekanan darah dan detak jantung.
  • Membuat rileks.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Mengurangi stres.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Membantu sistem pencernaan tetap terjaga.
  • Membatu mengatasi kegelisahan, sakit punggung, dan depresi.
  • Meringankan gejala menopause.
  • Membantu mengatasi gejala penyakit kronis.
  • Membantu menurunkan berat badan.


Nah, sudah tahu kan manfaat yoga bagi tubuh. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel