Ini Cara Mencegah Penularan Virus Corona, Semeton Bali Agar Waspada - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Ini Cara Mencegah Penularan Virus Corona, Semeton Bali Agar Waspada


Ini 𝗖𝗮𝗿𝗮 𝗠𝗲𝗻𝗰𝗲𝗴𝗮𝗵 𝗣𝗲𝗻𝘂𝗹𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗩𝗶𝗿𝘂𝘀 𝗖𝗼𝗿𝗼𝗻𝗮, Semeton Bali Agar Waspada

Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa.

Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Langkah Mencegah Penularan Coronavirus
Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Semeton Bali ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona adalah:

𝟭. 𝗠𝗲𝗻𝗰𝘂𝗰𝗶 𝘁𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗯𝗲𝗻𝗮𝗿

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik.

Jika sulit menemukan air dan sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

𝟮. 𝗠𝗲𝗻𝗴𝗴𝘂𝗻𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗺𝗮𝘀𝗸𝗲𝗿 𝘀𝗮𝗮𝘁 𝗯𝗲𝗿𝗮𝗸𝘁𝗶𝘃𝗶𝘁𝗮𝘀

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

𝟯. 𝗠𝗲𝗻𝗷𝗮𝗴𝗮 𝗱𝗮𝘆𝗮 𝘁𝗮𝗵𝗮𝗻 𝘁𝘂𝗯𝘂𝗵

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

𝟰. 𝗧𝗶𝗱𝗮𝗸 𝗽𝗲𝗿𝗴𝗶 𝗸𝗲 𝗻𝗲𝗴𝗮𝗿𝗮 𝘁𝗲𝗿𝗷𝗮𝗻𝗴𝗸𝗶𝘁

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa.

disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

𝟱. 𝗧𝗶𝗱𝗮𝗸 𝗺𝗲𝗻𝗴𝗼𝗻𝘀𝘂𝗺𝘀𝗶 𝗵𝗲𝘄𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗯𝗲𝗿𝗽𝗼𝘁𝗲𝗻𝘀𝗶 𝗺𝗲𝗻𝘂𝗹𝗮𝗿𝗸𝗮𝗻 𝗰𝗼𝗿𝗼𝗻𝗮𝘃𝗶𝗿𝘂𝘀

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari hewan-hewan tertentu, seperti kelelawar, unta, dan kucing. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi hewan-hewan tersebut.

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang.

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan.